Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Tips Belajar Sukses dari Anak Sekolah Korea Selatan

Bagaimaan metode pembelajaran yang diterapkan pada sistem pendidikan di negara korea selatan? Pendidikan di Korsel terkenal dengan persaingan nilai yang sangat ketat diantara siswa-siswi-nya. Negara yang dijuluki sebagai gingseng itu, dikenal juga akan budaya K-POP yakni girlband dan boyband nya. Orang orang disana terbukti memiliki prestasi dan kesuksesan dalam pendidikan mereka, lho

Namun hal itu banyak juga yang menyebabkan cerita maupun tulisan yang mengungkapkan bahwa banyak siswa siswi Korea Selatan yang bunuh diri karena stress, akibat tekanan belajar yang terlalu tinggi.

Sebenarnya tidak se-ekstrem itu di dalam kenyataannya. Negara Korea Selatan sendiri sudah sangat maju di dalam bidang pendidikan dan juga teknologi. Oleh karena itu persaingan untuk mendapatkan pekerjaan menjadi semakin meningkat.

Setiap siswa pasti memiliki bakat yang ingin ia kembangkan maupun pengalaman yang ingin ia dapatkan. Jadi disamping persaingan nilai yang ketat murid korea selatan juga mengikuti kegiatan serupa seperti kegiatan ekstrakulikuler. Tidak sedikit dari murid korea selatan juga mengikuti kegiatan sukarelawan agar dapat memberikan nilai tambah (coba kalo diterapkan di indonesia ya)

Tidak main-main persaingan murid korea selatan di dalam nilai. Hanya berbeda ‘nol koma satu’ saja sudah bisa menurunkan ranking. Sehingga bagi murid korea selatan nilai adalah hidup dan mati. Lalu apakah yang murid korea selatan lakukan hanya belajar saja? Tentu saja tidak.

Baca dulu : 21 Situs Download Film Drama Korea Subtitle Bahasa Indonesia


Tips Belajar Ala Korea Selatan


tips belajar korea selatan

Untuk tips-tips belajar yang murid korea selatan jelaskan ternyata cukup sederhana saja. Setiap orang memiliki waktu yang sama 24 jam sehari. Setiap manusia diberi waktu yang sama yaitu 24 jam dalam sehari. Lalu bagaimanakah cara murid korea selatan untuk membagi waktu tersebut?


1. Punya jam tidur teratur


Pelajar korea selatan biasanya akan mengambil 7 jam untuk tidur. Bukan tidur dengan keadaan gelisah akan tugas dan PR namun tidur yang benar-benar nyenyak dimana tubuh kita dapat beristirahat semaksimal mungkin. Kemudian murid korea selatan akan mengambil sekitar 13 hingga 14 jam untuk belajar.


2. Waktu belajar ekstra


Selama 13 jam yang murid korea selatan ambil murid korea selatan benar-benar belajar. Seperti misalnya di kelas murid korea selatan tidak boleh mengantuk dan harus benar-benar memperhatikan pelajaran yang diberikan oleh guru. Karena menurut murid korea selatan, murid korea selatan sudah mengambil waktu untuk tidur.


3. Dilarang mengantuk


Jadi murid korea selatan tidak boleh mengantuk di kelas. Sedangkan 3 sampai 4 jam yang tersisa murid korea selatan ambil untuk bermain ataupun bersistirahat. Jadi ketika waktu belajar maka harus belajar dengan sungguh-sungguh dan ketika waktu main maka murid korea selatan benar-benar melakukan refreshing.


4. Harus memiliki cita-cita


Mungkin masih banyak diantara kita yang belum memiliki tujuan hidup dan cita-cita. Ada orang yang telah memiliki rencana masa depannya dan ada pula murid korea selatan yang masih memiliki bayangan kosong tentang masa depan murid korea selatan.

Siswa-siswa di Korea pun juga ada yang masih merasakan hal serupa. Namun, ketika menyadari bahwa murid korea selatan belum memiliki cita-cita murid korea selatan tidak menyerah untuk belajar melainkan tetap belajar dengan sangat giat.


5. Belajar menjadi keharusan


Bagi pelajar korea selatan belajar adalah sebuah kebutuhan seperti ketika kita bernafas. Maka dari itu kita tetap harus belajar semaksimal mungkin sembari mencari tahu apa yang benar-benar kita sukai dan apa yang benar-benar kita impikan. murid korea selatan yakin bahwa suatu saat nanti usaha belajar murid korea selatan ini akan sangat dibutuhkan di masa depan.


6. Meyakini usaha tidak akan berkhianat


Mungkin kalian pernah atau bahkan sering mendengar kata-kata diatas. Menurut kebanyakan siswa siswi Korea selatan, semua hal yang terjadi di dalam hidupnya adalah berkat usahanya sendiri.

Oleh karena itu murid korea selatan sangat giat berusaha untuk mencapai kesuksesan karena murid korea selatan percaya kepada dirinya bahwa semua usaha yang telah di lakukannya tidak mungkin akan mengkhianatinya.

Jika kita sudah berusaha tetapi masih tetap tidak berhasil, murid korea selatan berfikir bahwa usaha yang murid korea selatan lakukan masih kurang. Namun bagi kita orang Indonesia yang beragama kita hanya perlu mengambil sisi positifnya dengan terus berusaha because hardwork never betrays.


7. Manajemen stress yang tepat


Stress adalah salah satu bagian atau paket dari kegiatan belajar. Stress karena terlalu lama belajar adalah hal wajar yang sering dialami oleh siswa terutama siswa yang akan menghadapi tes maupun ujian.

Stress adalah hal yang wajar karena memang otak kita lama-lama akan merasa tertekan ketika kita tidak bisa memahami pelajaran maupun stress karena tekanan. Siswa-siswa Korea menganggap bahwa itu adalah hal biasa. Ketika otak murid korea selatan sudah mencapai batasnya maka murid korea selatan akan mencari cara bagaimana untuk melawan stress tersebut maupun menghilangkan stress tersebut.

Ada yang menghilangkan stress dengan menyanyi di karaoke, ada yang menuangkannya dalam olahraga dan ada pula yang menghilangkan stress dengan cara mengingat-ingat cita-citanya.

Jadi bagi murid korea selatan stress sudah menjadi paket dalam kegiatan belajar oleh karena itu sepintar-pintarnya kita untuk menghilangkan rasa stress tersebut.

Baca juga : Nama Pekerjaan, Profesi dan Jabatan dalam Bahasa Korea


8. Menikmati masa muda  dibangku sekolah


Dulu aku mengira bahwa menjadi dewasa itu sangat menyenangkan. Waktu sekarang dimana kamu berada adalah waktu yang akan sangat kamu rindukan di masa depan nanti. Apakah kamu akan melewatinya begitu saja? Tidak ada mesin waktu di dunia nyata ini seperti yang ada di film dan drama.

Di masa depan, kalian tidak akan bisa merasakan bagaimana rasanya tidur di kelas ketika pelajaran terasa membosankan, kalian tidak akan bisa merasakan rasa bahagia ketika kelas kosong, kalian tidak akan pernah bisa merasakan suasana senang sedih di kelas kalian lagi.

Disaat kalian berjuang untuk mencapai cita-cita kalian nikmatilah masa-masa itu, karena penyesalan akan datang belakangan. Ketika kalian berada di kelas, cobalah kalian lihat teman kalian satu persatu. Betapa berharganya masa muda kalian.


9. Tetap santai dan konsisten menggapai impian


Inti dari kalimat tersebut adalah agar kalian tetap berusaha untuk menggapai cita-cita tetapi tetap santai. Santai dalam artian tidak melakukan segala cara agar cita-citamu dapat tercapai dan tidak merasa terburu-buru untuk menggapai mimpimu. Santai dengan terus berada di dalam jalur pencapaian cita-cita tetapi juga memperhatikan kehidupan di sekitarmu.


10. Menjaga asupan makanan yang bergizi


Anak-anak di Korea sangat mengutamakan yang namanya makanan yang bergizi dan mengandung vitamin yang nantinya akan mendukung kinerja otak mereka dalam menerima pelajaran dengan baik. Oleh karena itu untuk mendukung pendidikan yang lebih baik maka orang tua seharusnya mempersiapkan asupan makanan yang bergizi kepada anak-anak mereka seperti di Korea


11. Sering berkonsultasi dengan orangtua


Para siswa dan siswi di Korea juga sangat sering untuk berkonsultasi dan berdiskusi masalah pendidikan mereka kepada kedua orang tua ketika berada di rumah. Mereka tidak segan untuk mengutarakan rencana mereka untuk kuliah atau melanjutkan studi bersama keluarga. Dengan demikian kamu akan mendapatkan hubungan yang lebih matang dari orang-orang di sekitarmu


12. Memanfaatkan waktu libur untuk produktif


Ketika waktu libur tiba para siswa dan siswi di negara Korea Selatan sering memanfaatkan waktu senggang mereka untuk membaca dan juga mengerjakan sesuatu yang lebih produktif seperti menulis atau berkarya positif yang bisa menambah kemampuan dan skill mereka


13. Mempersiapkan ujian dengan matang


Ketika hari hujan telah tiba mereka benar-benar sudah siap karena jauh hari sebelumnya mereka telah mempersiapkan diri dengan matang. Setiap soal-soal pembahasan mereka kerjakan dan bahasa satu persatu. Jangan tanyakan lagi apakah mereka memang sudah siap atau tidak karena para siswa di Korea sudah sangat siap ketika hari H telah tiba


14. Pantang menyerah


Tentu saja para siswa di Korea Selatan begitu juga di Jepang selalu bersifat pantang menyerah ketika belajar. Bagi mereka dengan pendidikan yang baik mereka akan mendapatkan karir yang cemerlang Ketika nanti memasuki dunia kerja. Pantang menyerah inilah yang membuat negara Korea maju dan bisa memiliki sumber daya manusia yang berkualitas seperti sekarang ini


15. Sering bekerja kelompok dan berdiskusi


Para siswa-siswi di negara Korea Selatan juga sangat sering untuk melakukan kerja kelompok serta berdiskusi mengenai suatu pelajaran. Mereka akan memberikan berbagai materi pembelajaran untuk dibahas bersama-sama dan mendapatkan solusi yang komprehensif

Baca juga : Kata Bijak dan Mutiara Bahasa Korea


Kata Penutup


Nah dengan sistem pembelajaran yang mungkin sedikit berbeda dengan yang ada di Indonesia Apakah sistem pendidikan di Korea Selatan bisa kita terapkan di Indonesia? Kamu bisa memberikan pendapatmu di bawah ini. Akan tetapi menurut saya pribadi kita tetap bisa meniru sisi positif dari orang-orang Korea dalam hal pendidikan

Jadi itulah beberapa tips belajar yang dilakukan oleh siswa-siswa di Korea Selatan. Belajar itu kewajiban bukan beban. Nikmatilah karena usaha kalian saat ini akan kalian petik di masa depan nanti. Jangan lupa bagikan artikel ini ya
harahap reza
harahap reza Saya adalah seorang content creator pemula yang masih banyak harus belajar hal baru