Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Membaca Dongeng Kepada Anak Sebelum Tidur

Apa saja manfaat dongeng untuk anak? Sebelum tidur, orangtua bisa memanfaatkan quality time bersama anak dengan membacakannya dongeng, kisah nabi, atau cerita menarik yang meningkatkan atensinya. Tidak hanya itu, bercerita di waktu malam bisa meningkatkan hubungan personal antara orangtua dengan anak, karena seharian tidak bertemu akibat bekerja dan sekolah.

manfaat dongeng sebelum tidur

Siapa yang tidak pernah diceritakan dongeng, mungkin sobat kosngosan yang pernah kecil sering dibacakan cerita hikayat oleh orangtua sebelum tidur. Sayangnya tradisi ini mulai luntur diakibatkan oleh keterbatasan waktu orang tua dalam mengurus anaknya.

Kini dongeng hanyalah cerita fiksi yang hanya terpajang di pojokan lemari, bukan untuk dibaca. Padahal dongeng sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Seperti apa manfaat membacakan dongeng kepada anak sebelum tidur? kali ini kosngosan akan membahasnya untuk sobat kosngosan sekalian.

Bagi sebagian orang, beranggapan bahwa membacakan dongeng pada si buah hati sebelum tidur adalah agar si buah hati cepat tidur. Gambaran-gambaran seperti ini sering disaksikan dalam perfilman Indonesia, dan bahkan dalam iklan-iklan yang beredar di televisi.

Baca juga : Cara Mendidik Anak Perempuan Memakai Jilbab

Namun, masih banyaknya orang tua yang belum mengetahui manfaat-manfaat lainnya yang akan di dapat dengan membacakan dongeng sebelum tidur. Dan juga, masih banyaknya orang tua yang sibuk bekerja hingga membuat mereka lupa akan hal ini yang mungkin saja di anggap hal sepele bagi sebagian orang.

Manfaat psikologis membacakan dongeng


Untuk itu, berikut ini adalah beberapa sisi positif yang akan didapatkan oleh sang buah hati ketika mendengarkan sobat kosngosan membacakan dongeng sebelum mereka tidur. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menumbuhkan kedekatan personal orangtua dengan anak


Dengan seringnya kamu membacakan dongeng pada anak, maka akan menumbuhkan kedekatan hubungan antara anak dan orang tua. Terutama bagi kedua orang tua yang memiliki pekerjaan sehingga waktu untuk mengurus anak hanya ada saat malam hari. Jadi, jangan hilangkan kesempatan ini walaupun hanya 5 menit.

2. Merangsang otak anak untuk berkembang


Membacakan dongeng sebelum tidur, akan membuat anak kamu banyak bertanya tentang karakter, tempat kejadian, dan pertanyaan-pertanyaan lain seputar dongeng tersebut. Hal ini akan membuat si buah hati akan meminta lebih banyak jawaban kepada kamu, hasilnya anak kamu akan cerdas nantinya.

3. Meningkatkan kosa kata pada anak


Membacakan dongeng sebelum tidur pada si buah hati, juga akan turut meningkatkan kosa kata mereka. Karena pada saat kamu membacakan dongeng, itu sama halnya dengan kamu mengajarinya dan memperkenalkan kata - kata baru yang mungkin belum mereka ketahui.

Karena saat itu, anak kamu akan mengingat sebagian kata-kata yang kamu ucapkan, sehingga hal itu akan memperluas kosa kata mereka.

4. Membantu pengembangan imajinasi anak


Setiap anak-anak harus memiliki imajinasi yang sehat, karena mengajarkan mereka untuk berfikir cepat namun efektif.

Ketika sobat kosngosan membacakan dongeng dengan ekspresi pembacaan seperti suasana dalam dongeng tersebut, maka hal itu akan turut mengembangkan imajinasi anakmu. Imajinasi sendiri akan berguna untuk mengembangkan daya kreatifitas nya kelak ketika ia besar nanti.

5. Menumbuhkan minat membaca pada anak


Membacakan dongeng pada anak sebelum tidur, sama halnya dengan kamu menumbuhkan minat membaca kepada anak kamu. ingat, buku adalah gudangnya ilmu.

Mereka akan terangsang untuk melakukan aktifitas membaca yang sobat kosngosan lakukan. Karena anak adalah mesin fotocopy terbaik yang anda punya. Oleh karena itu, mereka akan mencontoh apa yang kamu lakukan sebelum mereka tidur.

6. Langkah pengantar tidur yang menyenangkan


Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, membacakan dongeng sebelum tidur juga bisa menyenangkan bagi anakmu, bahkan hal ini juga bisa membuat anak rileks ketika tidur.

Beberapa anak yang mengalami kesulitan untuk tidur, solusinya bisa dibacakan dongeng cerita yang ia sukai. Sehingga ini akan menjadikan momen sebelum tidurnya terlewatkan dengan hal yang dia sukai.

7. Mengisi pengetahuan secara tidak langsung


Walaupun hanya dongeng, namun tentu saja memiliki pengetahuan sederhana yang bisa orangtua ajarkan kepada anak. Milsanya dengan cerita kancil, pemburu membuat perangkap dari simpul, disini orangtua bisa memberi contoh simpul apa saja yang sering digunakan.

8. Mengurangi interaksi anak dengan gadget


Kok bisa? seperti yang kita ketahui, paparan gadget terhadap anak sudah tidak bisa dihindari lagi. Bisa bahaya apabila anak harus bermain gadget terlebih dahulu baru bisa tidur.

Disinilah peran orangtua dalam membacakan dongeng yang menarik perhatian, sehingga anak yang meminta gadget bisa dialihkan perhatiannya kepada cerita dongeng yang selalu bergantian dibacakan setiap malam sebelum tidur.

9. Memastikan keadaan anak sebelum tidur


Sebagai orangtua yang sibuk dan bekerja seharian, malam hari adalah waktu yang paling tepat untuk mengecek keadaan anak anak sebelum memastikan mereka tidur. Daripada hanya sekadar mengintip dari luar, bukankah jauh lebih berkualitas dengan membacakan mereka dongeng hingga tertidur?

10. Melatih kesabaran dan komunikasi orangtua


Tidak hanya untuk anak, ternyata membaca dongeng juga bermanfaat untuk orangtua dalam meningkatkan kesabaran dan kemampuan komunikasinya.

Terlebih apabila sobat kosngosan bekerja dibidang marketing, maka membaca dongeng bisa jadi latihan untuk mengetahui sejauh mana atensi si anak terhadap dongeng yang kita bacakan.


Baca juga : Asuransi Kesehatan Anak yang Bagus untuk Masa Depan

Demikian artikel mengenai beberapa manfaat psikologis membacakan dongeng sebelum tidur untuk anak kali ini. Semoga sobat kosngosan bisa menerapkan kepada anak - anakmu kelak. Ini juga bisa menjadi salah satu momen diskusi yang lebih intim dan tentunya akan meningkatkan kepercayaan anak kepada orangtuanya.

Silahkan berikan pengalaman mendongeng-mu di kotak komentar dan jangan lupa tekan tombol share untuk membagikan ini di sosial media kalian. Terimakasih telah berkunjung di kosngosan.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya