lomba blog traveloka

Peran Mahasiswa dalam Lingkungan dan Energi Nasional

Mahasiswa, Hemat, Bahan, Bakar, Minyak

Semangat jiwa muda! Setiap generasi milenial tentunya memiliki harapan untuk sukses dan berkarier sesuai dengan passion yang disukai. Tulisan kali ini semoga dapat menginspirasi mahasiswa dan jiwa muda lainnya untuk melakukan sesuatu hal yang positif, seperti Pertamina. Ya, Pertamina dengan semboyan Langit Biru yang selalu berusaha bekerja yang terbaik untuk bangsa dan dengan semangat pantang menyerahnya.

Mengapa perlu menjadi Generasi Langit Biru? Karena sudah tidak zamannya lagi apatis dengan keadaan sekitar. Sebagai agent of change, mahasiswa dan anak muda Indonesia dinilai perlu berkontribusi dalam membangun lingkungan menuju prinsip Good Environment and Sustainability.

Oleh karena itu saya menilai tepat bahwa mahasiswa bisa berkontribusi mewujudkan main goal-nya Pertamina, yaitu menjadikan lingkungan yang lebih baik dan bersih. Karena pada saat ini, Pertamina tengah mengusung mega proyek pembangunan kilang minyak terbesar se-Asia Tenggara yang diberi nama Proyek Langit Biru Cilacap (PLBC). Dengan pembangunan kilang minyak ini nantinya diharapkan konsumsi BBM dalam negeri sudah harus beralih dari Premium (RON 88) menuju Pertamax (RON 92).

Apa yang bisa kita perbuat demi mendukung tujuan Pertamina tersebut? Simak beberapa langkah penting ini :

Hemat konsumsi bahan bakar

Karena kita merupakan pemakai kendaraan bermotor terbanyak, maka penggunaan bahan bakar tidak bisa dihindari. Berhemat adalah salah satu solusinya. Dimulai dari kita yang menggunakan bahan bakar dengan RON tinggi guna menjaga mesin dan lingkungan tentunya.

Sebisa mungkin memanfaatkan transportasi umum untuk mobilitas sehari hari. Meskipun Pertamina merupakan salah satu perusahan minyak terbesar dan saat ini tengah mengadakan Proyek Langit Biru Cilacap (PLBC), kita tidak bisa menggunakan bahan bakar seenaknya tanpa memperdulikan kondisi minyak yang semakin menipis.

Konsisten dalam berkarya

Pertamina sebagai pemasok bahan bakar utama di Indonesia selalu berkarya lewat pembangunan yang berkesinambungan. Kita sebagai generasi milenial harus bisa membuktikan bahwa kita bisa turut andil menjadi tenaga ahli dan bekerja demi bangsa.

Berbagai inovasi yang kita temukan akan membantu dalam setiap proses perwujudan ketahanan energi. Selain itu, konsisten dalam bekerja dan mendukung setiap kebijakan strategis yang diambil oleh Pertamina juga merupakan langkah yang tepat untuk mempercepat pembangunan energi nasional.

Peningkatan Indeks Perilaku Peduli Lingkungan

Indeks Perilaku Peduli Lingkungan merupakan gabungan dari 5 indeks yaitu penggunaan listrik, perilaku membuang sampah, pemanfaatan air, konsumsi barang, dan perilaku terkait emisi karbon. Peningkatan indeks terkait emisi karbon dinilai perlu untuk demi peningkatan indeks perilaku peduli lingkungan secara keseluruhan.

Peduli lingkungan sekitar

Pertamina jelas peduli dengan lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan adanya Proyek Langit Biru Cilacap (PLBC). Kita sebagai anak muda bangsa juga seharusnya tidak boleh apatis terhadap lingkungan sekitar. Mulailah lakukan hal hal positif yang bisa mengubah keadaaan sekitarmu. Ajak orang lain untuk berbuat positif demi mewujudkan tujuan Pertamina tersebut.

Peduli lingkungan dimulai dengan hal - hal kecil seperti mematikan lampu dan alat-alat elektronik yang tidak terpakai, menjaga lingkungan tetap bersih dari sampah serta aktif dalam kegiatan gotong royong juga merupakan bentuk partisipasi nyata kita untuk menjaga keseimbangan lingkungan.

Kita semua berada di bawah langit biru Indonesia. Langit biru yang memberikan kita kehidupan yang enak. Udara bersih yang mendukung kesehatan penduduk. Bayangkan bila penggunaan energi sudah merenggut hak bernafas kita. Dibutuhkan biaya subsitusi untuk memperbaiki kembali udara kita yang rusak. Oleh karena itu penggunaan energi berkualitas seperti Pertamax perlu diterapkan dalam transportasi kita.

Sebagai generasi yang melek teknologi, kita tentu berharap agar tetap bisa menggunakan energi tanpa merusak lingkungan. Karena keberlangsungan energi fosil kita terbatas, diperlukan efisiensi energi yang diharapkan dapat diterapkan menjadi gaya hidup yang berorientasi ramah lingkungan. Dengan demikian kita tetap produktif dalam bekerja dan membangun ekonomi bangsa.

Kepercayaan kita bahwa energi digunakan demi kelangsungan hidup dan masa depan bisa terjaga dengan cara pengaplikasian diatas. Pengerjaan Proyek Langit Biru Cilacap (PLBC) adalah bukti nyata Pertamina dalam menjaga kualitas hidup yang lebih baik. Oleh karena itu kita tentu berharap agar proyek ini menjadi pionir pengembangan bahan bakar berkualitas yang berkelanjutan.



G+

0 Response to "Peran Mahasiswa dalam Lingkungan dan Energi Nasional"

Post a Comment