lomba blog traveloka

Tips Usaha Anak SMA


tips sma bisnis usaha
Tips Bisnis Anak Sekolah
Postingan kali ini mimin akan  membahas berbagai peluang usaha yang boleh dicoba oleh kalian pemuda harapan bangsa yang merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Madrasah Aliyah (MA) dan setingkatnya.


Buka usaha memang selalu menjanjikan. Tips bisnis sma ala kosngosan kali ini dimulai dari mencari usaha yang mudah untuk dikelola. Memulai bisnis bagi kalian, anak muda adalah pilihan bijak apabila tidak ingin melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi karena faktor biaya.

Sebenarnya bila kamu benar-benar berorientasi untuk bekerja, dengan predikat lulusan SMA atau sederajat, bukan tidak mungkin kamu bisa sukses dikemudian hari bila kamu mengikuti tips usaha anak sma berikut ini.


Hanya saja, antara lulusan SMA dan MA berbeda dengan lulusan SMK. Karena untuk lulusan SMK, kamu sudah diberikan keterampilan yang sesuai dengan jurusan masing-masing, sehingga nantinya kamu bisa  membuka usaha dan langsung bekerja setelah tamat sekolah nanti.


Nah, tips bisnis sma berikut mungkin hanya berlaku bagi kalian, lulusan SMA dan MA yang berniat hendak mencari pendapatan sampingan, setelah lulus ujian. Berikut tips usaha anak sma, check these out!

Tips Usaha Lulusan SMA/SMK/MA

Kembali ke pembahasan peluang bisnis, banyak peluang bisnis yang bisa dicoba oleh lulusan muda dari sekolah tinggi. Tentunya Kamu menelepon keluar jenis usaha yang mudah, menjanjikan, modal kecil dan tidak menghabiskan banyak waktu. Berikut adalah contoh dari Sekolah Tinggi Lulusan Peluang Bisnis yang dapat Kamu coba hari ini.

Peluang Bisnis Untuk Lulusan sekolah menengah atas bisa kamu coba beberapa jenis usaha berikut ini, yang tentunya lebih mudah dikerjakan dan minim modal :

Blogger atau Youtuber

Kata siapa menjadi blogger atau Youtuber hanya bisa dilakukan oleh artis atau yang paham dunia tulis menulis? Untuk lulusan SMA sepertimu yang punya waktu lenggang banyak pun juga bisa melakukannya. 

Keuntungan blogger dan youtuberadalah karena bisa dimulai tanpa modal hanya memanfaatkan fasilitas dari google saja. Walaupun untuk menghasilkan video dan artikel yang berkualitas memang teteap butuh modal secara teknis.

Mulailah membuat akun GMAIL mu isi dengan artikel dan video yang bermanfaat dan menarik untuk orang lain. Pilihlah topik yang mudah dan kalau bisa sesuai dengan minat mu sehingga kamu bisa mengeksplorasinya. Ketika traffik blog  dan viewer video youtube mu tersebut mulai banyak maka selanjutnya adalah giliranmu untuk menghasilkan uang

Kerajinan Berdasarkan Hobi

Kerajinan apa saja yang kamu senang melakukan selaiin untuk hobi dan membunuh waktu luang? pasti banyak dong! Sekarang cobalah untuk berpikir tentang kerajinan apa yang dapat dengan mudah diproduksi.

Produk ini mestilah membuthkan biaya rendah tapi punya nilai jual yang tinggi. Banyak jenis kerajinan yang dapat kamu coba sendiri, dan utamakan ini adalah kesenanganmu yah, bukan cuman berorientasi bisnis semata.

Jual Token dan Pulsa Portable

Bisnis yang satu ini sangat cocok dijalankan oleh remaja yang baru saja lulus dari sekolah menengah atas, karena jenis usaha ini sangat mudah dijalankan sehingga sangat cocok untuk pemula. 


Untuk memulai bisnis ini, kamu dapat bekerja dengan orang-orang / counter yang menyediakan pulsa untuk dijual dan berbagi keuntungan, atau kamu dapat memulai sendiri dengan modal cukup tidak menguras kantong. 


Selain penjualan pulsa elektrik untuk HP, kamu juga bisa menjual Token listrik untuk keperluan sehari hari. Manfaatkan aplikasi agregator untuk pembayaran semua seperti Paytren atau bebas bayar. Supaya kamu tidak lagi repot untuk membawa banyak perangkat di kantongmu.

Reseller / Dropshiper

Menjadi reseller saat masih di sekolah bukanlah hal yang baru lagi, Kamu bisa memanfaatkan orderan dari temanmu seperti kaos, jaket, celana, dll 

Menjadi reseller sekarang dapat dilakukan secara online, bahkan baru-baru ini booming. Jadi, mengapa tidak mencoba untuk mencoba lulusa sekolah menengah atas menjanjikan ini? Baca bisnis online dibawah ini juga.

Bisnis Online dan segala jenis turunannya

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah marak belakangan ini. Hampir semua aspek kehidupan sampai belanja pun bahkan melalui internet, dan ini menjadi peluang buat kamu untuk mencoba bisnis online. 

Ketika internet hanya bisa menghabiskan uangmu, kenapa tidak kamu balas dengan menggunakan internet sebagai penghasil pundi rupiahmu? Bahkan bisnis online lebih murah dibanding bisnis konvensional, karena sejatinya tidak membutuhkan barang dan tempat. Kamu hanya bertindak sebagai distributor atau orang ketiga yang memasarkan produk yang lagi tren belakangan ini. 

Bagi kamu yang berminat, silahkan kepoin beberapa bisnis online yang prospektif di internet.

Tapi jika Kamu tidak memiliki komputer atau laptop, Kamu dapat mencoba bisnis online dengan hp android mu yang lebih mudah tetapi masih menjanjikan. Intinya, akan banyak jalan bagi kamu yang mau berjuang.

Rental Barang Elektronik

Kamu suka main PS, game PC atau sejenisnya, tentu saja, Kenapa kamu tidak mencoba untuk membuat bisnis sewa atau rental barang elektronik tersebut. Kamu ingat nggak berapa kali seminggu untuk bermain PS saat masih sekolah? dan berapa banyak uang yang kamu habiskan untuk itu? Ini saatnya unutk membuat hobi mu itu menjadi peluang prospektif.

Kamu lebih baik membuka usaha rental sendiri. Bahkan, modal awal yang dibutuhkan tidak lah terlalu besar, bila kamu bisa mengakalinya. Mulainya rental dari rumah kerumah, atau bila kamu punya jaringan luas, kamu bisa promosikan usaha rentalmu lewat teman2 mu.

Intinya, Bisnis yang Hebat adalah Bisnis yang dimulai Dari Sekarang Juga!

Bagaimana tentang contoh usaha di atas, jika Kamu tertarik dengan salah satunya tidak ada salahnya untuk mencoba. Karena berbisnis diwaktu muda sama halnya mempercepat kesuksesanmu kelak.


Jadi kita bisa berbagi, mimin  berharap apa yang mimin bagikan bisa bermanfaat bagi kita semua, terima kasih karena telah membaca Tips Usaha Pelajar SMA ini. Be a great enterprenur!

G+

0 Response to "Tips Usaha Anak SMA"

Post a Comment