lomba blog traveloka

Masuk Kuliah, Ini Tips Pelajar Sekolah Menjadi Mahasiswa

Masuk Kuliah, Ini Tips Pelajar Sekolah Menjadi Mahasiswa - Mahasiswa kerap menjadi mimpi bagi siswa dan siswi di SMA dan sekolah jenjang setara lainnya. Sosok mandiri, dewasa, dan pintar yang lekat dengan para pelajar di universitas inilah yang membuat mereka ingin segera menyelesaikan masa berseragam mereka.

Pelajar Sekolah Menjadi Mahasiswa

Karena ujian akhir sekolah memang sudah usai. Sebagian besar siswa mungkin sedang resah menunggu hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Mungkin, ada pula yang sudah mempersiapkan diri sejak dini untuk menghadapi berbagai ujian masuk perguruan tinggi idamannya.

Berikut beberapa tips dan langkah yang mesti calon Mahasiswa seperti kalian lakukan, bagi pelajar sekolah atas dan sekolah setara yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi atau sekolah tinggi :

Persiapkan mental dengan matang

Dunia kampus itu beda dengan dunia sekolah. Mulai dari jadwal kuliah yang tidak teratur, lingkungan yang heterogen, budaya yang berbeda, sampai pergaulan yang bebas. Para calon mahasiswa harus siap menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi selama menjadi mahasiswa. Salah-salah, hal yang tidak diinginkan dapat terjadi tanpa disengaja.

"Dunia kuliah itu 180 derajat berbeda dengan SMA. Apalagi bagi yang memutuskan untuk kuliah di luar kota. Mental itu menjadi hal utama yang perlu dipersiapkan karena akan merasakan suasana lingkungan yang baru," demikian komentar Siti Arpiah (22), mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) asal Cikarang.

Hati-hati pergaulan yang tidak baik

"Punya temen itu penting. Punya temen yang positif itu jauh lebih penting," Tutur Faris Elzo (22), mahasiswa Unpad asal Sumatra Barat.

Lingkungan baru identik dengan teman baru. Dunia kampus memiliki sifat dinamis karena mahasiswanya yang berasal dari berbagai latar belakang. Tak sedikit mahasiswa yang terkejut dengan pergaulan yang terjadi di lingkungan kampusnya.

"Awal kuliah saya kaget cewek-cewek lihai benget ngerokoknya, bir itu udah kayak 'jus jeruk', dan seks bebas udah kayak ngobrol bareng sore-sore sambil ngeteh," aku Artista Lushar (23), asal Bali.

Akan tetapi, masalah ini jangan menjadi pemicu Anda menutup diri. Tidak ada salahnya bergaul dengan orang-orang dari berbagai latar belakang. Justru hal ini dapat menjadi jalan untuk menambah wawasan terkait kehidupan sosial.

Menghadapi perbedaan budaya yang drastis

Tidak seperti sekolah yang cenderung homogen, kampus memiliki mahasiswa dari beragam budaya. Hal ini yang membuat dunia kampus begitu dinamis karena perbedaan latar belakang dari setiap mahasiswanya.

Buat yang merantau jauh, seperti beda pulau dan negara, masalah cultural shock menjadi salah satu kendala utama. Khususnya bagi mahasiswa yang berasal dari suku atau pulau yang berbeda dari lingkungan universitas. Jawa Barat sendiri merupakan rumah bagi suku Sunda yang terkenal akan kehalusan dan ramah-tamahnya.

"Culture shock banget pas baru ke sini. Kadang kalau dari Sumatera buat ngobrol aja susah banget. Soalnya, takut dianggap lucu atau aneh," ucap Lukya Panggabean (22), mahasiswa Unpad asal Sumatra Utara.

Kembali ke tujuan awal, yaitu menuntut ilmu

Masalah yang kerap menghinggapi mahasiswa yaitu rasa malas. Jauh dari orangtua dan kebebasan membuat mahasiswa cenderung melakukan aktivitas sesuai keinginannya sendiri. Hal ini tak jarang berdampak buruk bagi akademiknya.

Tidak seperti sekolah yang memiliki jadwal teratur dan disiplin, kampus tidak mengikat mahasiswa dalam menjalani perkuliahan. Mahasiswa bebas menentukan berapa banyak mata kuliah yang ingin diambil, kuliah hari apa saja, bahkan masuk atau tidak saat jam perkuliahan berlangsung.

"Dunia kuliah kagak asyik kalau ga ada mainnya. Main itu wajib!” tutur Siti, mahasiswi Fikom Unpad.

Tiga hal: main, malas, dan rajin berorganisasi (atau berdemonstrasi) bisa menjadi kambing hitam mengapa mahasiswa lali dalam menjalani pendidikannya. Kalau tiga hal tadi sudah mengganggu tujuan awal, yaitu menuntut ilmu, maka sebaiknya dikurangi.

So, tetap semangat, jangan patah arang sebelum menempuh perkuliahan. Ada pepatah, masa SMA adalah masa paling indah, tapi masa kuliah akan lebih terkenang. Silakan buktikan sendiri. Semoga artikel mengenai Tips Pelajar Sekolah Menjadi Mahasiswa ini bisa bermanfaat bagi kalian ya. Sumber : pikiran-rakyat.com

G+

0 Response to "Masuk Kuliah, Ini Tips Pelajar Sekolah Menjadi Mahasiswa"

Post a Comment