Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Mendekati Junior dan Senior Kos Bagi Mahasiswa Baru

Bagaimana cara akrab dengan senior atau Junior kos bagi kalian mahasiswa baru yang hidup di perantauan? Tentu saja hidup di kota orang, membuat kita harus beradaptasi dengan lingkungan baru. Salah satunya upaya untuk mendapatkan teman baru.

Ketika kamu mendapati sebagian teman-teman kos-mu adalah senior yang lebih tua umur dan angkatannya dibanding kamu, lantas Bagaimana Tips Cara Mendekati Senior Satu Kost? Untung saja kali ini kosngosan akan memberikan tips dan kiatnya untuk sobat sekalian.

Karena manusia adalah makhluk sosial, maka selalu membutuhkan yang namanya teman dalam setiap pergaulan di lingkungan barunya. Mungkin bagi kamu yang seorang ekstrovert dan supel cukup mudah untuk mendapatkan teman baru dengan hanya berkomunikasi dan keluar sebentar

Namun bagaimana dengan kamu yang bersifat introvert atau tertutup? Tetap saja kamu membutuhkan yang namanya teman untuk mendapatkan pengalaman serta informasi yang terkini mengenai kampus. Hilangkan sifat egois dan cuek mau ketika SMA dan mulailah bersifat sosial ketika kuliah

Bila beruntung, kamu mendapatkan senior yang baik dan tidak menjahili kalian para junior-juniornya. Tapi bagaimana kalau kamu mendapat senior yang galak? Bagaimana cara mendekatkan diri dengan kawanan senior di kosan?

Meski sedikit canggung, ketika kamu menyapa mereka, justru responnya dingin dan seperti tidak ingin berteman. Nah, kali ini adalah beberapa cara untuk mendekatkan diri dengan senior di kosan. Bila sudah dekat dengan senior, kalian bisa mendapatkan pergaulan yang lebih luas dan menyenangkan bukan?

Cara Kenalan Maba Senior dan Junior

Cara Kenalan Maba

1. Ajak berkenalan saat momen yang pas


Ketika senior mu sedang ngumpul bareng, kamu bisa ikutan nimbrung sambil duduk diantara mereka. Datangi senior yang mukanya ramah terlebih dahulu, usahakan sebelum memulai percakapan beri dia senyuman dan ulurkan tanganmu kearahnya.

Sampaikan apa yang perlu disampaikan, jangan terkesan mengada-ada atau kamu akan siap-siap dibully oleh seniormu. Lakukan ini dengan natural, sehingga tidak terkesan sok akrab dan juga tidak memberikan kesan seakan kamu ngotot.

Kamu bisa memulai pembicaraan mengenai hobi kebanyakan anak kos, seperti bermain futsal, main PES, anime, atau seputar dunia otomotif. 

Tatap matanya seolah-olah kamu tertarik dengan ucapannya. Jangan biarkan pembicaraan kalian berhenti pada giliranmu. Jangan lupa juga selingi dengan sedikit humor yang pas.


2. Ketika berpapasan di jalan, jangan lupa beri salam


Walaupun ini terkesan basa-basi, cara ini menjadi langkah awal bagi kamu untuk menunjukkan perhatian kepada senior mu. 

Ini adalah salah satu tips sederhana dalam dunia komunikasi untuk meningkatkan ikatan pertemanan, dan itu gratis kok.

Jangan cepat tersinggung bila responnya ternyata dingin. Dia hanya tidak ingin terkesan “murahan” di depan anak polos seperti kamu! (setidaknya itulah yang ada dipikirannya). 

Terus beri dia perhatian. Lama kelamaan dia pasti akan mulai menyukai atau menaruh perhatian denganmu.

3. Jangan sungkan untuk meminta tolong


Ketika kamu membutuhkan sesuatu, jangan sungkan untuk meminta pertolongan kepada seniormu. Seperti bila kamu butuh palu untuk memperbaiki gantungan bajumu, kamu bisa memintanya kepada seniormu. Ini membuktikan kalau kamu juga membutuhkan keberadaannya di kosan.

Supaya tidak sungkan, kamu bisa mengajak teman satu angkatanmu untuk menemanimu ke kamar kosnya. Setelah menggunakan barang pinjaman, jangan lupa untuk mengembalikannya. Ucapkan terimakasih karena sudah membantu.

Seniormu mendatangi kamarmu dan meminta pertolonganmu? Ini pertanda kalau kamu mulai dekat dengannya. Dia mulai mempercayakan permasalahannya kepadamu. 

Dan ketika dia meminta pertolongannya kepadamu, jangan sungkan untuk membantu. Tapi ingat, memberi dan meminta pertolongan sewajarnya saja. Jangan sampai merugikan seniormu atau dirimu sendiri.

4. Menjalin pertemanan di media sosial


Kamu bisa menanyakan akun facebook, tiktok, twitter, instagra, atau nomor WA dan Telegram dari seniormu, setelah dirasa kamu cukup akrab dengannya. 

Dari sosial media, kamu bisa mencari tahu karakter seniormu, kebiasaannya, hobi dan juga apa-apa saja yang ia benci. Hal ini berguna supaya kamu bisa menghindari humor-humor yang mungkin bisa menyakiti seniormu.


5. Ikut acara Bareng


Ada banyak sekali acara yang bisa dilakukan bersama seperti mengikuti kemping atau kegiatan hiking (mendaki gunung). Atau aktif di organisasi yang sama, dan sebagainya

Pastikan bahwa senior atau Junior kamu memiliki passion atau kesukaan yang sama dengan mu. Dengan demikian kalian bisa melakukan kegiatan bersama-sama lebih akrab.


6. Ajak beribadah bersama


Salah satu cara yang paling efektif untuk bisa dekat dengan senior atau Junior cost adalah dengan mengajaknya beribadah bersama. 

Bagi kalian yang muslim bisa mengajak mereka untuk salat berjamaah di Masjid, atau bagi sekalian yang Kristen, bisa mengajak ibadah Minggu di gereja bersama-sama

Baca juga : Cara Mengatasi Homesick bagi Anak Kos

7. Tunggu dan pertahankan sikap ramahmu


Bila sudah melakukan keempat tips diatas, kamu hanya bisa menunggu dan mempertahankan keramahanmu kepada setiap penghuni kos. 

Lama-kelamaan mereka juga pasti akan mengenalmu dan kalian bisa akrab kok. Karena pada dasarnya tidak ada senior yang sombong, yang ada hanya senior introvert. Kalau memang senior mu introvert, ya itu bukan jadi alasan kamu tidak mengenal mereka, bukan?

Beberapa tips lainnya yang mungkin bermanfaat buat kalian :

  • Ajaklah bermain di kost an atau kontrakan mu (bermain PS atau bermusik misalnya)
  • Minta waktu berkonsultasi mengenai masalah kuliah
  • Jangan sungkan memberikan bantuan kalau dia membutuhkan pertolongan
  • Jangan berlagak sok pintar di depannya
  • Jangan membicarakan aib atau kekurangannya
  • Dll

Sekian tips untuk Mahasiswa Baru bagaimana Cara mendekatiSeniormu Di Kosan. Semoga bermanfaat bagi kamu dan senior satu kosan mu. Jangan lupa untuk share artikel ini ya, dan berikan komentar mu dibawah untuk kritik dan saran.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya