lomba blog traveloka

Gimana Sih Menjadi Insan Akademis yang Sukses dan Berprestasi?

TipsRahasia Ampuh Jitu Managemen Anak Kos Mahasiswa Pelajar Aktif, Prestasi dan Memanfaatkan Peluang 
tips trik rahasia manajemen jitu ampuh
Tips menjadi sukses
Mimin begitu senang bisa berbagi postingan lagi. Nah, mumpung mimin lagi ada waktu luang, kita akan membahas tentang yang bernama mahasiswa dan pelajar.


Tidak dipungkiri memang, mimin  yang juga berstatus anak kost, pernah mengalami kedua fase diatas. Kita coba berbagi dengan postingan ini, semoga kamu, anak kost, mahasiswa, mahasiswi, murid bin pelajar sekolah bisa mengambil hikmahnya. Yah, walaupun mimin sendiri masih belum bisa mengaplikasikan sepenuhnya, tapi kita sama-sama mencoba. Dan bagi yang mau mencoba, belum terlambat, bukan?

Oke, kita mulai dengan yang namanya mahasiswa. Insan akadmik ini, begitu jutaan manusia menyandangnya, memiliki waktu yang berfokus pada kegiatan pengabdian dan penelitian. Mahasiswa tentu menjalani aktifitas terpentingnya di kampus. Tentunya kita akan bertanya, apa sih pengertian mahasiswa?


Menurut sarwono, mahasiswa adalah orang yang terdaftar aktif di sebuah perguruan tinggi. Adapun batas umur seorang yang dikatakan mahasiswa 18-30 tahun. Oleh karena terdaftar aktif di perguruan tinggi yang bersangkutan tentu saja ada ikatan baik untuk mentaati tata tertib maupun ketentuan-ketentuan lainnya.


Pengertian Mahasiswa dan Pelajar


Menurut KBBI beda lagi, mahasiswa atau mahasiswi adalah seseorang yang menuntut ilmu di perguruan tinggi. Di dalam dunia pendidikan, status mahasiswa adalah staus tertinggi seorang murid di dunia pendidikan.



Setelah itu kita akan membahas pengertian pelajar atau muridPelajar adalah orang-orang yang ikut serta dalam proses belajar. Menurut Nasution, belajar merupakan kegiatan mengumpulkan dan menambah sejumlah ilmu dan pengetahuan, sedangkan pelajar adalah pelakunya. 



Sedangkan Sudjana mengemukakan pengertian belajar secara lebih jelas, yakni setiap upaya yang sengaja diciptakan agar terjadi suatu kegiatan yang edukatif antara peserta didik (pelajar) dan pendidik (pengajar).


Pelajar pada dasarnya adalah konsumen dari jasa yang diberikan oleh pengajar. Pelajar atau murid atau siswa merupakan aset yang penting bagi suatu negara. Karena generasi pelajar adalah bibit-bibit yang harus dikembangkan untuk menjadi generasi yang dapat memajukan agama, nusa dan bangsa. 


Tips Menjadi Mahasiswa dan Pelajar Sukses

Sekarang, bagaimana menjadi mahasiswa dan pelajar yang sukses? Mulailah dengan niat. Mahasiswa, pelajar, siswa, murid atau anak sekolah dengan keinginan dalam mencapai prestasi dan mampu memanfaatkan peluang adalah mereka yang mampu berjuang untuk mewujudkan citacitanya. Memiliki tekad, juga tentunya memiliki cara-cara yang jelas untuk mencapai kesuksesannya. Sehingga Mahasiswa, pelajar, siswa, murid atau anak sekolah tidak cepat menyerah didalam mencapai cita-citanya. Kita hasur terus berusaha, meskipun rintangan yang dihadapi dirasa sulit.


tips trik rahasia manajemen jitu ampuh
aktif dan inspiratif
Aktif berarti mahasiswa, pelajar, siswa, murid atau anak sekolah itu memiliki kesibukan dalam menjalankan perannya sebagai seorang insan akademik yang berpendidikan. Tentunya kegiatan yang mahasiswa, pelajar, siswa, murid atau anak sekolah lakukan berbeda-beda tergantung sifat dan kebiasaan dari kita sendiri. 


Banyak dari kita sangat sibuk bila berurusan dengan suatu hobi. Sehingga sepertinya lupa dengan orientasi belajar sebagai seorang akademisi. Kebalikan dari itu, ada pula kita yang justru terbawa serius dengan kehidupan akademik, sehingga lupa dengan nilai sosial dan pergaulan.

Berprestasi disini dimaksud mahasiswa, pelajar, siswa, murid atau anak sekolah yang telah bisa memberikan kontribusinya bagi kampus, atau sekolah dan bisa mewakili nama baik dari institusi tempat dia menimba ilmu dengan segudang prestasinya. Prestasi itu contohnya, memiliki IPK diatas 3.5 atau lulus dengan predikat cum laude, nah itu prestasi.

tips trik rahasia manajemen jitu ampuh
manfaatkan peluang bisnis
Selanjutnya, pandai memanfaatkan peluang. Sebagai mahasiswa, pelajar, siswa, murid atau anak sekolah, tentu pola pikir tidak sekelas dengan anak kecil lagi. Ada mahasiswa atau pelajar yang mampu menyulap problematika menjadi sebuah bisnis. Atau mereka yang memberikan sedikit sentuhan dengan proyeknya yang segudang. 


Misalnya ketika properti lampu kampus banyak rusak, dia bisa mengajukan proposal pembelian lampu dengan menjadikan dirinya sebagai makelar. Mahasiswa, pelajar, siswa, murid atau anak sekolah ini bisa saja langsung mendatangi pabrik lampu, dan meminta potongan harga untuk pembeliannya.



Keseimbangan Adalah Kuncinya

Dari ketiganya, tentunya Insan Akademis yang baik adalah mereka yang mampu menyeimbangkan antara dunia akademik, bisnis dan sosialnya tersebut.. Beberapa ada yang bisa mengelolanya, ada juga yang tidak , malah terjerumus kepada salah satu pilihan saja. Bagi insan akademik yang mampu menyeimbangkan  itu semua, tentunya memerlukan prisip yang lebih untuk bisa mengaplikasikannya. Jangan takut tidak bisa membagi waktu, karena orang yang berpendidikan memang dituntut untuk bisa membagi waktu se-efektif dan se-efisien mungkin.

Bagaimana pun, manajemen sangat dibutuhkan oleh kalangan akademik ini. Tentunya ini membutuhkan pengalaman yang tidak mudah untuk mendapatkannya. Pembelajaran dalam organisasi akan sangat berguna dalam memberikan pengalaman itu.

Dan penting, untuk menjaga kesehatan. Seaktif apa pun kalian, sebesar apa pun pencapaiannya, tentunya juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk menormalkan kinerja tubuh. Jika kita sukses dalam pencapaian karier, tapi tidak bisa merasakan nikmat kesehatan, tentunya itu juga menjadi sia sia.

Semoga beberapa sajian mengenai Gimana Sih Menjadi Insan Akademis yang Sukses dan Berprestasi? diatas dapat memberikan kontribusi bagi sobat pembaca semua, mengenai cara manajemen yang baik ala seorang insan akademis, yang efektif dan efisien. Terkhusus bagi kalian yang merasa ingin meraih kesuksesan sedini mungkin, tentunya harus dapat membagi waktu, sehingga kita mampu membahagiakan orangtua atau orang2 disekitar kita. 

G+