Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara melamar kerja lewat bkk bursa kerja khusus secara online

Bagaimana cara daftar BKK online? Bursa Kerja Khusus merupakan suatu bentuk portal informasi yang dibuat oleh pemerintah dalam rangka untuk menyebarluaskan informasi lowongan kerja kepada para lulusan SMK. 

Siswa kelas 9 atau para alumni smk bisa memperoleh update informasi lowongan dari berbagai SMK di Indonesia dengan mengikuti berbagai langkah yang sudah ditetapkan.

Kali ini kosngosan akan menjelaskan bagaimana panduan mendaftar dan mencari kerja melalui bursa kerja khusus ini. Ada begitu banyak bkk yang banyak dicari seperti bkk smk yang ada di bekasi dan karawang dengan pencarian tertinggi di google.

Kamu yang baru lulus smk memang sejatinya sudah siap bekerja dan memilih untuk melamar kerja dalam meniti karir mu ke depannya. 

Oleh karena itu dengana adanya BKK ini, diharapkan mampu menyerap fresh graduate yang berasal dari smk dengan keahlian yang mumpuni dibidangnya.

Nah sebagian mungkin akan asing mendengar BKK. BKK bisa diakses menggunakan aplikasi android atau kamu bisa langsung mengunjungi situsnya lewat browser di laptop atau komputer. 

Dengan menggunakan identitas mu sebagai siswa smk, maka kamu akan masuk dan bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan.

Baca juga : Cara Membuat CV Tulis Tangan Otomatis


Cara Daftar BKK Online


Mendaftar dan mencari kerja lewat BKK tidak lah sulit. Seperti mencari kerja lewat online dan portal kerja lainya, BKK menyediakan tampilan user interface yang mudah dipahami oleh kamu yang saat ini sedang mencari kerja.

Cara Daftar BKK Online

Beberapa cara untuk menggunakan portal BKK adalah sebagai berikut :

Pakai Smartphone Android


Kamu bisa mengakses portal BKK melalui smartphone milimu, caranya adalah sebagai berikut :


Langkah 1 :

Pertama silahkan buka playstore, search bursa kerja khusus. setelah itu silahkan instal atau kamu bisa  langsung klik tautan berikut untuk install langsung di android milikmu (download aplikasi bkk disini)


Langkah 2 :

Setelah didownlod maka akan muncul halaman depan yang meminta kamu memasukan NISN siswa masing-masing, kemudian masukkan password nya yaitu "siswa" tanpa tanda kutip.


Langkah 3 :

Setelah masuk, maka kamu akan dibawa pada halaman depan portal BKK dengan berbagai pilihan menu dan fitur.


Langkah 4 :

Bila kamu masuk maka kamu bisa langsung mencari lowongan kerja yang sudah terpampang di halaman depan BKK, setelah memasukan persyaratannya silahkan langsung klik kirim lowongan


Langkah 5 :

Kamu bisa explore setiap fiturnya, pada menu profil kamu juga harus melengkapi data diri masing dan melengkapi dengan pas foto.


Lewat Browser


Selain melalui smartphone, kamu bisa langsung mengakses portal BKK lewat browser yang ada di laptop atau komputer milikmu. Silahkan ikuti panduannya dibawah ini :


Langkah 1 :

Untuk pertama kalianya, silahkan buka situs "bkk.ditpsmk.net/daftar_siswa" kamu daftarkan akun BKK menggunakan NISN, nama dan alamat sekolah.


Langkah 2 :

Setelah itu masukkan pasword yang nantinya akan kamu gunakan setiap kali login ke portal BKK. Kemudian klik daftar


Langkah 3 :

Selesai mendaftar kamu bisa klik login yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu kamu bisa  langsung melihat lowongan pekerjaan yang ada di BKK seluruh Indonesia.


Langkah 4 :

Untuk setiap lowongan kerja yang tersedia, kamu bisa klik view detail untuk melihat persyaratan apa saja yang dibutuhkan kemudian lengkapi dan klik apply.

Baca juga : Contoh Pakaian Wawancara Kerja


Kata Penutup


Melamar kerja memang menjadi hal yang krusial buat kalian yang saat ini sedang berstatus sebagai pengangguran atau baru lulus. 

Oleh karena itu tidak boleh sembarangan. Sekian pembahasan mengenai Cara melamar kerja lewat bkk (bursa kerja khusus) kali ini, semoga kamu yang saat ini sedang mencari kerja bisa disegarakan untuk diterima kerja secepatnya. Amin. 

Jangan lupa membagikan tulisan ini melalui media sosial milikmu supaya teman mu yang lain juga bisa membacanya.
harahap reza
harahap reza Saya adalah seorang content creator pemula yang masih banyak harus belajar hal baru