Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Soal Tes Kompetensi Bidang (TKB) Gratis Semua Jurusan

Bagi kalian yang ingin men-download kumpulan soal dan pembahasan tes kompetensi bidang cpns premium untuk berbagai jenis bidang bisa mendapatkan filenya lewat kosngosan kali ini. Karena seperti biasa mimin akan dengan senang hati memberikan file format pdf ini kepada kalian.

Mendaftar sebagai PNS atau pegawai negeri sipil bagi kebanyakan orang adalah impian yang harus dicapai. Selain memiliki prestise tersendiri, menjadi pns bisa mendongkrak pamor calon menantu terhadap calon mertua.

Akan tetapi tes atau ujian masuk cpns untuk tahun tahun terakhir ini begitu sulit kita rasakan. Terlebih banyak nya para sarjana muda yang saat ini masih menganggur dan berharap juga menjadi seorang PNS.

Berdasarkan pengalaman tes CPNS yang mimin pernah ikuti sebelumnya, mimin dapat menyimpulkan secara keseluruhan dapat dilalui oleh calon pns yang melamar bagi mereka yang telah mempersiapkan dirinya dengan sebaik mungkin. adapun jenis tesnya memang adalah pilihan berganda dengan sistem CAT atau Computer Assigment Test.

Bagi seorang fresh graduate seperti kamu, bukan tidak mungkin menang soal tes kompetensi bidang cpns yang diadakan oleh Badang Kepegawaian Nasional (BKN) asal belajar dengan serius dan tekun. Karena hampir seperti Ujian Nasional, CAT PNS ini bukanlah sesuatu yang bisa dimanipulasi hasil akhirnya. Karena begitu selesai menjawab soal, hasilnya akan langsung diproses dan dikirim ke database pusat.


Tips Mengikuti Tes Kompetensi Bidang CPNS CAT

Tips Mengikuti Tes Kompetensi Bidang CPNS CAT

Ada dua atau tiga tahapan dalam seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil seperti yang kita ketahui. Pertama adalah Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang terdiri dari 30 soal TIU (Tes Intelegensia Umum), 35 soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) dan 35 soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Secara keseluruhan tersebut, 60% soal TIU harus benar dijawab, 50% bagi soal TWK, dan 40% untuk soal TKP

Untuk tahapan selanjutnya, kamu harus mengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB) dari masing masing bidang yang akan kamu lamar. Seumpanya kamu melamar menjadi tenaga penyuluhan pertanian di Kementrian Pertanian, maka kamu harus mengikuti Tes Kompetensi Bidang Pertanian.

Selanjutnya adalah tahap terakhir yaitu tahap wawancara, tes fisik dan kesehatan. Hal ini akan berbeda pada masing masing instansi pemerintahan tergantung dari kantor mana yang akan kamu lamar nantinya. Selain itu, jangan melupapan persyaratan administratif lainnya seperti membawa kartu identitas pribadi (KTP), kartu pendaftaran dan syarat lainnya yang sudah ditentukan sebelumnya oleh BKN.

1. Kalian yang ingin mengetahui seperti apa tips sukses untuk lulus dalam kompetensi bidang, maka berikut adalah tips yang kosngosan berikan :

2. Pelajari hal hal umum yang akan keluar dalam ujian nanti (inilah gunanya ebook yang akan mimin bagikan sebentar lagi ini)

3. Kerjakan soal-soal yang dianggap mudah terlebih dulu, jadi sisa waktu yang ada masih dapat dipakai untuk mengerjakan soal yang lainnya.

4. Fokus dan jangan lupa membawa perlengkapan yang dibutuhkan.

5. Ingat selalu soal-soal yang telah dikerjakan akan berubah warna, awalnya merah menjadi hijau pada bagian bawah, jadi peserta akan mengetahui nomor soal mana yang belum dikerjakan.

6. Terakhir jangan lupa berdoa sebelum memulai tes.

Download Soal dan Pembahasan TKB


soal pembahasan cat bkn

Bagi kalian yang berminat hendak men-download atau mengunduh file ebook mengenai soal dan pembahasan tes kompetensi bidang, bisa menghubungi mimin. Tetapi sebelum menghubungi mimin, silahkan lihat terlebih dahulu daftar Bidang apa saja yang ada dalam koleksi mimin. Berikut adalah koleksi bidangnya :

Tes Kompetensi Bidang Administrasi

Tes Kompetensi Bidang Pertanahan

Tes Kompetensi Bidang Pertanian

Tes Kompetensi Bidang Pekerjaan Umum

Tes Kompetensi Bidang Statistik

Tes Kompetensi Bidang Ekonomi

Tes Kompetensi Bidang Ekonomi Islam

Tes Kompetensi Bidang Farmasi

Tes Kompetensi Bidang Agama

Tes Kompetensi Bidang Akuntansi

Tes Kompetensi Bidang Geografi

Tes Kompetensi Bidang Pertahanan dan keamanan (Hankam)

Tes Kompetensi Bidang Pertambangan

Tes Kompetensi Bidang Pekerjaan Umum

Tes Kompetensi Bidang Hukum

Tes Kompetensi Bidang Pendidikan

Tes Kompetensi Bidang Pendidikan 2

Tes Kompetensi Bidang Perhubungan

Tes Kompetensi Bidang Perikanan Kelautan

Tes Kompetensi Bidang Perpustakaan

Tes Kompetensi Bidang Teknologi Informasi Komputer

Tes Kompetensi Bidang Kehutanan

Tes Kompetensi Bidang Kementrian Luar Negeri

Tes Kompetensi Bidang Kesehatan

Tes Kompetensi Bidang Lingkungan

Tes Kompetensi Bidang Olahraga

Tes Kompetensi Bidang Pariwisata


Nah apabila kamu mendapati salah satunya adalah bidang yang kamu lamar, kamu bisa mendapatkan ebook nya dalam format PDF dengan menghubungi mimin lewat WhatsApp atau LINE ke nomor :

0823902579xx

Kata Penutup

Semoga dengan adanya soal SKB gratis diatas, kalian bisa belajar dengan rutin dan memenangkan seleksi CPNS tahun ini ya. Buat yang masih gagal, jangan khawatir, karena kalian masih ada waktu untuk memperbaiki diri demi menjadi ASN impian

Sekian mengenai Kumpulan Soal dan Pembahasan Tes Kompetensi Bidang Premium kali ini. semoga file yang mimin berikan ini bisa bermanfaat untuk kalian. Dan semoga kalian bisa diterima masuk menjadi pegawai negeri sipil ya! Jangan lupa berkomentar.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya