lomba blog traveloka

Download Makalah Manajemen Strategi



download manajemen strategi
Download Makalah Manejemen Strategi
Kali ini membahas mengenai manajemen strategi. Bagi kalian yang mengambil bidang studi ekonomi, manajemen dan turunannya pasti pernah atau sedang belajar tentang manajemen strategi.


Manajemen strategi menurut mimin perlu untuk kamu yang ingin mengambangkan karier di perusahaan besar. Karena belajar manajemen strategi akan membantumu untuk mengetahui seperti apa gambaran kebijakan dan langkah strategi seperti apa yang akan diberlakukan pada sebuah perusahaan atau organisasi.

Menurut om Pearch dan Robinson Manajemen Strategi adalah sekumpulan tindakan yang menghasilkan perumusan (formulasi) dan pelaksanaan (implementasi) rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran-sasaran organisasi.

Perumusan Manajemen Strategi

Perumusan manajemen strategi meliputi pengembangan misi, mengidentifikasikan sebuah peluang dan ancaman dari eksternal, menganalisa dan menetapkan kelemahan maupun kekuatan internal organisasi, menetapkan sasaran jangka panjang, menimbang alternatif lain, dan memilih strategi khusus yang akan diterapkan pada kasus tertentu


Manajemen strategi harusnya memberi keunggulan komparatif dan pada akhirnya bisa memberikan keunggulan yang kompetitif dalam jangka panjang, hal itu haruslah menjadi penting bagi manajemen strategi.


Oleh karena tidak ada perusahaan yang memiliki SD yang unlimited, maka strategi harus bisa membuat alternatif yang memberikan dampak positif demi mencapai tujuan perusahaan. 



Ruang lingkupnya meliputi obyek baru yang akan dikerjakan, memutuskan apakah dibutuhkan sebuah pengembangan aktivitas ataukah diversifikasi produk, obyek usaha yang akan ditingggalkan, mengalokasikan sumber daya baik itu finansial ataupun non dan memutuskan target pasar lokal atau global.


Fungsi Manajemen Strategi

Seorang Manajer strategi harus bisa menganalisa fungsi utama dari bisnis yang ada dan mengerti cara mempengaruhi suatu proses manajemen strategi dan mengetahui bagaimana cara mengintegrasikan-nya. 


3 fungsi utama dalam manajemen strategi, yakni Fungsi Produksi, Fungsi Pemasaran dan Fungsi Keuangan. Fungsi lainnya seperti SDM (sumber daya manusia), pengembangan dan riset, serta hubungannya dengan masyarakat. Semua fungsi tersebut memiliki pengaruh langsung yang sangat besar pengaruhnya terhadap Manajemen Strategi.

Penerapan Manajemen Strategi

Implementasi strategi ini meliputi budaya yang mendukungg pengembangan perusahaan, menyiapkan anggaran, memanfaatkan system informasi, memotivasi sumber daya manusia supaya mau menjalankan dan bekerja sebaik mungkin. Implementasi strategi membutuhkan disiplin dan kinerja yang tinggi serta imbalan jasa yang mencukupi.

Penerapan Manajemen Strategi juga menjadi tahapan dari manajemen strategi. Dalam tahap mengimplementasikan strategi ini perusahaan menetapkan tujuan atau sasaran perusahaan tahunan, menyusun kebijakan, memotivasi para karyawan dan mengalokasikan sumber daya agar strategi yang telah disusun bisa dijalankan. 

Evaluasi dan Monitoring Manajemen Strategi

Evaluasi Pengawasan strategi adalah tahap akhir didalam proses manajemen strategi. seluruh strategi adalah subyek moditifikasi di masa mendatang, sebab berbagai faktor baik eksternal maupun internal akan terus mengalami sebuah perubahan.

Evaluasi Strategi meliputi ulasan faktor faktor ekternal dan internal yang merupakan dasar bagi setiap strategi yang sedang dijalankan, pengukuran kinerja yang sudah dijalankan dan pengambilan tindakan perbaikan apabila terjadi ketidaksesuaian.

Evaluasi strategi dibutuhkan bagi perusahaan karena kesuksesan usaha yang diraih disaat sekarang ini bukanlah keberhasilan yang muncul secara tiba tiba. Seringkali kesuksesan usaha pada masa sekarang memunculkan persoalan yang baru dan berefek domino pada usaha lainnya. sama halnya dengan kegagalan, maka persoalan yang baru muncul dan harus dihadapi supaya bisa menghidupkan kembali aktivitas bisnis yang telah gagal.

Unsur Manajemen Strategi

Ada beberapa unsur dalam manajemen strategi, diantaranya:

Profil Perusahaan, menggambarkan kondisi perusahaan baik itu keuangan, sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya fisik lainnya.

Strategi, suatu keterampilan atau ilmu dalam memenangkan sebuah persaingan. persaingan adalah perebutan konsumen (pangsa pasar) dan konsumen setiap saat akan mengalami perubahan, maka strategi hendaknya dikelola dengan sedemikian rupa supaya tujuan perusahaan bisa tercapai

Misi perusahaan, merupakan gambaran tujuan tentang keberadaan perusahaan. misi ini meliputi type, ruang lingkup serta karakteristik tindakan yang akan dijalankan

Kebijakan, cara mencapai sasaran perusahaan. kebijakan mencakup garis pedoman, aturan-aturan dan prosedur untuk menyokong usaha pencapaian sasaran atau tujuan yang sudah ditetapkan

Strategi Unggulan, merupakan rencana umum serta komprhensif atas semua aktivitas utama yang ditujukan pada usaha pencapaian sasaran dalam lingkungan yang bersifat dinamis

Strategi Fungsional, adalah penjabaran strategi umum yang nantinya dijalankan oleh divisi

Tujuan, merupakan hasil akhir dari sebuah kegiatan. disini akan ditegaskan hal apa ayang akan digapai, kapan waktunya, dan berapa yang harusnya dicapai.

Lingkungan Internal, mencakup seluruh unsur bisnis yang terdapat pada perusahaan

Lingkungan Eksternal, mencakup seluruh kekuatan yang akan memberikan pengaruh terhadap pilihan strategi serta mendifinisikan kondisi kompetisinya

Analisa Strategi dan Pilihan, hal ini ditujukan kepada keputusan dalam investasi untuk masa mendatang

Manajemen strategi diwujudkan dalam bentuk perencanaan berskala besar dalam arti mencakup seluruh komponen dilingkungan sebuah organisasi yang dituangkan dalam bentuk rencana strategis yang dijabarkan menjadi perencanaan operasional, yang kemudian dijabarkan pula dalam bentuk program kerja dan proyek tahunan.

Pengimplementasian strategi dalam program-program termasuk proyek-proyek untuk mencapai sasarannya masing-masing dilakukan melalui fungsi-fungsi manajemen lainnya yang mencakup pengorganisasian, pelaksanaan, penganggaran dan kontrol.


Rencana strategis dijabarkan menjadi rencana operasional yang antara lain berisi program-program operasional termasuk proyek-proyek, dengan sasaran jangka sedang masing-masing juga sebagai keputusan manajemen puncak.

Visi, misi, pemilihan strategi yang menghasilkan strategi induk, dan tujuan strategi organisasi untuk jangka panjang merupakan acuan dalam merumuskan rencana strategi, namun dalam teknik penempatannya sebagai keputusan manajemen puncak secara tertulis semua acuan tersebut terdapat didalamnya.

Penetapan Rencana strategis dan rencana operasi harus melibatkan manajemen puncak karena sifatnya sangat mendasar/prinsipil dalam pelaksanaan seluruh misi organisasi, untuk mewujudkan, mempertahankan dan mengembangkan eksistensi jangka sedang termasuk panjangnya.

Oke, kamu bisa mendapatkan makalah Manajemen Strategi Terbaru dengan mengklik tautan dibawah ini. Ada banyak materi yang bisa kamu dapatkan terkait Manajemen Strategi. Silahkan kamu ambil sepuasnya ya...

Petunjuk : Setelah kamu mengklik link dibawah ini, kamu akan diarahkan pada tab baru berisi halaman safelink. Tunggu lima detik, kemudian klik link yang muncul. Kamu akan langsung mendapatkan filenya. Terimakasih telah berkunjung di kosngosan.

G+

0 Response to "Download Makalah Manajemen Strategi"

Post a Comment