Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Bisnis Part Time Sambil Kuliah bagi Mahasiswa

Bekerja sambil kuliah atau bahkan bersekolah bisa menjadi pilihan bagi kamu yang memang memiliki jiwa wirausahawan sejak muda. Maraknya semangat enterpreneurship kini sudah menjadi trend bagi kalangan milenial khususnya di Indonesia. Dengan banyak munculnya pengusaha kreatif yang tergolong muda dan berbakat, maka menjadikan mimin dengan senang hati menulis artikel dengan tema seperti judul postingan diatas.
tips kerja sampingan

Pokok pembahasan ini mimin angkat karena generasi muda harus sudah berpikir maju ke depan dalam memajukan perekonomian nasional. Sebagai penerus bangsa, generasi milenial khususnya mahasiswa  harus peka dan peduli terhadap perekonomian mikro dan umkm yang semakin dilirik.

Melihat pengangguran yang begitu banyak karena kekurangan lapangan pekerjaan. Generasi muda harus mempunyai keberanian dan mampu mengambil risiko untuk membuka peluang usaha mandiri dengan tidak takut gagal dan ragu untuk memulainya. Generasi muda seharusnya menjadi penerus sekaligus penyelamat bagi perekonomian bangsa dan negara, untuk itu wirausaha bisa menjadi jalan yang mudah untuk dipilih oleh generasi muda.

Berwirausaha cukup dikatakan mudah untuk memulai dan menjalaninya dan berwirausaha akan berpengaruh besar terhadap masyarakat luas. Berwirausaha berarti membuka lapangan pekerjaan dan memberikan kesempatan bagi mereka yang pengangguran agar mempunyai pekerjaan, juga bisa membantu perekonomian negara.

Kita sebagai mahasiswa harus bisa terasa keberadaannya di lingkungan yang notabene warga asli. Setidaknya dengan berwirausaha berarti kita membuka peluang pekerjaan bagi mereka yang pengangguran dan bisa membantu mengurangi angka pengangguran di lingkungan sekitar.

Langkah-langkah untuk memulai berwirausaha itu harus diawali dengan niat yang kuat. Ketika sudah mempunyai niat yang kuat maka selanjutnya harus mengenali potensi diri, dengan cara mencari tahu apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan diri.

Baca juga : Tips Google Adsense Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Ketika sudah tahu apa kekurangan dan kelebihan diri, maka langkah selanjutnya adalah harus mengasah apa yang menjadi potensi diri. Yang terakhir harus bisa fokus dan bisa mempelajari keuangan secara detail. Apa saja yang menjadi penyebab ketika usaha menurun, dan harus bijak dalam mengatur keuangan?

tips kerja sampingan

Entrepreneur yang sukses mempunyai tanda-tanda atau kemampuan sebagai berikut seperti berani beraksi dalam satu hal atau bisa mengambil keputusan yang tepat dan menyukai tantangan, yang selanjutnya adalah fokus, banyak akal, tidak ragu, optimistis, dapat beradaptasi, cepat belajar, dan mau mendengar. Inilah tanda atau sikap yang harus dilakukan oleh seorang entrepreneur jika akan menggapai kesuksesan.

Baca juga : Tips Hemat Menabung Untuk Membeli Rumah

Tips memulai bisnis sambil bekerja bagi mahasiswa


Nah beranjak dari peluang bisnis yang berdasar pada problematika diatas, kamu juga bisa memulai tips kerja sampingan dibawah ini :

1. Cari masalah disekitarmu untuk dikembangkan menjadi peluang bisnis


Mencari masalah menjadi salah satu hal yang terpenting dalam menentukan bisnis sampingan mu. Carilah masalah yang bisa diatasi dan berpeluang untuk dijadikan bisnis, seperti disaat sekolah mu membutuhkan media promosi untuk membuka murid baru, kamu bisa mengajukan jasa promosi lewat internet dan media sosial mu melalui sistem endorsment, misalnya.

2. Mulailah dengan modal kecil dan keberanian untuk merintis


Memulai bisnis adalah langkah terpenting. Percuma saja kamu belajar bisnis secara teori, namun kamu tidak memulai bisnis sampinganmu. Dengan modal kecil, kamu sudah bisa menjual beberapa barang kecil kebutuhan teman-teman sekolahmu seperti buku pelajaran bekas, perlengkapan menulis atau makanan ringan.

Begitu juga dengan mahasiswa, bisa mendirikan beberapa stand yang menjual barang atau makanan unik, pemasaran bisa melalui konvensional dan online. Pokoknya barang barang second hand menjadi pilihan yang bisa menjadi sumber penghasilanmu.

3. Mencoba bisnis minim modal seperti reseller dan dropship


Modal memang menjadi kendala ketika memulai bisnis saat menjadi mahasiswa. Maka dari itu memilih jenis bisnis yang cocok adalah suatu keharusan. Bisnis seperti dropship adalah alternatifnya. Pilih barang yang sedang atau akan trend. Maksimalkan promosi melalui media sosial seperti  instragram dan whatsapp bisnis.

Fleksibel lah dalam menjual barang yang sedang diminati orang banyak. Dengan demikian bisnis ini akan tetap berjalan sekali pun kamu sedang duduk dibangku kuliah. Karena memang setiap aktifitasnya bisa dilakuan dari rumah atau kampus.

4. Seimbangkan antara belajar dan berbisnis


Jangan lupa, kamu adalah seorang pelajar atau mahasiswa yang memiliki tujuan utama untuk belajar. Bisnis adalah aktifitas sampinganmu. Jangan terbalik. Oleh karena itu berbisnis merupakan langkah untuk menambah pengalaman dan pemasukanmu selain hanya mengandalkan uang dari kedua orang tua.

5. Jangan lupa investasi dan berbagi kepada sesama


Setelah bisnis sampinganmu terbilang sukses, dan kamu sudah bisa menghasilkan passive income, kamu juga harus berbagi untuk sesama. Karena ada hak orang lain pada penghasilanmu juga. Kamu bisa menyisihkan juga penghasilanmu untuk menabung dan mempersiapkan masa depanmu nantinya.

Lihat juga : Peluang bisnis trading forex bagi mahasiswa yang perlu dicoba

Pada akhirnya berbisnis sambil kuliah dan sekolah adalah opsi yang menguntungkan buat kamu yang ingin segera berlepas dari sokongan orang tua. Tidak ada salahnya untuk mencoba hidup mandiri demi mempersiapkan masa depan yang terbilang cukup keras nantinya. Janga lupa untuk berkomentar dibawah ini ya.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya