Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku Manajemen Keuangan Sektor Publik

Kamu bisa men-download ebook atau buku elektronik yang berisi materi mengenai manajemen keuangan sektor publik (public sector financial management) untuk makalah kuliah dengan format pdf dan doc dibawah ini. Tetapi sebelum mengunduh file-nya, kita akan bahas terlebih dahulu mengenai manajemen publik dan sektor publik.

buku Manajemen Keuangan Sektor Publik

Manajemen adalah ilmu dalam mengelola. Dalam artian manajemen keuangan adalah cara mengatur keuangan. Bagaimana langkah yang tepat dalam me-manage kondisi finansial terutama dalam ruang lingkup sektor publik.

Terminologi Keuangan Publik dapat diartikan sebagai Keuangan Negara. Dalam Pasal 1 Undang Undang No. 17 Tahun 2003 mengenai keuangan negara disitu ditetapkan bahwa defenisi keuangan negara merupakan “semua hak dan kewajiban negara yang dinilai dengan uang, segala sesuatu baik uang maupun barang yang dapat dijadikan milik negara yang berhubungan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut”.

Baca juga : Download Ebook Materi Mata Kuliah Perdagangan Internasional PDF

Apa manfaat manajemen keuangan publik bagi negara? Manajemen keuangan negara yang efektif dan efisien akan mewujudkan pembangunan dan penyelenggaraan negara yang baik. Dengan penerapan manajemen yang baik, pendapatan negara akan maksimal dan kesejahteraan akan didapat.

Adapun ruang lingkup keuangan publik meliputi peran pemerintah dalam hal perekonomian, seperti kesejahteraan, barang publik, mekanisme pasar, eksternalisasi, stabilitas harga, pajak dan non-pajak yang berhubungan dengan aspek keadilan, distribusi pendapatan, belanja politik, penyediaan jasa, dan yang menyangkut kegiatan dan hubungan bisnis antara rumah tangga dan swasta.

Selain penerapan manajemen keuangan publik yang baik, pemerintah juga harus memperbaiki manajemen keuangan negara dengan menerapkan prinsip Good Governance, seperti transparansi, akuntabilitas, serta partisipasi masyarakat dalam setiap pengelolaan keuangan negara.

Dalam ebook ini kita akan membahas mengenai materi kuliah yang membahas Pendapatan Asli Daerah: Pajak Hotel Dan Restoran, Pengelolaan Potensi Hibah Sebagai Pendapatan Daerah, Pinjaman Daerah, Penyertaan Modal Daerah, Belanja Modal Daerah, Belanja Hibah Bantuan Operasional Sekolah, Subsidi Listrik hingga Subsidi Pangan.

Definisi keuangan publik menurut para ahli


Secara umum, keuangan sektor publik dapat diartikan dengan keuangan negara atau keuangan pemerintah yang aktifitas finansialnya meliputi pemerintahan (kajian kita tidak termasuk aktifitas pemerintah dalam perekonomian).

Bagaimana pengertian keuangan publik menurut para ahli? Menurut Menurut M. Ichwan keuangan publik merupakan serangkaian rencana kegiatan kuantitatif (dengan angka diantaranya diwujudkan dalam jumlah mata uang), yang akan dijalankan demi masa depan lazimnya satu tahun.

Berdasarkan defenisi dari Arifin P. Soeria Atmdja bahwa keuangan publik yakni keuangan yang mencakup APBN, KN pada Perjan, Perum, APBD, dan jenis keuangan lainnya dan mencakup setiap badan hukum yang berwenang mengelola dan mempertanggungjawabkannya.

Terakhir, menurut M. Ichwan, keuangan negara adalah sejenis rencana kegiatan yang dirumuskan secara kuantitatif. Yang mana angka-angkanya diwujudkan dalam jumlah mata uang dan akan dijalankan untuk masa depan.

Terakhir, silahkan download file buku elektronik dalam format doc dibawah ini. Kamu akan diallihkan ke halaman safelink, tunggu 5 detik kemudian tekan tombol downloadnya. Maka kamu sudah bisa mendapatkan buku nya.

Download Buku Manajemen Keuangan Sektor Publik DISINI

File doc ini lebih mudah untuk disimpan. Bila kamu ingin menconvert nya ke format pdf, kamu bisa menggunakan fitur save as type dari microsoft word 2013 keatas atau print as type pdf dari aplikasi pdf reader (baca caranya di google)

Baca juga : Download Aplikasi Administrasi Sekolah dan Kampus Gratis

Demikian pembahasan singkat mengenai Manajemen Keuangan Sektor Publik. Semoga ebook ini bisa bermanfaat buat kalian yang sedang mencari bahan untuk referensi pembelajaran atau untuk tugas makalah kuliah atau sekolah.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya