Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengerjakan Soal CPNS 2023 Supaya Lulus Tahun Ini

Bagaimana caranya mengerjakan soal cpns menggunakan sistem cat dan lulus tahapan SKD dan SKB tahun 2023 ini? Bagi kamu yang belum berhasil dalam test computer assisted pns (calon pegawai negeri sipil) tahun ini, mungkin masih ditangguhkan kesuksesannya dan diarahkan kepada profesi lain yang lebih baik dari Pegawai Negeri.

Bila kamu bersikukuh tetap ingin menjadi seorang pegawai abdi negara (Civil Servant) maka tidak ada salahnya mencoba bocoran soal cpns yang akan mimin berikan dibawah ini. Karena banyak orang yang mengagungkan pegawai negeri, terutama calon mertua yang lebih ridho menantunya menjadi seorang PNS :)

Sebelum mendapatkan bocoran soal cpns, ada baiknya kita membahas mengenai sejarah CAT BKN PNS dulu. CAT CPNS (Computer Assisted Test) CPNS atau terjemahannya Tes Berbasis Komputer untuk Calon Pegawai Negeri Sipil ini awalnya digelar sejak tahun 2013

Sebagaimana Surat Edaran Nomor : SE/10/M.PAN-RB/08/2013 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Hingga kini, ujian online komputer ini sudah digunakan serentak di berbagai kota besar di Indonesia.

Sekilas kamu sudah pasti tahu mengenai teknis sistem CAT CPNS dan PPPK ini. Test Kompetensi Dasar (TKD) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan materi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika., UUD 1945, Tata Negara, Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah, Sejarah Indonesia, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pengetahuan dan Wawasan Umum,

Kemudian ada Test Intelegensi Umum (TIU) yang terdiri dari Kemampuan verbal berupa Test Synonim (persamaan kata); Test Antonym (lawan kata): Test Padanan hubungan kata; dan Test Pengelompokan kata,

Kemampuan numerik berupa Test aritmetik (hitungan) : Tes Seri angka, Test Seri huruf, Test Logika Angka, dan Test Angka dalam cerita, Kemampuan berpikir logis dan analisis Test Logika Umum berupa Tes Analisa Pernyataan, Test Kesimpulan Silogisme, dan Test logika Cerita.

Test Karakter Pribadi (TKP) terdiri dari jenis materi yaitu Test Integritas diri, Test Semangat berprestasi, Test Kreatifitas dan inovasi, Test Orientasi pada pelayanan, Test Orientasi kepada orang lain, Test Kemampuan beradaptasi

Tes Kemampuan mengendalikan diri, Test Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, Test Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, Test Kemampuan bekerja sama dalam kelompok dan Test Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Selanjutnya apabila kamu sudah dinyatakan memenuhi passing grade dan lulus dengan perangkingan seluruh indonesia, maka kamu akan mengikuti tes kedua, berupa TKB (Tes Kompetensi Bidang) sesuai dengan jabatan yang kamu lamar.

Sebenarnya ada banyak tips trik, dan kisi kisi soal cpns di internet mengenai bagaimana cara kamu mengikuti CAT CPNS ini dengan sukses dan baik benar. Tapi disini mimin akan kasih bocoran yang anti mainstream terkait ujian pegawai ini.

Baca juga :Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi CPNS Terbaru

Tips Lulus CPNS Tahun Ini

tips mengerjakan soal cpns

Penasaran dengan bocoran soal dan jawaban dari Bocoran Soal Jawaban Tes Calon Pegawai Terbaru? Yuk silahkan simak beberapa diantaranya seperti yang tercantum dibawah ini :

Perkuat niat dan motivasi


Lho, ini bukan kunci jawaban lho? Betul, Ini memang bukan kunci jawaban ujian CAT cpns yang sesungguhnya. Tetapi kamu perlu tahu kalau mengikuti ujian online tanpa niat dan motivasi yang kuat, maka Kamu akan bersiap mendapatkan nilai terburuk dengan konsekuensi tidak lulus pada tahap pertama.

Jadi jangan menyepelekan motivasi kamu sendiri. Berikan kekuatan dari dalam dirimu untuk selalu ingin menjadi yang terbaik, sukses dikemudian hari dengan status cpns mu yang didapat dari kerja keras ujian cat.

Percaya diri menghadapi CAT


PD alias percaya diri adalah kunci sukses yang kedua untuk menghadapi ujian online pegawai negeri. Kamu yang mendapatkan nilai jelek pada ujain tes gelombang yang lalu mungkin pernah merasakan keraguan, tidak teliti dan masih kurang percaya diri menjawab soal ujian tes pegawai negeri.

Jadi sekarang kamu mesti menghancurkan penghambat itu dan mulailah belajar seyakin mungkin bahwa kamu akan mendapat terbaik sesuai dengan usaha yang kamu lakukan. Karena Tuhan itu maha adil, bukan?

Hapal Esensi Materinya, Bukan Keseluruhan


Hal ini memang sedikit riskan bila kamu adalah tipe pelajar yang suka menghapal.Bagaimana mungkin kamu bisa mendapatkan nilai sempurna dalam ujian kepegawaian dengan menghapal semua materi? Andaikan kamu bisa, maka mimin yakin kamu akan lupa seketika bila menghadapi ujian pada hari H.

Manajemen Waktu Pra Ujian


Cara kamu belajar untuk ujian besok adalah bagaimana kamu mengatur waktumu. Kamu mesti mengatur ulang jadwal sehari hari mu untuk menghadapi test computer assisted ini.

Biasanya kamu sering main Mobile Legend pada tengah malam, sering main bareng gebetan di malam minggu, dan kegiatan lain yang mungkin bisa menghancurkan waktu belajarmu

Hilangkan itu semua dan mulailah membuat list tentang apa yang mesti dilakukan untuk seminggu atau dua minggu kedepan sebelum ujian tiba. Karena persiapan adalah segalanya. Jadilah orang yang matang untuk menghadapi CAT cpns ini.

Berlatih Rutin dan Serius


Tidak ada yang menyangkal kalau latihan merupakan inti dari kesuksesan. Tidak ada hasil instan, kecuali kamu berbuat curang. Dan jangan sekali kali curang bila tidak ingin masuk penjara. Berlatih akan membiasakan dirimu dalam mengerjakan soal soal tersebut tanpa merasa kaku dan canggung lagi.

Jangan Fokus pada Satu Soal Saja


Ini memang menjadi tips umum di semua ujian. Jangan habiskan waktumu dalam mengerjakan tes cat hanya dalam satu soal saja. Karena kamu harus mengerjakan 100 soal dalam waktu 1 setengah jam alias 90 menit. Manajemen waktu adalah kuncinya.

Doa dan Restu Orang Tua adalah Segalanya


Jangan lupa berdoa sebelum ujian. Doa dalam mengerjakan soal ujian adalah salah satu penenang dalam mengerjakan ujian.

Kamu akan diberikan petunjuk cara oleh yang maha kuasa dalam menjawab soal ujian dengan cepat, benar dan benar benar tenang. karena kamu akan yakin, kalau usaha mu selama ini tidak akan menghianati hasil.

Pada akhirnya kamu sudah melakukakn semua diatas, maka menyerahkan kan kepada yang maha kuasa adalah pilihan terbaik.

Bila memang kamu tetap mengalami kegagalan dalam ujian masuk pegawai tahun ini, maka ada baiknya mempertimbangkan opsi membuka usaha, menjadi seorang enterpreneur sukses dengan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Baca juga : Contoh Soal dan Jawaban Tes Wawasan Kebangsaan CPNS Terbaru

Caranya? mimin tidak usah kasih tau, karena ada banyak tips dan tutorial cara berbisnis dengan modal kecil di google. Demikian artikel mengenai Bocoran Soal Jawaban Tes Calon Pegawai Terbaru, semoga bermanfaat!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya