Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Integrasi Nasional dan Faktor Pendorongnya

Apa itu integrasi nasional? Integrasi Nasional (National Integrated) merupakan sekumpulan upaya yang menciptakan process mempersatukan (unite) perbedaan yang terdapat pada suatu bangsa atau negara sehingga terbentuklah suatu keserasian dan keselarasan dalam ruang lingkup negara atau bangsa tersebut.

Kamu yang sedang mencari Makalah Integrasi Nasional bisa mengunjungi kosngosan untuk mendapatkan materi dan makalah yang kamu cari berikut. Sebelum mendownload Makalah Integrasi Nasional ada baiknya kita membahas sekilas mengenai Integrasi Nasional seperti apa.

Seberapa penting sih integrasi nasional tersebut ? Bisa dikatakan sebagai perekat untuk mempersatukan kemajemukan dan pluralitas yang ada di tengah tengan masyarakat Indonesia.

Karena seperti yang kita ketahui, indonesia terdiri dari berbagai suku dan kebudayaan di berbagai daerah. Apabila kita tidak bisa menciptakan integrasi nasional, maka kekuatan persatuan indonesia akan melemah

Kemungkinan terburuknya adalah banyaknya gerakan sepratis yang menginginkan pemisahan dari NKRI, atau banyaknya pihak asing yang mencoba menganggun stabilitas nasional.

Hal tersebut tentunya akan merugikan diri kita sendiri. Oleh karena itu, mempelajari integrasi nasional perlu untuk mengetahui seberapa pentingnya hal ini.

Baca DULU : Kasus Pelayanan Administrasi Publik di Indonesia


Makalah Integrasi Nasional


Makalah Integrasi Nasional

Integrasi Nasional adalah upaya mempersatukan Indonesia yang terkenal majemuk dan plural. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan integrasi sebagai pembauran sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh atau bulat.

Sedangkan istilah “Nasional” mempunyai pengertian kebangsaan, Berkenaan atau berasal dari bangsa sendiri dan meliputi suatu bangsa, misalnya cita-cita nasional, tarian nasional, perusahaan nasional dan lain sebagainya.

Secara Politis Integrasi Nasional

Hal ini berarti penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional.

Secara Antropologi Integrasi Nasional

Hal ini berarti bahwa proses penyesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu kesatuan fungsi di dalam kehidupan masyarakat

Dalam Makalah Integrasi Nasional ini, kamu akan mendapatkan materi tentang cara memahami Pengertian Integrasi Nasional, Mengetahui Pentingnya Integrasi Nasional, mengetahui Strategi Dalam Integrasi Nasional, Memahami Faktor-Faktor Integrasi Indonesia, Untuk Memahami Integrasi Nasional Di Indonesia dan berbagai contoh wujud integrasi nasional.

Kita ketahui dengan wilayah dan budaya yang melimpah, menjadikan bangsa indonesia akan menghasilkan karakter atau manusia manusia yang berbeda pula sehingga dapat mengancam keutuhan bangsa Indonesia.

Ada banyak Faktor-faktor pendorong integrasi nasional yang bisa kita lakukan. Dan itu semua adalah upaya kita dalam menciptakan integritas kemandirian bangsa, menjaga nilai nilai "Bhinneka Tunggal Ika"

Berikut adalah contoh pendorong terjadinya integrasi nasional :

  • Adanya rasa keinginan untuk bersatu agar menjadi negara yang lebih maju dan tangguh di masa yang akan datang.
  • Adanya sikap kedewasaan di sebagian pihak, sehingga saat terjadi pertentangan pihak ini lebih baik mengalah agar tidak terjadi perpecahan bangsa.
  • Adanya rasa senasib dan sepenanggungan
  • Adanya rasa dan keinginan untuk rela berkorban bagi bangsa dan negara demi terciptanya kedamaian
  • Rasa cinta tanah air terhadap bangsa Indonesia
  • Adanya rasa untuk tidak ingin terpecah belah, karena untuk mencari kemerdekaan itu adalah hal yang sangat sulit.

Pada akhirnya Integrasi nasional sangat penting untuk diwujudkan dalam kehidupan masyrakat Indonesia dikarenakan Indonesia merupakan negara yang masih berkembang atau dapat dikatakan negara yang masih mencari jati diri.


Hubungan Integrasi Nasional dengan Bhinneka Tunggal Ika


Apa relasi antara integrasi nasional dengan prinsip bhinneka tunggal ika? Tentu saja dalam prinsip "Berbeda beda tapi tetap satu jua" menjadi salah satu upaya dalam integrasi nasional.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Indonesia terdiri dari Kebhinnekaan Mata Pencaharian, Kebhinnekaan Ras, Kebhinnekaan Suku Bangsa, Kebhinnekaan Agama dan Kebhinnekaan Budaya yang menjadikan Proses Integrasi Nasional semakin dipermudah dengan adanya prinsip dasar ini didalam Pancasila.

Jadi bisa disimpulkan bahwa Kebhinnekaan bangsa Indonesia merupakan wujud nyata dari implikasi nilai yang ada dalam ideologi Pancasila dan juga melandasi terwujudnya Integrasi Nasional bangsa Indonesia itu sendiri


Download Contoh Lengkap Makalah Integrasi Nasional disini

Panduan download :

Setelah kamu mengclick link dibawah ini, kamu akan diarahkan pada tab baru berisi halaman safelink. Tunggu lima detik, kemudian klik link yang muncul. Kamu akan langsung mendapatkan filenya.

Baca juga : Contoh Masalah Sosial dalam Keluarga, Masyarakat, Tempat Kerja


Kata Penutup


Selain itu, integrasi nasional sangat penting untuk diwujudkan karena integrasi nasional merupakan suatu cara yang dapat menyatukan berbagai macam perbedaan yang ada di Indonesia. Semoga saja dengan menerapkan poin penting sila ke tiga pancasila dalam kehidupan sehai hari, kita bisa mencapai integrasi nasional yang matang

Demikian materi pembahasan kita seputar integrasi nasional di Indonesia, terimakasih telah berkunjung di kosngosan. Jangan lupa untuk share materi ini ke teman teman mu yang lain di media sosial, salam sukses dari admin kosngosan
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya