Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Hidup Sehat Anak Kos Supaya tidak Sakit

Sakit adalah mekanisme perlawanan tubuh terhadap resiko infeksi berbagai kuman yang menyerang sistem pertahanan. Bagi anak kost, sakit memang tidak terelakkan. Ada berbagai faktor penyebab kenapa anak kost bisa sering terkena sakit seperti flu, demam dan kanker (kantong kering), salah satunya adalah pola hidup yang kurang sehat. Dan oleh karena itu kali ini kosngosan akan memberikan beberapa tips buat kalian supaya bisa menjaga kesehatan di kota perantauan. Penasaran? yuk simak pembahasannya dibawah ini.

Apa yang terjadi bila anak kos sakit? demam? flu? pilek? terkena batuk? cacar? penyakit kulit? mager? bahkan kanker? yang terakhir mungkin terdengar ekstrim, tapi percayalah itu adalah penyakit anak kost yang paling sering terkena terutama saat akhir bulan :v (kantong kering!)

Feeling sick? Bad? Ill? Badmood? Badan meriang? Tidak enak badan? mungkin itu adalah sebagian dari fenomena sakit nya anak kost zaman now. Tapi memang sangat berbeda bila anak kost sakit di perantauan dibanding bila anak kost sakit di rumah sendiri.

Penyebab lain dari sakitnya anak kost ialah sebab pergantian musim dari kemaru ke hujan juga sebaliknya hujan ke kemarau, situasi ini menyebabkan kuman yang ada bertumbuh dengan kencang dan bisa menyerang metode imun di dalam tubuh bila situasi kita tak membaik.

Serius. Apa yang pertama akan dilakukan bila menemukan diri sendiri sakit? Lakukan lah hal dibawah ini (perhatian, mimin hanya akan memberikan tips mengobati penyakit umum seperti tidak enak badan dan semua gejala penyakit awal. Bila sakit berlanjut, segera hubungi dukun, eh dokter terdekat. Jangan sampai terlambat mengobati penyakit mu itu.

Baca juga : Download lagu dan lirik Anak Kost disini


Mengapa Tubuh bisa Sakit?


anak kost sakit

Sakit merupakan suatu gangguan dalam fungsi normal individu sebagai totalitas termasuk keadaan organisme sebagai sistem biologis dan penyesuaian sosialnya. Atau kita bisa juga mengartikan sakit sebagai keadaan yang tidak menyenangkan yang menimpa kita sehingga menimbulkan gangguan aktivitas sehari-hari baik itu dalam aktivitas jasmani, rohani dan sosial.

Siapa sih yang suka sakit? Mungkin kamu bisa pura pura sakit waktu sekolah hanya untuk mendapatkan libur satu atau dua hari. Tetapi sekarang, bagi anak kost, sakit itu sungguh menjadi penderitaan.

Kenapa? Berbeda saat kamu waktu sekolah, ketika sakit, kamu masih bisa mengharapkan perhatian dan kasih sayang orangtua yang ada dirumah. Nah ketika kamu sudah menjadi anak kost, kamu musti merawat diri sendiri. Untung-untung ada kawan yang merawat kamu. Tapi tentu tidak ada yang selembut dan senyaman Ibu, bukan?

Sakit sejatinya adalah teguran tubuh kepada kita yang tidak bisa menjaga kesehatan. Hampir semua orang pernah merasakan sakit. Tapi tergantung daya tahan kita sendiri untuk menghadapi nya. Nah, ada yang bilang bahwa kesehatan itu adalah nikmat terbesar yang tuhan berikan. Betul sekali! Karena kalau sudah sakit, kamu tidak akan merasakan enaknya tidur, makan, BAB atau aktifitas normal lainnya.


Tips Mencegah datangnya Sakit


Sehat dan sakit adalah memang manusiawi tentunya. Dan kita semua tentunya tidak terlepas dari kedua hal tersebut. Keadaan sehat pastinya akan selalu kita inginkan dalam menjalani kehidupan ini. Akan tetapi mengalami penyakit juga tidak akan dapat kita hindari 100%.

Maka dari itu, mencegah sakit datang adalah jalan terbaik. Kamu masih ingin sehat bukan? Ayo segera ikuti tips yang kosngosan berikan dibawah ini untuk kalian yang saat ini tengah jauh dari orang tua, alias ngekos.

Fenomena Anak Kost Sakit


Mengonsumsi Makanan Bergizi


Dengan kita banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi karenanya akan bisa menolong meningkatkan kekebalan tubuh kita. Makanan yang banyak mengandung vitamin akan menolong fungsi tubuh berjalan dengan normal.


Rehat yang Berkualitas


Melawan meriang dan sakit yakni dengan sistem beristrirahat yang cukup, dengan kita rehat karenanya tubuh juga akan ikut serta rehat dan bisa megambalikan stamina. Istilahnya re-charge.
Ketika kita telah menikmati gejala akan timbulnya meriang segeralah rehat di rumah untuk mencegah meriang supaya tak lebih parah.


Hindari Kebiasaan tidak sehat Seperti merokok dan begadang


Kebiasaan mu adalah refleksi dari sifat mu. Oleh karena itu kamu yang masih suka minum minuman kaleng, merokok, keseringan makan mie instan, junk food ditambah begadang bermain game online, maka bersiap lah menunggu penyakit datang.

Sebisa mungkin kurangi dan minimalisir kebiasaan buruk tersebut. Lakukanlah kegiatan yang lebih positif seperti bermain futsal bareng teman teman, jogging di sore hari, melakukan olagraga yang kamu sukai dan aktif di berbagai organisasi kampus.


Banyak Minum Air Putih


Memang benar khasiat yang diberi air putih bagi tubuh, kecuali dapat membikin pencernaan lancar air putih juga dapat dibuat sebagai diet natural yang sungguh-sungguh tepat sasaran. Ketika kita mengalami keadaan tubuh seperti meriang sianjurkan untuk banyak mengonsumsi air putih sebab bisa menggantikan cairan tubuh yang sirna dan bisa seketika memulihkan keadaan tubuh.

Hindari minum minuman yang manis dan bersoda sekiranya tubuh menikmati meriang. Kecuali air putih dapat juga mengonsumsi teh hangat atau teh panas sebab teh memang sungguh-sungguh baik bagi kesehatan dan memulihkan badan yang terkena meriang supaya dapat seketika normal.


Banyak Makan Sayur, Buah dan Makanan berserat


Makanan instan memang sangat praktis dan enak. Tapi tahukah kamu bahwa makanan instan seperti mie dan minuman itu sangat tinggi natrium dan kalorinya? Itu akan merusak peredaran darah dan menganggu asupan nutrisimu. Sebisa mungkin konsumsilah sayuran dan buah buaahan. Selingi dengan makanan berserat tinggi seperti rumput laut atau agar agar.


Jangan Pikirkan Tugas dan Beban dengan berlebihan


Stress kamu akan tugas yang berkelanjutan mungkin saja menjadi penyebab kamu mengalami tidak enak badan, alias sakit dan meriang. Oleh karen itu jangan sampai fokus terhadap tugas yang bisa bikin pusing. Sejenak lupakan itu dan istirahatlah.

Lihat juga : Daftar penderitaan anak kost yang tidak diketahui banyak orang


Kata Penutup


Kesehatan sungguh mahal harganya. Oleh karena itu, sebagai anak kost, kamu tidak boleh menyepelekan pola hidup sehat, karena ini akan menjadi salah satu investasi jangka panjangmu. Oke demikian informasi untuk menyembuhkan kamu anak kost yang sedang sakit. Bagi kamu yang anak kost, mahasiswa dan pelajar jangan llupa untuk menjaga kesehatan. Karena kesehatan itu sangat mahal harganya. Merupakan nikmat terbesar yang diberikan Tuhan.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya