Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Laporan Praktikum yang Baik dan Benar

Bagaimana cara membuat laporan praktikum yang baik dan benar? Kamu butuh contoh susunan laporan praktikum-nya. Laporan praktikum adalah salah satu bentuk penulisan laporan berdasarkan kegiatan praktikum baik dilakukan pada tingkat sekolah maupun perguruan tinggi. 

Kali ini kosngosan akan memberikan cara penulisan dan contoh laporan praktikum yang tentunya sesuai aturan kaidah yang berlaku. Oleh karena itu, dengan mengikuti postingan kali ini, diharapkan kalian bisa menulis report yang sesuai.

Praktikum memang menjadi kegiatan sehari hari bagi jurusan saintek atau yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan alam seperti biologi, kimia, fisika dan ilmu alam lainnya. 

Kegiatan praktek langsung untuk mengaplikasikan teori yang didapat dinilai cukup efektif dalam menjelaskan ilmu dengan melihat fenomenanya secara langsung.

Kegiatan praktikum bisa saja dilakukan di dalam ruangan seperti di laboratorium atau di luar ruangan seperti di kebun, lapangan atau jalan raya. 

Dalam melakukan praktikum, biasanya murid atau mahasiswa akan dibagi kedalam beberapa kelompok untuk kemudian melakukan pengamatan terhadap fenomena atau masalah yang terjadi.

Nah dalam penulisan inilah kemudian teknik penulisan laporan praktikum perlu dipelajari supaya memudahkan kamu dan pembaca dalam memahami informasi yang sesungguhnya didalam laporan tersebut.

Baca juga : Contoh Laporan Praktikum yang Baikd dan Benar


Cara Membuat Laporan Praktikum


Cara Membuat Laporan Praktikum

Laporan praktikum sering kali menjadi momok yang cukup menakutkan bagi para mahasiswa. Terlebih bagi sebagian jurusan yang mengharuskan adanya kegiatan praktikum dan setiap mnggu harus menulis laporan tulis tangan.

Kebanyakan yang dipikirkan oleh para mahasiswa itu adalah bagaimana cara membuat laporan yang sesuai dengan harapan dosen juga asisten dosen dan mendapatkan nilai yang memuaskan dengan laporan yang berkualitas.

Menulis laporan praktikum tidaklah sembarangan. Ada beberapa kaidah dan format yang berlaku yang harus disesuaikan, seperti pemilihan kata, penyajian data dan sumber sumber yang diambil haruslah dapat dipertanggung jawabkan.

Untuk menulis laporan praktikum, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:
  • Tujuan Praktikum: Tuliskan tujuan dari praktikum yang dilakukan, sehingga pembaca dapat memahami apa yang akan dicapai dari praktikum tersebut.
  • Metode Praktikum: Jelaskan metode yang digunakan dalam praktikum, termasuk alat-alat yang digunakan, cara kerja, dan teknik pengambilan sampel.
  • Hasil Praktikum: Tuliskan hasil yang didapat dari praktikum, termasuk data-data yang diperoleh, grafik, atau tabel yang diperlukan untuk menjelaskan hasil tersebut.
  • Analisis: Analisis hasil yang didapat dan jelaskan bagaimana hasil tersebut menunjukkan tujuan praktikum.
  • Kesimpulan: Tuliskan kesimpulan yang dapat diambil dari praktikum, termasuk implikasi dari hasil yang didapat dan saran untuk praktikum selanjutnya.
  • Daftar Pustaka: Sertakan daftar pustaka yang digunakan dalam praktikum, agar pembaca dapat melakukan referensi lebih lanjut jika diperlukan.
  • Format: Laporan praktikum harus ditulis dengan format yang sesuai dengan yang ditentukan oleh institusi, termasuk halaman judul, halaman abstrak, daftar isi, dan sebagainya.
  • Nama, NIM, dan Tanggal: Sertakan informasi tentang diri sendiri sebagai penulis laporan, termasuk nama, NIM, dan tanggal praktikum.
Ingatlah untuk menulis laporan praktikum dengan jelas, logis, dan sistematis, serta mengecek laporan kamu sebelum menyerahkannya untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan dalam penulisan dan penyajian data.


Susunan Laporan Praktikum

Untuk membuat laporan praktek yang baik dan benar, kamu harus tahu dulu seperti apa susunan laporan yang sesuai dengan kaidah yang sudah ditetapkan, adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Cover dan Judul Laporan

Membuat halaman sampul dapat kamu dahulukan dengan menulis judul kegiatan praktikum  yang telah dilakukan. 

Kamu juga bisa menambahkan gambar pada tengah-tengah halaman seperti lambang kampus, tiga garis sejajar atau gambar yang sesuai dengan topik praktikum. 

Sementara bagian paling bawah bisa kamu isi dengan identitas seperti nama, nomor induk, jurusan, fakultas, perguruan tinggi dan tahun.


Kata Pengantar dan Daftar isi

Sebenarnya ini adalah bagian opsional. Kamu bisa menulis kata pengantar untuk mempercantik laporanmu. Selain itu daftar isi juga memudahkan asisten dosen untuk membaca laporan praktikummu. Baca "cara membuat daftar isi secara otomatis di word" untuk tutorial selengkapnya.


Pendahuluan

Penulisan BAB 1 atau pendahuluan harus memperhatikan agar susunan kalimat dan isinya sesuai dengan kaidah penulisan laporan yang benar. Bagian ini memiliki sub judul, yaitu latar belakang, rumusan masalah dan tujuan pembuatan laporan.

Namun beberapa penulis juga memberikan sub judul manfaat penulisan laporan untuk mengetahui seperti apa kontribusi laporan terhadap pembaca secara umum. Kamu bisa memulai membuat bab 1 atau pendahuluan dimulai dari bagian pertama.


Studi Literatur

Bab ini berfungsi untuk memberikan dasar atas sumber penulisan laporan dalam menyampaikan pembahasan di dalam laporan. Agar laporan dinilai sebagai suatu karya tulis yang ilmiah dan memiliki sumber rujukan yang dapat dipercaya.

Kamu harus menyajikan hubungan antara beberapa konsep yang dipakai dalam menjelaskan kegiatan praktikum yang dilakukan. 

Sedangkan konsep-konsepnya dijelaskan melalui beberapa variabel yang akan dikaitkan dengan para peneliti sebelumnya dengan tema atau topik yang sama.


Pembahasan

Bab pembahasan dalam laporan praktikum adalah inti dari laporan itu sendiri. Isinya adalah kegiatan dan hasil analisis atau eksprimen yang dilakukan baik didalam ruangan maupun di luar ruangan. Dilakukan analisis data sehingga menghasilkan kesimpulan sementara atau hipotesis.

Bab pembahasan juga bisa mengandung banyak sub bab, tergantung kebutuhan praktikan dalam menjelaskan kepada pembaca mengenai pemecahan masalah atau objek praktikumnya.

Pada sub-bab ini, praktikan wajib mengulas hasil praktikum yang dilakukan secara konkret dengan menggunakan bahasa yang lugas dan jelas.


Penutup dan Kesimpulan

Bagian terakhir dari laporan praktikum adalah penutup yang menyajikan kesimpulan dan saran kritik. Isi dalam penutup adalah rangkuman dan kesimpulan hasil analisis terhadap kegiatan praktikum 

Hal ini juga dari interpretasi analisis data yang mana berupa implikasi (kesimpulan berdasar data) dan dapat juga berupa inferensi (kesimpulan berdasar referensi).

Kesimpulan laporan praktikum juga mesti dibuat dengan menggambarkan secara singkat isi dari karya ilmiah yang telah dijelaskan sebelumnya. 

Dalam membuat kesimpulan kamu seharusnya menghindari memberi kesimpulan hal hal yang tidak dibahas dalam kegiatan praktikum, atau menyimpulkan dengan bertele-tele dan terkesan monoton. Kesimpulan haruslah lugas dan mudah untuk dipahami.

Selain kesimpulan, praktikan perlu memberikan saran yang bersifat membangun. Kritik atau saran juga berisi kekurangan dari laporan yang diharapkan bisa diperbaiki oleh praktikan selanjutnya apabila ingin melakukan penelitian dengan menggunakan topik atau alat analisis yang sama, demi penyempurnaan laporan tersebut.


Daftar Pustaka

Setelah berhasil membuat bagian utuh dari laporan, maka seterusnya adalah kewajiban praktikan untuk mencantumkan sumber dan referensi yang dikutip di setiap pernyataan pada bagian Daftar pustaka.

Banyak praktikan yang kesulitan menerapkan penulisan daftar pustaka yang baik dan benar dalam akhir tulisannya. Penulisan ini dimulai dengan memperhatikan urutan abjad di penulis.

Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Buku, dimulai dari Nama penulis ditulis paling awal. Cantumkan tahun terbit dari buku yang teman-teman gunakan sebagai referensi. Tuliskan judul buku referensi secara lengkap dengan italic. Lihat contoh dibawah :

Silver, John F. 2010. Success 4. Bandung: Indonesia Publishing House


Lampiran

Lampiran menjadi bagian terakhir dari laporan praktikum yang berisi pelengkap data yang berbeda atua bukti lain yang memberikan pemahaman yang lebih baik dari materi tertulis. 

Lampiran itu bisa berupa gambar, diagram, grafik, berita, bukti, kuisioner atau dokumentasi dari setiap kegiatan praktikum. Beberapa jenis lampiran yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Lampiran Bagan/Tabel/Diagram/Skema, apabila suatu makalah memiliki bagan, tabel, diagram atau skema yang cukup banyak, sebaiknya sertakan juga jenis data tersebut pada lampiran, supaya tidak membebani isi makalah dengan data yang banyak.

2. Lampiran Gambar/Foto, yang dimasukan pada lampiran digunakan sebagai pendukung atau penjelas sebuah karya tulis.

3. Lampiran Index/Glossarium, merupakan kumpulan kata kata yang ditulis di halaman belakang sebuah karya tulis dan berfungsi untuk memudahkan pembaca dalam menukan kata kata tersebut beserta halamanya. 

Index dalam makalah sendiri tidak begitu penting, dikarenakan makalah tidak memiliki halaman yang terlalu banyak.

Baca juga : Contoh Laporan Hasil Observasi Sekolah


Contoh Laporan Praktikum

Kalau kamu masih sedikit bingung mengenai beberapa tips diatas, kamu bisa melihat contoh laporan praktikum dibawah ini 

Judul Praktikum: Analisis Produktivitas Tanaman Padi

Pelaksanaan Praktikum:

Tujuan praktikum

Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tanaman padi
Untuk mengetahui cara meningkatkan produktivitas tanaman padi

Metode Praktikum

Praktikum dilakukan di sawah milik petani dengan luas sawah sekitar 1 hektar
Tanaman padi ditanam dengan varietas IR-64
Praktikum dilakukan dengan mengambil sampel tanaman padi sebanyak 20 tanaman dari berbagai bagian sawah
Kemudian dilakukan pengukuran tinggi tanaman, jumlah anakan, jumlah tongkol dan berat tongkol
Data yang diperoleh dianalisis untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tanaman padi

Hasil Praktikum

Dari hasil pengukuran didapatkan rata-rata tinggi tanaman sebesar 100 cm, jumlah anakan per tanaman sebesar 20 anakan, jumlah tongkol per tanaman sebesar 20 tongkol dan berat tongkol per tanaman sebesar 2 kg

Analisis data menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tanaman padi adalah kondisi tanah, jumlah cahaya matahari yang diterima, serta pemberian pupuk dan pestisida yang tepat

Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa cara untuk meningkatkan produktivitas tanaman padi adalah dengan menjaga kondisi tanah tetap baik, menjamin cukup cahaya matahari yang diterima tanaman, serta memberikan pupuk dan pestisida sesuai dengan kebutuhan tanaman

Kesimpulan

Praktikum ini menunjukkan bahwa produktivitas tanaman padi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi tanah, jumlah cahaya matahari yang diterima, serta pemberian pupuk dan pestisida yang tepat

Untuk meningkatkan produktivitas tanaman padi perlu diperhatikan faktor-faktor tersebut dengan baik

Nama: [Your name]
NIM: [Your student ID]
Tanggal Praktikum: [Date of the experiment]

Catatan: Ini hanyalah contoh laporan praktikum agribisnis, dan dapat berbeda dari format laporan praktikum yang sesungguhnya yang digunakan pada institusi


Contoh Laporan praktikum word docx

Kami sudah persiapkan sebagai referensi buat kalian dalam mengerjakan laporan praktkum ketika sekolah atau kuliah. Silahkan scrool kebawah untuk lebih jelasnya




Kata Penutup

Laporan praktikum adalah salah satu jenis karya tulis ilmiah yang harus dibuat berdasarkan kaidah penulisan ilmiah yang ada. 

Tidak boleh sembarangan, karena berdasarkan fakta dan data yang didapatkan dari lapangan, yaitu sebagai hasil dari kegiatan praktikum diberbagai bidang, misalnya sains dan sosial.

Demikianlah artikel mengenai Contoh Laporan Praktikum dan Cara Menulis yang Baik dan Benar kali ini, semoga dapat membantumu dalam menulis laporan yang sesuai. 

Bagi kamu yang merasa artikel ini cukup bermanfaat, silahkan bagikan dengan menyertakan link-nya kepada teman-temanmu yang lain. Berikan juga komentarmu dibawah ini.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya