lomba blog traveloka

Download Pelayanan Publik


download materi makalah pelayanan publik
Download Materi Pelayanan Publik
Postingan mengenai Download pelayanan publik kali ini akan membahas mengenai jenis pelayanan yang ditujukan untuk kepentingan masyarakat. Beberapa defenisi dari pelayanan publik berikut akan membantu kamu memahami sedikit.


Menurut Lijan Poltak Sinambela (mungkin beliau adalah sipoltak raja minyak dari medan :D) (2008: 5) pelayanan adalah kegiatan yang menguntungkan dalam suatu kumpulan dan menawarkan kepuasan meskipun hasilnya tidak terikat pada suatu produk secara fisik. Hal ini menunjukan bahwa pelayanan berkaitan dengan kepuasan batin dari si penerima.

Lebih resminya, kita lihat pendapat pemerintah sendiri yang dituang kedalam Undang Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dijelaskan pelayanan publik merupakan semua bentuk kegiatan dalam rangka pengaturan, bimbingan, pembinaan, penyediaan fasilitas, jasa dan lainnya yang dilaksanakan oleh aparatur pemerintah sebagai upaya pemenuhan kebutuhan kepada masyarakat sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Beda lagi dengan Om Ivancevich, Lorenzi, Skinner dan Crosby (di dalam buku Ratminto dan Atik Septi Winarsih) mengatakan bahwa pelayanan adalah berbagai jenis produk yang kasat mata (tidak dapat diraba) dan dapat melibatkan berbagai jenis usaha manusia yang menggunakan peralatan.

Nah, menurut situs wikipedia, ada beberapa penyelenggara pelayanan publik, diantaranya adalah :

Pelayanan publik atau pelayanan umum yang diselenggarakan oleh organisasi privat yakni semua penyediaan barang atau jasa publik yang diselenggarakan oleh swasta, seperti misalnya rumah sakit swasta, PTS, perusahaan pengangkutan milik swasta.

Pelayanan publik atau pelayanan umum yang diselenggarakan oleh organisasi publik. Yang dapat dibedakan lagi menjadi

Pelayan primer yakni semua penyediaan barang/jasa publik yang diselenggarakan oleh pemerintah yang di dalamnya pemerintah merupakan satu-satunya penyelenggara dan pengguna/klien mau tidak mau harus memanfaatkannya. Misalnya adalah pelayanan di kantor imigrasi, pelayanan penjara dan pelayanan perizinan.

Pelayan sekunder, adalah segala bentuk penyediaan barang/jasa publik yang diselenggarakan oleh pemerintah, tetapi yang di dalamnya pengguna/klien tidak harus mempergunakannya karena adanya beberapa penyelenggara pelayanan.

Setelah mengetahui defenisi pelayanan publik, kamu juga perlu tahu mengenai standar seperti apa yang bisa ditetapkan untuk memuaskan para

Prosedur Pelayanan

Prosedur pelayanan merupakan salah satu dari standar pelayanan publik. Prosedur pelayanan harus dibakukan bagi pemberi dan penerima pelayanan publik, termasuk pengaduan sehingga tidak terjadi permasalahan dikemudian hari. Prosedur pelayanan harus ditetapkan melalui standar pelayanan minimal, sehingga pihak penerima pelayanan dapat memahami mekanismenya.

Waktu Penyelesaian

Waktu penyelesaian merupakan salah satu dari standar pelayanan publik. Waktu penyelesaian yang ditetapkan sejak saat pengajuan permohonan sampai dengan penyelesaian pelayanan termasuk pengaduan. Semakin cepat waktu penyelesaian pelayanan, maka akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat akan pelayanan yang diberikan.

Produk Pelayanan

Produk pelayanan merupakan salah satu dari standar pelayanan publik. Hasil pelayanan akan diterima sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Produk pelayanan harus dipahami secara baik, sehingga memang membutuhkan sosialisasi kepada masyarakat.

Biaya Pelayanan

Biaya pelayanan merupakan salah satu dari standar pelayanan publik. Biaya pelayanan termasuk rinciannya harus ditentukan secara konsisten dan tidak boleh ada diskriminasi, sebab akan menimbulkan ketidakpercayaan penerima pelayanan kepada pemberi pelayanan. Biaya pelayanan ini harus jelas pada setiap jasa pelayanan yang akan diberikan kepada masyarakat, sehingga tidak menimbulkan kecemasan, khususnya kepada pihak atau masyarakat yang kurang mampu.

Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana merupakan salah satu dari standar pelayanan publik. Penyediaan sarana dan prasarana pelayanan yang memadai oleh penyelenggara pelayanan publik sangat menentukan dan menunjang keberhasilan penyelenggaraan pelayanan.

Kompetensi Petugas Pemberi Pelayanan

Kompetensi petugas pemberi pelayanan merupakan salah satu dari standar pelayanan publik. kompetensi petugas pemberi pelayanan harus ditetapkan dengan tepat berdasarkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, sikap dan perilaku yang dibutuhkan agar pelayanan yang diberikan bermutu.

Oke, demikian penjelasan mengenai materi pelayanan publik. Selanjutnya kamu bisa comot studi kasus pelayanan publik di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru, yang telah mimin unggah disini. Kamu bisa mendapatkannya secara gratis. Jangan lupa untuk komentar dan salam sukses selalu!

Petunjuk : Setelah kamu mengklik link dibawah ini, kamu akan diarahkan pada tab baru berisi halaman safelink. Tunggu lima detik, kemudian klik link yang muncul. Kamu akan langsung mendapatkan filenya. Terimakasih telah berkunjung di kosngosan.




G+

0 Response to "Download Pelayanan Publik"

Post a Comment