Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Bantuan Dana Hibah Untuk Lembaga dan Perorangan

Bagaimana cara mendapatkan dana hibah untuk lembaga atau perorangan terbaru? Mendapatkan bantuan berupa dana hibah bisa menjadi pilihan untuk sumber pembiayaan tertentu. Berikut kosngosan akan membahas mengenai cara untuk memperoleh bantuan dana berupa hibah untuk digunakan dalam berbagai kepentingan positif yang dirasakan manfaatnya secara bersama-sama.

Mencari dana hibah bukanlah perkara gampang. Ada banyak sumber dana yang menjadi pilihan seperti bantuan dana pemerintah, luar negeri dan lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis. Dan kali ini, kita akan mencoba peluang mendapatan bantuan dana cuma cuma atau yang biasa kita sebut dengan dana hibah.

Hibah berasal dari huruf Arab yakni ha di-kasrah dan ba tanpa syiddah berarti memberikan (tamlik) sesuatu kepada orang lain tanpa meminta imbalan atau pamrih. Secara etimologis berarti melewatkan atau menyalurkan. 

Jadi dapat disimpulkan pengertian hibah merupakan pemberian yang dilakukan oleh seseorang (bisa individu atau kelompok) kepada pihak penerima yang dengan pelaksanaan pembagiannya dilakukan pada waktu penghibah masih hidup.

Ada banyak jenis dan tujuan penggunaan bantuan dana hibah, diantaranya untuk kepentingan pendidikan, kepentingan agama, politik, sosial budaya dan tentu saja untuk pembiayaan modal usaha. Jelas sekali penggunaan hibah ini adalah untuk sesuatu yang positif dan membawa manfaat kepada si penerima hibah.

Kamu yang ingin mengembangkan bisnis mu melalui bantuan dana hibah, maka dapat melirik berbagai peluang seperti dibawah ini :


Contoh Bantuan Dana Hibah Terbaru

bantuan modal usaha terbaru

Modal dari Kementerian Koperasi dan UKM


Walaupun hibah bantuan sosial tahun kemarin sudah dihapuskan oleh pemerintah, namun Kementerian Koperasi dan UMKM tetap memberikan program khusus untuk wirausawan yang bertajuk wirausaha pemula. Adapun skema yang digunakan untuk bantuan pemerintah sesuai dengan amanat peraturan Menteri Keuangan Nomor : 168/PMK.05/2015 mengenai mekanisme pelaksanaan anggaran dari pemerintah pada kementerian atau lembaga

Adapun persyaratan yang sobat kosngosan penuhi secara individu memiliki rintisan usaha yang produktif atau minimal usahanya telah berjalan sejak enam bulan dan maksimal tiga tahun. Selain itu, usaha kamu juga belum pernah menerima bantuan sejenis dari Kemenkop dan UKM, memiliki usia maksimal 45 tahun, memiliki pendidikan minimal SLTP atau sederajat.

Selain itu kamu harus sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik yang berlaku, terdapat legalitas usaha (ijin usaha mikro kecil) dan surat keterangan dari kelurahan, pernah mengikuti pembekalan kewirausahaan yang dibuktikan dengan adanya sertifikat maksimal dua tahun sebelum tahun anggaran berjalan. Syarat terakhir adalah memiliki rencana usaha atau business plan juga memiliki rekeninng tabungan yang masih aktif.

Bila ingin mendapatkan info selanjutnya, silahkan kunjungi situs kementrian koperasi dan usaha kecil menengah di www.depkop.go.id


Bantuan dari Badan Ekonomi Kreatif


Bagi kamu yang memiliki startup atau usaha kreatif, bisa melirik bantuan dari Bekraf ini. Total dana hibah yang disiapkan mencapai sepuluh miliar untuk usaha di bidang kuliner, aplikasi digital, serta developer game.

Dana hibah berupa Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) adalah skema bantuan berupa modal nonperbankan yaitu penambahan modal kerja dan atau investasi aktiva tetap. Kamu bisa mendaftar secara online di situs Bekraf. Badan ini mengalokasikan dana untuk setiap pelaku usaha yang akan diberikan modal sebesar Rp200 juta.

Bila ingin mendapatkan informasi lebih lengkap dan aktual, kamu bisa segera mengunjungi situs nya dengan alamat www.bekraf.go.id


Bantuan CSR dari Perusahaan Swasta


Ada banyak perusahaan swasta yang memberikan bantuan melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) mereka. Seperti perusahaan perkebunan nasional, perusahan pertambangan, perusahaan perminyakan, perusahan transportasi dan lainnya.

Langkah yang tepat dengan mendatangi langsung perusahaan target kamu. Tanyakan ke bagian informasi dimana bagian atau unit kemitraan dan bina lingkungan. Biasanya mereka akan tertarik dengan bisnis yang unik dan kreatif serta mampu mendongkrak bisnis mereka juga. Kamu akan diberikan proposal yang harus diisi sesuai dengan usaha yang digeluti.

Sobat kosngosan harus memiliki laporan keuangan perusahaan minimal satu tahun. Laporan keuangan ini digunakan untuk mengetahui jumlah asset, omset dan laba usaha. Serta buatlah business plan yang sederhana yang bisa menarik perhatian mereka.


Hibah dari Saudara atau Rekan Bisnis


Terdengar cukup sederhana, apalagi bila kamu memang membutuhkan modal dengan jumlah besar. Tetapi jangan menyepelekan hibah atau bantuan dari orang orang disekitar kita. Mereka tentu lebih tahu siapa kita dan bagaimana kita selama ini berjuang memulai bisnis.

Bila kamu adalah tipe ekstrofert dan mudah bergaul, maka mendapatkan bantuan modal dari rekan bisnis sangatlah mudah dilakukan. Akan tetapi berbeda dengan mereka yang cenderung susah dalam menjalin hubungan.

Walaupun mungkin sifatnya bukan hibah (berupa pinjaman) atau memang benar benar hibah tapi dalam jumlah kecil, tetap saja dananya dapat digunakan untuk kemajuan bisnis. Kamu harus bisa mempergunakan dana hibah tersebut sebaik mungkin supaya pihak pemberi modal tidak kecewa.

Terakhir, segala jenis bisnis memang haruslah membutuhkan modal. Hibah menjadi salah satu cara untuk mendapatkan suntikan modal. Tetapi selain itu, sebenarnya yang terpenting adalah efisiensi dan efektifitas untuk menghasilkan profit yang maksimal dengan modal yang sekecil mungkin.


Bantuan Modal dari Pegadaian


Bagaimana cara mendapatkan bantuan dana modal dari BUMN pegadaian? Setelah mengetahui beberapa jenis pembiyaan yang bisa sobat kosngosan dapatkan dari pegadaian, maka kamu bisa mengetahui produk mana yang cocok untuk jenis usahamu. KCA lebih ditujukan untuk pembiyaan pribadi sementara Krasida dan Kreasi untuk usaha mikro dan menengah.

Kamu perlu untuk mengunjungi kantor cabang pegadaian terdekat dan membawa barang yang akan menjadi agunan pada sistem gadai nantinya, namun kamu harus membaca beberapa persyaratan seperti yang sudah dijelaskan pada ulasan dibawah ini.


Hibah dari Luar Negeri


Bantuan untuk lembaga atau perorangan tidak hanya datang dari dalam negeri saja. Terkadang, ada beberapa program sosial atau non profit, ada juga program untuk bantuan modal kerja yang berasal dari luar negeri seperti negara negara di Eropa dan Amerika. 

Biasanya mereka mengadakan semacam kontes yang mengharuskan kalian untuk mengajukan proposal terlebih dahulu, baru kemudian mereka akan menyeleksi proposal tersebut untuk kemudian diberikan hibah sebagai hadiah nya.

Baca juga : Cara Pinjam Uang Pegadaian untuk Modal Usaha


Kata Penutup


Memulai usaha memang menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang ingin berpenghasilan selain bekerja kantoran. Namun membuka bisnis selalu membutuhkan bantuan modal yang tidak sedikit, sehingga kamu harus pintar pintar dalam memilih investor atau bantuan modal dari pihak tertentu.

Demikianlah pembahasan terakhir kita mengenai Cara Mendapatkan Dana Hibah Untuk Modal Bisnis dan Usaha. semoga setelah mengetahui inspirasi sumber pemasukan tersebut kita bisa berekspansi melebarkan usaha kita dan menjadi pengusaha yang sukses. Jangan lupa berkomentarlah untuk menjaga silaturahim antar pengunjung dan mimin kosngosan.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya