lomba blog traveloka

Panduan Langkah demi Langkah Membuat Makalah yang Baik dan Benar Beserta Contohnya


Sebelumnya, kalian telah membaca artikel mengenai "Panduan Step by Step Membuat Makalah yang Baik dan Benar Beserta Contohnya" yang membahas  cara bikin makalah dimulai dengan mendesain cover makalah, menulis "kata pengantar", "daftar isi", "bab 1 pendahuluan", "latar belakang", "perumusan masalah", "tujuan" dan "penelitian sebelumnya". 

Kalau kalian melewatkannya, silahkan klik pada link diatas untuk kembali pada artikel sebelumnya. Sekarang, kita akan membahas metode pembuatan makalah dari Bab 2 sampai terakhir, yakni lampiran makalah. Check these out!  

Panduan Contoh Membuat BAB II / Tinjauan Pustaka Makalah

Dalam setiap makalah haruslah terdaapat bab dua, yakni tinjauan pustaka atau juga sering sidebut studi literatur. Hal ini berguna untuk memperkuat pernyataan yang diberikan oleh si penulis dalam menyampaikan pembahasan dan isi makalah. Agar makalah tidak dinilai sebagai suatu karya tulis ilmiah yang tidak berdasar dan tidak memiliki sumber rujukan.


Pada bagian bab ini akan diungkapkan pemikiran serta teori-teori yang akan di jadikan sebagai landasan teori atau landasan berpikir penulis dalam melakukan sebuah analisis atau pembahasan masalah. 


Dalam teori yang disajikan pada tinjauan pustaka ini, penulis akan menyajikan hubungan antara beberapa konsep yang dipakai dalam menjelaskan masalah penelitian yang dilakukan. Sedangkan konsep-konsepnya dijelaskan melalui beberapa variabel yang akan dikaitkan dengan para penulis sebelumnya dengan tema atau topik yang sama.


Panduan Contoh Membuat BAB III / Isi Pembahasan Makalah
Panduan Contoh Membuat BAB III / Isi Pembahasan Makalah
Bab 3 pembahasan
Bab ini berisi pembahasan dan kegiatan analisis data yang telah didapat dari berbagai metode penelitian, lalu diproses sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan. Pembahasan atau hasil ini mengandung sub-bab yang paling orisinal dalam laporan penelitian termasuk makalah.
  
Bagian ini merupakan bagian terpenting dari makalah atau tulisan karya ilmiah lainnya. Karena pada bagian ini penulis menjabarkan metode, cara dan proses analisisnya untuk memecahkan masalah. 


Bab pembahasan bisa mengandung banyak sub bab, tergantung kebutuhan penulis dalam menjelaskan kepada pembaca mengenai pemecahan masalah pokoknya. Pada sub-bab ini, penulis wajib mengulas hasil penulisan atau penlitian yang diperolehnya secara konkret dengan menggunakan hasil analisis dan kajian empirik yang terdahulu. 



Panduan Contoh Membuat BAB IV / Penutup Makalah

Panduan Contoh Membuat BAB IV / Penutup Makalah
Bab 4 penutup
Bagian terakhir dari tubuh makalah. Biasanya berisi sub bab kesimpulan penulisan atau penelitian dan Saran serta kritikan. Isi dalam kesimpulan harus berupa analisis dari kajian pustaka dan juga interpretasi dari tema yang mana bentukanya dapat berupa implikasi (kesimpulan berdasar data) dan dapat juga berupa inferensi (kesimpulan berdasar referensi). 


Kesimpulan makalah juga mesti dibuat dengan menggambarkan secara singkat isi dari karya ilmiah yang telah dijelaskan sebelumnya. Dalam membuat kesimpulan makalah atau karya tulis ilmiah lainnya, hindari menyimpulkan hal hal yang tidak dibahas dalam pembahasan makalah, atau menyimpulkan dengan bertele-tele dan terkesan monoton. Kesimpulan haruslah menarik dan mudah untuk dipahami pembaca.



Untuk menghasilkan penyajian makalah atau karya tulis ilmiah lain yang lebih berkualitas dan dapat mengikuti standar yang telah ditetapkan, maka penulis perlu memberikan saran yang bersifat membangun kepada pihak yang diinginkan. Kritik atau saran bisa juga berisi mengenai kekurangan dari makalah yang diharapkan bisa dilanjutkan penulisan dan penelitiannya kepada pembaca yang tertarik menggunakan topik atau alat analisis yang sama, demi penyempurnaan makalah tersebut.


Panduan Contoh Menulis Daftar Pustaka

Panduan Contoh Menulis Daftar Pustaka
daftar pustaka
Setelah berhasil membuat bagian utuh dari makalah, maka seterusnya adalah kewajiban penulis untuk mencantumkan sumber dan referensi yang dikutip di setiap pernyataan makalah pada bagian Daftar pustaka.  


Banyak penulis makalah yang kesulitan menerapkan penulisan daftar pustaka yang baik dan benar dalam akhir tulisannya. Tanda baca dan urutan selama penulisannya menjadi momok yang membuat seseorang terburu malas untuk mencantumkan berbagai referensi sumber dari tulisannya. Memang hal paling utama adalah memperhatikan urutan abjad dan tanda bacanya



Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Buku, dimulai dari Nama penulis ditulis paling awal. Cantumkan tahun terbit dari buku yang teman-teman gunakan sebagai referensi. Tuliskan judul buku referensi secara lengkap dengan italic. Kemudian mencantumkan kota penerbitan dan nama penerbit yang mencetak buku tersebut. Contoh :



Silver, John F. 2010. Succsess 4. Bandung: Indonesia Publishing House


Penulisan Daftar Pustaka dari Artikel Jurnal, Koran atau Majalah, tidak ada perbedaan signifikan antara penulisan daftar pustaka dari buku dan artikel dari jurnal. Hanya terdapat perbedan urutan, contoh :


Reza, Muhammad. 2016. “Pengembangan Website Informasi Kelapa Sawit Pedia” dalam JOM : Jurnal Online Mahasiswa UNRI Volume 1 (hlm. 123-129). Pekanbaru: Universitas Riau.



Penulisan Daftar Pustaka dari Internet,  ini yang paling sering ditulis dan paling sering salah. Karena era internet sekarang, maka penulis kebanyakan malas mengambil sumber dari jurnal maupun buku. Maka internet menjadi pilihan. Hanya saja, perhatikan situs yang hendak diambil referensinya. Jangan jadikan blog yang tidak jelas kredibilitasnya untuk menjadi sumber makalah. 



Penulisan daftar pustaka dari internet dimulai dari nama, tahun penayangan, judul artikel, URl atau link dan waktu pengambilan. Sebagai contoh berikut mimin berikan : 



Harahap, Reza. 2016. “Inikah Dampak Mematikan Pemanasan Global”, http://tekno.liputan6.com/read/2304179/inikah-dampak-mematikan-pemanasan-global, diakses pada 10 Februari 2016 pukul 10.27.  


  
Panduan Contoh Membuat Lampiran


Lampiran adalah bagian terakhir dari makalah atau karya tulis ilmiah yang berisi sebuah daftar penjelasan yang berbeda, definisi, kutipan beserta bukti-bukti yang memberikan pemahaman yang lebih baik dari materi tertulis. Materi itu bisa berupa gambar, diagram, grafik, berita, bukti, kuisioner atau dokumentasi dari setiap kegiatan pembuatan makalah.

Nah demikian postingan mengenai cara bikin makalah dan Contoh Makalah Lengkap yang Baik dan Benar Buat kali ini. Semoga ini bermanfaat buat Kalian yang sedang galau atau stress berkepanjangan menghadapi tugas kuliah atau sekolah yang kebanyakan disuruh membuat makalah.



G+