lomba blog traveloka

Tips Sukses Mengikuti Olimpiade

Tips Sukses Olimpiade | Kosngosan

Tips Olimpiade
Tips Olimpiade
Berbagai Panduan, Tips dan Cara dalam Mengikuti dan Mengerjakan Soal Olimpiade Terbaru ada di kosngosan. Pengertian olimpiade yang akan mimin berikan berbeda dengan olimpiade olahraga yang berasal dari negara Yunani. Olimpiade yang dibahas ini adalah tentang olimpiade akademik yang sering digelar pada berbagai bidang ilmu dengan berbagai level daerah.

Dikutip dari laman WikiPedia, Olimpiade Sains merupakan sekelompok kompetisi berbagai tingkat yang diselenggarakan tiap tahun di berbagai cabang sains. Kompetisi-kompetisi ini dirancang untuk siswa terbaik, yang diseleksi lewat Olimpiade Sains Nasional untuk kemudian diikut sertakan kedalam Olimpiade Sains Internasional pada masing-masing negara.

Ada beberapa cabang olimpiade sains seperti  Olimpiade Matematika, Olimpiade Fisika, Olimpiade Kimia, Olimpiade Informatika, Olimpiade Biologi, Olimpiade Filosofi, Olimpiade Astronomi, Olimpiade Geografi, Olimpiade Linguistik, Olimpiade Sains Junior, Olimpiade Astronomi dan Astrofisika dan Olimpiade Kebumian.

Selain Olimpiade sains, ada banyak juga olimpiade cabang ilmu pengetahuan lainnya seperti olimpiade ekonomi dan akuntansi. Berbagai olimpiade ini digelar pada waktu tertentu dengan mekanisme tertentu pula.

Nah, bagi kamu yang hendak atau sedang mengikuti kompetisi olimpiade, ada baiknya kamu persiapkan diri untuk menghadapinya, beberapa bocoran persiapan ini bisa kamu lakukan diantaranya :

Mengatur Kembali Minat dan Motivasi kamu Mengikuti Olimpiade

Segalanya berasal dari sini. Kamu tidak akan pernah sukses menghadapi Olimpiade bila kamu sendiri tidak mencintai bidang yang kamu ikuti. Pastikan kamu benar benar enjoy dengan salah satu bidang yang kamu yakini akan tekun didalam belajar.

Kamu juga butuh motivasi dari diri sendiri agar terbiasa belajar tanpa paksaan. Olimpiade tidak hanya sekedar belajar dan menjawab soal, tetapi juga ada tanggung jawab sekolah dan instutisi pendidikan yang kamu emban. Jadikan itu sebagai motivasi untuk menghadapi Olimpiade.

Percaya diri

PD alias percaya diri adalah kunci sukses yang kedua untuk menghadapi olimpiade. Jadi sekarang kamu mesti menghancurkan penghambat itu dan mulailah belajar seyakin mungkin bahwa kamu akan mendapatkan hasil yang terbaik sesuai dengan usaha yang kamu lakukan. Karena Tuhan itu maha adil, bukan?

Bentuk Kelompok Belajar yang Aktif

Belajar dengan teman mu yang memiliki kesukaan yang sama akan mata pelajaran yang akan menjadi bidangmu dalam mengikuti Olimpiade, adalah suatu keniscayaan. Lakukan diskusi kelompok dengan berbagai materi yang diperlombakan, untuk menajamkan kembali materi yang kamu telah pelajari di sekolah. Jangan salah pilih teman kelompok. Pilihlah anggota yang benar benar aktif dan tau fungsi dan tugasnya masing masing.

Manajemen Waktu pra Olimpiade

Cara kamu belajar untuk menghadapi Olimpiade adalah bagaimana kamu mengatur waktumu. Kamu mesti mengatur ulang jadwal sehari hari mu untuk menghadapi Olimpiade ini. Biasanya kamu sering main Mobile Legend pada tengah malam, sering main bareng teman di malam minggu, dan kegiatan lain yang mungkin bisa menghancurkan waktu persiapanmu.

Hilangkan itu semua dan mulailah membuat list tentang apa yang mesti dilakukan untuk seminggu atau dua minggu kedepan sebelum Olimpiade tiba. Karena persiapan adalah segalanya. Jadilah orang yang matang untuk menghadapi Olimpiade kali ini. Jangan pernah kecewakan pihak yang memberikan kepercayaan penuh ini kepadamu.

Hapal Esensinya, Bukan Keseluruhan Materinya

Hal ini memang sedikit riskan bila kamu adalah tipe pelajar yang suka menghapal. Bagaimana mungkin kamu bisa mendapatkan hasil Olimpiade  yang memuaskan dengan menghapal semua materi? Andaikan kamu bisa, maka mimin yakin kamu akan lupa seketika bila menghadapi Olimpiade pada hari H kemudian.

Buatlah Outline atau gambaran garis besar tentang materi pokok. Lakukan analisis dan carilah metode tercepat yang menjadi alternatif supaya kamu bisa belajar memahami materi lebih cepat dari biasanya.

Konsultasi dengan Guru Pembimbing

Ini adalah langkah solutif apabila kamu mentok pada materi yang akan kamu hadapi pada Olimpiade mendatang. Guru akan senantiasa membantumu untuk memahami materi nya. Jangan sungkan untuk bertanya. Karena biasanya piha sekolah akan memberikan insenti tertentu pada guru bidang pelajaran khusus karena dinilai lebih kompeten dalam mentransfer ilmunya kepada mu.

Keep Practice

Karena latihan, kamu menjadi terbiasa menghadapi tekanan Olimpiade yang berbeda dari ujian biasa di sekolah. Olimpiade menghadirkan ratusan bahkan ribuan peserta. Latihlah dirimu untuk sebiasa dan senyaman mungkin dalam mengerjakan soal Olimpiade. Berlatih mengerjakan berbagai soal yang berbeda tiap harinya akan mensimulasikan otakmu untuk menganalisis hasil terbaik dari beberapa kemungkinan jawaban yang tepat. Jadi, jangan malas latihan.

Berdoa dan Minta Restu Orang Tua

Jangan lupa berdoa sebelum mengikuti Olimpiade. Berdoa adalah “Invisible Power”. Berdoa kepada Tuhan dan minta restu kepada orangtua di rumah dan sekolah adalah hal yang utama. Dalam mengerjakan soal Olimpiade kamu dituntut untuk tenang. Kamu akan diberikan petunjuk oleh yang maha kuasa dalam menjawab soal Olimpiade dengan lancar. karena kita yakin, kalau usaha mu selama ini tidak akan pernah menghianati hasil.

Pada akhirnya kamu akan mengikuti Olimpiade, baik dalam tingkat sekolah, kecamatan, kota/kabupaten, nasional hingga internasional mewakili Indonesia. Jangan lupa untuk selalu rendah hati kemana pun kita pergi. Karena ilmu itu ibarat padi, semakin berisi semakin menunduk.

Demikian artikel mengenai Cara Supaya Berhasil Mengikuti Olimpiade akademik. Semoga bermanfaat bagi kamu yang hendak mengikuti Olimpiade.


G+

0 Response to "Tips Sukses Mengikuti Olimpiade"

Post a Comment

/* Script Adblock */