lomba blog traveloka

Media Online Riau Go Internasional dalam Perspektif Mahasiswa

Media Online Riau Go Internasional dalam Perspektif Mahasiswa

Media informasi sebagai alat penghubung manusia dengan pengetahuan, telah menjelma menjadi suatu kebutuhan vital bagi masyarakat metropolitan, khususnya bagi masyarakat Riau yang memiliki kebutuhan terhadap berita Riau yang aktual.

Media informasi turut andil dalam proses modernisasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam peranannya sebagai penyebar berita, eksistensi media informasi yang dulunya kaku dengan ukuran besar, inefisiensi dan jenis pasar yang bersifat oligopoli, tidaklah semenarik pada era digital saat ini yang mengandalkan hal-hal yang bersifat praktis atau portable.
Mulainya peralihan dari era PC menuju smartphone semenjak munculnya iPhone dan Android pada tahun 2007, membuat industri media online di Riau saat ini berkembang pesat. Kecenderungan masyarakat Riau yang lebih memilih mengakses berita Riau di smartphone-nya membuat pangsa pasar industri media online Riau semakin bergairah.

Media daring atau yang lebih dikenal sebagai media online nyatanya berkembang pesat seiring dengan meluasnya jaringan internet, terutama di Bumi Lancang Kuning. Hingga kini, di Riau telah banyak bermunculan situs portal beritaRiau dengan berbagai pilihan topik. Mulai dari jangkauan pemberitaan lokal hingga mancanegara. Sebagian media konvensional juga mulai merambah kedalam industri media online, yang dinilai lebih efektif serta efisien dalam penyampaian berita.

Bagaimana kontribusi media online di Riau terhadap penyebarluasan berita Riau secara global, haruslah dilihat dari dua faktor, pertama, input berita. Wartawan atau admin media online haruslah memiliki wawasan dan respon yang baik terhadap perkembangan tren dunia saat ini. Apa yang menjadi trending topik biasanya dimulai dari aktifitas netizen di media sosial. Seperti fenomena “Om Telolet Om” yang bermula dari spam komentar pengguna media sosial tanah air yang terkenal aktif. Atau berita Riau yang lebih inklusif adalah menganai kabut asap. Bagaimana media online Riau dapat berperan sebagai mediator dan klarifikator terhadap pihak global, termasuk aktifis lingkungan hidup dengan pelaku industri kelapa sawit di Riau.

Faktor kedua adalah output, kemana berita tersebut ditujukan. Faktor ini terkait tingkat awareness masyarakat Riau sendiri terhadap apa yang menjadi trending global. Pendidikan dan terpenuhinya akses internet membantu masyarakat Riau dalam penerimaan berita online. Penggunaan kertas dinilai tidak efektif lagi dalam proses penyampaian. Selain merusak lingkungan akibat alih fungsi hutan, limbah kertas yang didapat dari koran dan tabloid apabila tidak dikelola dengan baik justru dapat merugikan.

Bentuk kontribusi media online Riau terhadap global diharapkan bukan hanya sebatas pengadaan informasi, tetapi harus mampu memenuhi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat yang dinilai semakin hedonis dan cepat menyerap budaya asing. Seperti tren belanja, bisnis dan pembayaran yang beralih menuju online. Pasar tersebut dinilai potensial untuk dimasuki media online Riau. Sehingga, masyarakat Riau yang dulunya hanya menggunakan media online nasional sebagai alat bisnisnya, bisa tergantikan oleh media online Riau yang lebih eksklusif dan aman.

Sebagai sumber berita masyarakat Riau, media online Riau haruslah menjaga netralitas, anti-hoax dan terbebas dari kepentingan penguasa atau pemilik. Hal ini penting untuk menjaga kredibilitas media online dimata pengakses. Karena industri media online di Riau yang telah berubah menjadi pasar bebas, banyak pemain yang masuk dalam industri potensial ini. Bukan hanya berasal dari Riau, namun juga oleh pemain nasional bahkan asing. Oleh karena itu, media online Riau dituntut untuk menyajikan berita yang berimbang.

Bagi seorang mantan mahasiswa yang pernah hidup di Riau, sering sekali penulis mencari berita  lokal maupun mancanegara untuk keperluan tugas kampus dari berbagai media online Riau.  Salah satu portal media online yang cukup baru dan bisa memenuhi kebutuhan saya adalah riaubook.com. 

Riaubook merupakan website berita yang menyajikan berita variatif dan aktual. Riaubook mampu menyediakan berita eksklusif mulai dari topik mengenai politik, budaya, ekonomi, pendidikan, kriminal, kesehatan, inovasi, olahraga, agama dan varian berita lain yang dikemas baik dalam jangkauan Riau, nusantara hingga mancanegara.

Sebagai pemain baru dalam industri media online di Riau, Riaubook harus mampu mengambil berperan dalam pengembangan media online khususnya di Riau. Peningkatan traffic melalui optimasi SEO dan marketing offline yang maksimal harus dilakukan demi memenangkan industri media online saat ini.  Terakhir, untuk menutup artikel media online Riau untuk dunia ini, penulis mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-2 bagi Riaubook.com. Semoga Riaubook.com menjadi portal berita Riau yang memiliki kontribusi penting untuk dunia. Jaya selalu!

G+