Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Apotik Semua Posisi

Apakah kamu sedang mencari contoh lamaran kerja di Apotek dengan posisi sebagai Apoteker, Admin atau Penjaga? Apotik secara umum memperkerjakan karyawannya dengan kontrak kerja. Awalnya pihak mereka akan merekrut calon pekerja mereka melalui proses rekrutment atau penerimaan. Dan disinilah surat lamaran berfungsi sebagai media untuk mempromosikan diri.

Menjadi karyawan di Apotik memang impian kebanyakan orang. Banyak yang menganggap pekerjaan di sana seperti customer service, bagian back end office dan sebagainya adalah pekerjaan yang pretise dan bisa dibanggakan. Selain juga karena gajinya yang relatif tinggi.

Namun melamar pekerjaan di sana besar tidak bisa sembarangan. Pihak Apotek selalu menuntut agar calon karyawannya memiliki pengalaman dan skill yang dibutuhkan, agar nantinya mereka tidak mau merugi memperkerjakan kamu.

Umumnya, sobat kosngosan yang saat ini berstatus pencari kerja yang memiliki latar belakang SMK, Diploma dan Strata menjadi pengincar untuk bekerja pada posisi ini. Nyatanya memang perusahaan juga lebih memilih tamatan D3 atau S1 dalam melengkapi posisi karyawan mereka.

Tapi ini tidak menutup kemungkinan kamu yang tamat sekolah menengah atas dengan skill yang kamu miliki, kamu juga bisa bekerja di Apotek dengan posisi yang strategis. Semua adalah berdasaran pertimbangan pengalaman, kemampuan dan keberuntungan.


Contoh Lamaran Kerja Umum di Perusahaan


Contoh surat lamaran perusahaan

Format surat lamaran yang baik adalah menggunakan margin 4-3-3-3 atau 3-3-3-3 dengan ukuran font 12 dan jenis font Arial atau times new roman. Untuk lebih detailnya silahkan simak contohnya seperti yang ada dibawah ini

Baiklah bagi sobat kosngosan yang memang ingin mencari pekerjaan di PT sebagai karyawan, bisa mempersiapkan dirinya untuk membuat surat lamaran dan melengkapinya dengan dokumen terkait seperti yang akan kita bahas selanjutnya.

Baca dulu : Contoh form surat pengunduran diri kerja resign


Contoh Surat Lamaran Kerja Karyawan Umum


Padangsidempuan, 12 Januari 2021

Yth. HRD PT Kosngosan Indonesia

Kompleks Perkantoran PSP
Jl. Jendral Sudirman
Padangsidempuan

Hal :Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari website pencari kerja bahwa perusahaan PT Inti Nusa Persada saat ini membuka lowongan untuk posisi Administrasi Perkantoran. Maka, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan untuk posisi tersebut.

Saat ini saya adalah fresh graduate dari Universitas Indonesia Jurusan Ilmu Administrasi Negara. Ketika kuliah saya pernah magang di perusahaan PT Kosngosan Indonesia untuk posisi yang sama selama kurang lebih tiga bulan. Saya memahami banyak hal mengenai administrasi, dan harapan saya pengalaman tersebut dapat menjadi bekal bagi saya untuk bekerja di perusahaan PT Kosngosan Indonesia.

Sebagai syarat kelengkapan administrasi saya juga melampirkan beberapa dokumen yakni :

  • Daftar RiwayatHidup
  • FC Ijazah Terakhir
  • FC Transkrip Nilai
  • FC KTP dan KK
  • Pas Foto 4 x 6 (2 Lembar)
  • Surat Keterangan Kelakuan Baik

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Semoga sayadiberikan kesempatan untuk melalui tahapan selanjutnya dalamseleksi penerimaan karyawan di perusahaan ini.


Hormat Saya,

Muhammad Reza Harahap


Contoh Surat Lamaran Apotek


Padangsidempuan, 15 Oktober 2021

Kepada Yth,
Pemilik Apotek Cabang Sudirman
Apotek Kosngosan Perkasa

Jl. M. Husni. Thamrin
No. 18, Padangsidempuan Selatan

Hal : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan dari Apotek Kosngosan Perkasa, Pada harian Republika tanggal 14 Juli 2021. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam posisi Apoteker di Apotek Sejahtera Perkasa. Adapun data diri saya sebagai berikut:

Nama: Suci Bella Lestari, SE
Tempat, Tanggal Lahir: Bangkinang, 5 Maret 1996
Pendidikan Terakhir: Farmasi S1, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Syarif Kasim
Alamat: Jl. RA. Kartini, No. 13 Bangkinang Timur
Telepon : 082344819xxx
E-mail: sucibella@gmail.com

Saya dalam kondisi sehat jasmani dan rohani, dan lancar berbahasa Indonesia dan memiliki kemampuan public speaking secara lisan dan tertulis. Predikat lulusan di disiplin ilmu yang saya pelajari sangat memuaskan serta memiliki kemampuan akuntansi yang baik. Saya terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.

Saat ini saya bekerja sebagai staff accounting di PT. Multi Finance. Saya senang untuk belajar dan dapat bekerja secara mandiri maupun kelompok dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Daftar RiwayatHidup.
2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pas foto terbaru.

Besar harapan Saya Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan dengan terperinci tentang potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar benarnya, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.


Hormat saya,

Suci Bella Lestari


Contoh Surat Lamaran Tulis Tangan


contoh surat lamaran tulis tangan

contoh surat lamaran tulis tangan


Contoh Surat Lamaran DOC


Kamu bisa unduh contoh surat lamaran untuk PT dalam format doc, yang bersifat editable, artinya kamu bisa edit sesuka hati menggunakan aplikasi microsoft word pada laptop atau komputermu. lihat preview filenya dibawah ini :



Kamu bisa men-download file contoh surat lamaran pt sebagai karyawan disini

Sebelum download, kamu akan dibawa ke halaman safelink, tunggu beberapa detik agar menampilkan tombol downloadnya. Setelah itu kamu klik dan akan diarahkan ke halaman google drive, tempat penyimpanan contoh surat lamarannya. Selamat mengunduh.


Cara Membuat Surat Lamaran Kerja


Menulis surat lamaran untuk perusahaan sebagai karyawan pada dasarnya sama saja dengan format surat lamaran pada umumnya. Hal yang mendasar yang perlu sobat kosngosan perhatikan adalah gaya bahasa yang formal namun tidak bertele-tele.

Perhatikan beberapa langkah memuat surat lamaran seperti dibawah ini :

surat lamaran

Membuat tujuan, hal, alamat dan tanggal surat lamaran

Tujuan surat lamaran seperti pada gambar diatas adalh pihak HRD, menyebutkan nama perusahaan dan disertai tanggal, bulan dan tahun pembuatan surat di sebelah kanan atas (opsional). Berikan hal mengenai lamaran pekerjaan di bagian atas.

Membuat bagian pembuka surat

Bagian ini berisi paragraf pembuka. Bagian pembuka ini bisa menyatakan bahwa kamu mendapat lowongan pekerjaan tersebut dari sumber tertera, kemudian berniat akan melamar pekerjaan di PT tersebut dengan posisi sebagai karyawan.

Biodata lengkap

Kemudian kamu bisa menyertakan biodata mu dibawahnya. Seperti nama, alamat, kontak, posisi, dan sebagainya. Singkat dan jangan memberikan informasi informal yang tidak dibutuhkan, misalnya hobi atau golongan darah.

Pernyataan dan promosi diri

Bagian ini adalah bagian alasan kenapa kamu memilih pekerjaan ini. Berikan juga promosi diri sendiri mengenai pencapaian dan kesuksesan apa saja yang sudah kamu raih yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar tersebut. Ini adalah bagian terpentingya. Karena memang perusahaan akan menilai apakah alasan kamu untuk melamar. Berikan alasan yang bisa diterima pada bagian ini.

Baca juga : Cara Mengurus SKCK Online dan Langsung Bagi Pencari Kerja

Syarat dan dokumen pelengkap

Sebutkan syarat dan lampiran dokumen yang menyertai surat lamaran tersebut dalam bentuk poin per poin agar enak dilihat dan rapi tentunya.

Paragraf Penutup

Terakhir adalah bagian penutup. Berikan kata penutup mengenai kamu sangat mengharapkan pekerjaan ini, dan kamu akan bersedia dipanggil sewaktu waktu untuk mengikuti tes atau seleksi selanjutnya.

Bagian hormat, nama dan tanda tangan

Berikan kata hormat saya, kemudian disusul nama dibawah nya dan tanda tangani dengan menggunkaan pulpen atau tinta cair. Berikan materai bila perlu.

Baca juga :


Kata Penutup



Demikianlah pembahasan kosngosan mengenai seputar Contoh Lamaran Kerja Perusahaan PT sebagai Karyawan. Kamu yang saat ini butuh pekerjaan, silahkan ikuti contoh surat lamaran diatas agar kamu bisa segera mendapatkan pekerajaan yang layak dan kamu idam-idamkan selama ini. Terimakasih telah berkunjung di kosngosan.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya