Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta dan Kebiasaan Anak Kos yang Jarang Diketahui

Kehidupan anak kost memang penuh suka duka. Hidup di perantauan, jauh dari keluarga membuat mereka hidup mandiri. Mengatur segala sesuatunya harus dalam jangka panjang, dan juga memilih mana keputusan terbaik yang harus diambil. Dibalik itu ada kebiasaan unik dalam kesehariannya. Tapi inilah yang membuat anak kos menjadi sering diperbincangkan.

kehidupan anak kos

Pada kesempatan kali ini kosngosan akan berbicara mengenai kehidupan anak kos, kamu mungkin terngiang sesosok mahluk ngenes yang hidup ngirit dengan mengandalkan bulanan serta jauh dari jangkauan orangtua atau keluarga.

Anak kos sudah seperti jamur yang mendominasi pekarangan rumah di musim hujan. Analoginya, kehidupan anak kos banyak suka dukanya. Dari yang dulu s*mpaknya dicuciin Mak, kini nyuci sendiri sekali seminggu (mungkin ada yang sampai jamuran ditandai muncul bercak hitam :v)

Di kota besar banyak anak kos yang hidup dan menetap. Hal ini mendorong tumbuhnya industri properti perkosan. Mungkin kamu sering melihat kompleks rumah petak yang jemurannya tergantung semp*k, tengt*p

Bahkan tempat sampah dipenuhi bungkus indom*e dan nasi padang, terdengar bunyi speaker double bass dan malamnya selalu ramai, maka kemungkinan besar itu adalah kawanan anak kos dengan segala kengenesannya.

Mahluk yang lepas dari ortu ini kemudian bermetamorfosis menjadi yang disebut anak kos. Semenjak menginjakkan kakinya di kosan, akan ada banyak hal–hal baru yang dihadapinya di dunia perkosan. Dunia yang menuntut sosialisme tinggi tanpa meninggalkan sisi humorisnya. Berbeda dengan situasi dirumah yang hanya mengandalkan interaksi homogen yang terkesan formal.

Kehidupan Penuh Warna Warni Anak Kos


Penasaran apa saja sih hal hal yang mengisi kehidupan suka dukanya anak kos? Mimin sudah rangkum beberapa diantaranya. List dibawah ini memang tidak lengkap, tapi setidaknya bisa mewakili kehidupan kamu yang menyabet status anak kos.

Ngirit Tingkat Dewa


Siapa yang bilang anak kos boros? mereka justru berhemat untuk kelangsungan hidupnya. Mungkin ada juga anak kos yang hidup mewah, tapi itu tidak bisa mengalahkan anggapaan kebanyakan orang bahwa anak kos mesti hidup berhemat untuk mempetahankan kehidupannya.

Berbagai tehnik berhemat mulai dari makan indomie, berkunjung ke kos temen pas tanggal tua, kibulin ibu kos, atau makan promag pas malam mungkin adalah beberapa langkah inspiratif buat anak kos. Karena memang berhemat menjadi ciri khas anak kos itu sendiri.

Kalau kamu ingin menerapkan sedikit tips ini, mimin yakin kamu bakalan sukses untuk mengirit pengeluaran. Baca juga : Tips Hemat Finansial Disini

Suka Bohong Sama Orangtua


Nah ini nih, yang bkin anak kos rada rada aman dari genggam emak dan bapak. Biasanya mereka bakal bilang sehat dan cukup makmur disaat Emakn bertanya kabarnya diakhir bulan. Padahal seperti yang diketahui, anak kos jjustru makin ngenes disaat akhir bulan.

Jomblo vs Pacaran


Ini faktanya. anak kos memang ada yang sudah berstatus single sebelum menjadi anak kos, dan ada juga yang sudah punya pacar. Atau mungkin pas menjadi anak kos dia baru dapat pacar.

Pada hakekatnya, menjadi anak kos jomblo tidaklah se ngenes yang kamu kira. Tapi kalo kamu penasaran dengan kengenasan anak kos jomblo, kamu bisa membaca artikel mimin mengenai

Selain berbohong dalam hal positif, banyak anak kos juga berbohong untuk kepentingan negatif. Misalnya uang bulanan yang kurang, alasannya banyak, mulai dari beli buku, uang praktikum, de el el. yang memaksa orangtua untuk mengirim bulanan ekstra. Padahal nih, uang itu buat mensubsidi biaya nge date pas malam minggu tiba.

Baca juga : Derita Anak Kost Jomblo disini.

Menjadi seorang anak kost jomblo maupun pacaran memang ada sisi positif dan negatifnya. Kamu tinggal memilih status apa yang lebih cocok kamu rasa. Jangan sampai kamu justru lebih fokus dalam hal asmara ketimbang akademik sendiri.

Suka Diuber-uber Ibu Kos


Yang namanya anak kos paling sering menjadi target penagihan hutang ibu kost. Padahal duit baru saja dikirim, tetapi sudah habis membayar tunggakan uang kos 3 bulan. Apakah ini berlangsung setiap akhir bulannya? Mungkin iya mungkin tidak.

Namun hal yang pasti adalah kamu harus mulai memperbaiki kondisi keuanganmu. Buatlah catatan pemasukan dan pengeluaran supaya kamu bisa mengatur finansialmu. Sehingga dengan demikian, uang kost mu tidak habis digunakan untuk jajan.

Hobi Macem Macem


Anak kos memiliki kesukaan dan aktifitas rutin yang bermacam macam. Seperti teman mimin yang seorang kicau mania, atau maen futsall tiap malam jumat. Kebiasaan ini juga berarti kamu lebih sering menghabiskan waktu di kampus, mengikuti kegiatan organisasi seperti BEM dan rohis.

Kamu anak kos yang punya hobi segudang, utamakan waktu istirahat yang cukup. karena bagaimanapun kesehatanmu adalah yang utama. Jangan sampai kamu jatuh sakit dan tidak bisa menikmati waktu berhargamu.

Belajar vs Nongkrong


Antara kegiatan kampus atau sekolah dengan bermain dengan kawan sekos atau ngedate memang harus diseimbangkan. Kamu anak kos mungkin sering mengalami yang namanya ambil cuti dalam perkuliahan.

Ada saja kegiatan lain yang menyibukkanmu dari kuliah, seperti bisnis sampingan, nongkrong, atau maen PS dengan kawan sekos. Kamu anak kos mesti ingat, kalau statusmu sebagai anak kos adalah sebuah kepercayaan dari orangtua untuk menimba pengalaman di negeri orang. So, jangan sia siakan kesempatan itu.

Bisnis Sampingan Buat Pemasukan


Kalau kamu anak kos yang merasa duit bulanan kurang untuk menghidupi kamu di negeri orang, pasti kamu sudah mencoba bisnis kecil kecilan seeprti menjual pulsa, menjaga stand milkshake, atau mencoba dropshipper bisnis online.

Kalau kamu anak kos masih bingung bisnis apa saja yang cocok buatmu, kamu bisa mengunjungi halaman Tips Bisnis Pemula disini. Kamu bakalan tercerahkan, bisnis seperti apa sih yang sesuai dengan anak kos yang cenderung pemalas namun pengen untung gede?

Tapi satu hal yang pasti, hindari bisnis sejenis MLM yang justru malah merugikanmu. Kalau bisnis MLM yang jelas sih nggak papa. Karena banyak bisnis sejenis MLM yang mengharsukan anggota barunya untuk mendaftar dengan biaya segede gedenya, tapi malah aktitasnya cuman mencari downliner yang ujung2 nya nihil.

Bijimana? Apakah list diatas bisa mewakili perasaan kamu selama menjadi anak kos? Selain itu sih mimin akui masih banyak kegiatan yang mewarnai kehidupan anak kost lainnya, tapi tidak bisa dimasukin semuanya.

Baca juga : Tips Mencari Kos Murah Meriah

Kalau kamu ingin menambahkan, silahkan komen di kolom komentar. Nanti mimin akan senang hati menambahkannya. Jangan lupa juga bagikan post ini di media sosial kalian ya, terimakasih sudah berkunjung dan salam anak kost.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya