Makalah manajemen strategi analisis diagnosis lingkungan internal dan eksternal organisasi

Makalah manajemen strategi analisis diagnosis lingkungan internal dan eksternal organisasi

Baca juga :

analisis diagnosis internal eksternal organisasi

Makalah Manajemen Strategik mengenai Analisis Diagnosis Lingkungan Internal dan Eksternal Organisasi untuk mahasiswa jurusan administrasi negara dan fakultas ekonomi dan ilmu sosial bisa kamu dapatkan dibawah ini. Pembuatan makalah ini tidak terlepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak.

Oleh karena itu, penulis ucapkan terima kasih yang tiada terhingga dari hati penulis kepada semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu namanya yang telah bercurahkan akal pikiran, semangat juang, dan bantuan baik materil maupun moril pada penulis sehingga terciptalah tugas makalah ini.

Penulis berharap semoga makalah ini dapat menjadi bacaan bagi semua kalangan semoga bermanfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Akhir kata penulis menyadari tiada yang sempurna di dunia ini tiada gading yang tidak retak dan tiada kata yang tidak tersilap. Oleh karena itu, penulis mohon kepada para kalangan diharapkan tegur dan sapa untuk memberikan kritikan dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca sekalian guna terciptanya makalah yang lebih baik lagi di masa mendatang sehingga bermanfaat bagi semua kalangan.

BAB I. PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang

Manajemen strategis adalah seni dan ilmu penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian keputusan-keputusan laintas fungsional yang dapat memungkinkan suatu perusahaan mencapai sasarannya. Manajemen strategis adalah pross penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran tersebut, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi. Manajemen strategis mengkombinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai fbagian fungsional suatu bisnis untuk mencapai tujuan organisasi.

Manajemen strategis berbicara tentang gambaran besar. Inti dari manajemen strategis adalah mengidentifikasi tujuan organisasi, sumber dayanya, dan bagaimana sumber daya yang ada tersebut dapat digunakan secara paling efektif untuk memenuhi tujuan strategis. Manajemen strategis di saat ini harus memberikan fondasi dasar atau pedoman untuk pengambilan keputusan dalam organisasi merupakan dokumen hidup yang selalu dikunjungi dan kembali dikunjungi. Bahkan mungkin sampai perlu dianggap sebagaimana suatu cairan karena sifatnya yang tidak harus dimodifikasi. Seiring dengan adanya informasi baru telah tersedia, dan harus digunakan untuk membuat penyesuaian dan revisi.

Salah satu proses dalam konsep manajemen adalah menyusun faktor penentu keberhasilan yang diawali dengan mengkaji lingkungan strategis yang meliputi kondisi, situasi, keadaan, peristiwa dan pengaruh-pengaruh yang berasal dari dalam maupun luar suatu organisasi atau unit satuan wilayah baik pada level negara, provinsi, kabupaten, dan kota. Lingkungan internal dan eksternal mempunyai dampak pada kehidupan dan kinerja seluruh komponen yang terlibat pada pembangunan, mencakup kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan tantangan eksternal.

1.2 Rumusan masalah

1. Apa saja faktor lingkungan internal dan eksternal organisasi dan hubungan organisasi dengan masyarakat?

2. Siapa saja yang harus mendapat perhatian dari manajer puncak?

3. Bagaimana mengamati dan memanfaatkan faktor lingkungan internal dan eksternal?

1.3 Tujuan Masalah

1. Mengetahui faktor lingkungan internal dan eksternal organisasi dan hubungan organisasi dengan masyarakat

2. Mengetahui siapa saja yang harus mendapat perhatian dari manajer puncak

3. Mengetahui mengamati dan memanfaatkan faktor lingkungan internal dan eksternal

BAB II. PEMBAHASAN

2.1 Faktor Lingkungan Internal Dan Eksternal Organisasi Dan Hubungan Organisasi Dengan Masyarakat

A. Lingkungan Internal dan Eksternal Organisasi

Lingkungan internal adalah lingkungan yang berada di dalam organisasi terdebut dan secara langsung memiliki implikasi yang langsung dan khusus pada perubahan.

Lingkungan eksternal adalah lingkungan yang berada di luar organisasi saling mempertukarkan sumber dayanya dengan organisasi tersebut tergantung satu sama lain.

Salah satu proses dalam manajemen strategik adalah penilaian lingkungan organisasi melalui proses analisis lingkungan organisasi. Yang dimaksudkan disini meliputi kondisi, situasi, keadaan, peristiwa dan pengaruh-pengaruh di dalam dan sekeliling organisasi yang berdampak pada kehidupan organisasi berupa kekuatan internal, kelemahan internal, peluang eksternal dan tantangan tersebut.

Faktor Lingkungan internal meliputi :

1. Kekuatan (Strength) adalah situasi dan kemampuan internal yang bersifat positif yang memungkinkan organisasi memenuhi keuntungan manajemen strategik dalam mencapai visi dan misi.

2. Kelemahan internal (Weakness) adalah situasi dan faktor-faktor luar organisasi yang bersifat negatif, yang menghambat organisasi mencapai atau mampu melampaui pencapaian visi dan misi.

Faktor Lingkungan eksternal meliputi :

1. Peluang (Opportunity) adalah situasi dan faktor-faktor luar organisasi yang bersifat positif, yang membantu organisasi mencapai atau mampu melampaui pencapaian visi dan misi.

2. Tantangan/ancaman (Threat)adalah faktor-faktor luar organisasi yang bersifat negatif, yang dapat mengakibatkan organisasi gagal dalam mencapai visi dan misi.

B. Hubungan Organisasi Dengan Masyarakat

Organisasi dibentuk atau didirikan didalam masyarakat. Diantaranya bahkan ada yang bersetujuan dan bertugas untuk memberikan pelayanan kepada anggota masyarakat. Dalam kenyataan seperti itu maka tidak satupun organisasi sebagai proses kerja sama sejumlah orang, yang dapat melepaskan masyarakat dalam usaha mewujudkan tujuannya, banyak diantara organisasi itu yang memerlukan hubungan intensif dengan masyarakat disekitarnya. Sehubungan dengan itu, usaha meningkatkan efisiensi dan efektivitas hubungan dengan masyarakat sebagai bagian proses kerjasama, diperlukan proses pengendalian secara sistematis dan terarah.

2.2 Siapa Saja Yang Harus Mendapat Perhatian Dari Manajer Puncak

Pihak yang berpengaruh kepada organisasi yang mendapatkan perhatian dari manajer puncak adalah :

A. Lingkungan Internal

a. Pemilik organisasi, adalah para pemilik yang menyertakan modal, ide, ataupun berdasarkan ketentuan lainnya dinyatakan sebagai pemilik organisasi.

b. Tim manajemen, adalah orang-orang yang ditunjuk sebagai pengelola organisasi dalam aktivitas sehari-hari

c. Para anggota atau para pekerja, adalah orang yang bekerja sebagai karyawan pada perusahaan.

d. Sumber daya perusahaan lainnya seperti bahan baku, keuangan, termasuk informasi

B. Lingkungan Eksternal

a. Pelangan, adalah meraka yang secara lansung menggunakan barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan

b. Pesaing, adalah organisasi lain yang menjalankan bisnis yang sama dengan bisnis yang kita jalankan.

c. Pemasok, adalah perusahaan atau organisasi lain yang menyediakan bahan baku bagi perusahaan kita

d. Partner strategi, adalah perusahaan lain yang menjalankan bisnis berbeda dengan perusahaan kita, tetapi secara menjadi mitra dalam menjalankan bisnis yang saling menguntungkan.

2.3 Mengamati Dan Memanfaatkan Faktor Lingkungan Internal Dan Eksternal

Telaah lingkungan internal ini mencermati (scanning) kekuatan dan kelemahan dilingkungan internal organisasi sendiri yang dapat dikelola manajemen meliputi antara lain :

a. Struktur organisasi termasuk susunan dan penempatan personelnya.

b. Sistem organisasi dalam mencapai efektivitas organisasi termasuk efektivitas komunikasi internal

c. Sumber daya manusia, sumber daya alam, tenaga terampil (skill) dalam tingkat pemberdayaan sumber daya, termasuk komposisi dan kualitas sumber daya manusianya.

d. Biaya operasional berikut sumber dananya.

e. Faktor-faktor lain yang menggambarkan dukungan terhadap proses kinerja/misi organisasi yang sudah ada, maupun yang secara potensial dapat muncul dilingkungan internal organisasi seperti teknologi yang telah digunakan sampai saat ini.

Telaah lingkungan eksternal ini mencermati (scanning) peluang dan tantangan yang ada dilingkungan eksternal organisasi sendiri (yang tidak dapat dikelola manajemen) yang meliputi berbagai faktor yang dapat dikelompokkan dalam bidang/aspek.

1. Task environtment, secara langsung bertiteraksi dan mempengaruhi organisasi seperti : klien, konsumen, stakeholder, pesan pelanggan.

2. Societal environtment, pada umumnya terdiri dari beberapa elemen penting seperti ekonomi, teknologi, sosial budaya, politik, hukum, lingkungan hidup, ekologi, geografi.

a. Economic environtment, merupakan suatu kerawanan bagi kebanyakan organisasi, dan analisisnya paling sulit dilakukan, karena menyangkut ekonomi tingkat nasional. Misalnya, masalah keuangan negara, tingkat inflasi, suku bunga, dan sebagainya.

b. Tecnological environment, merupakan hal yang tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan economic environment. Kemajuan teknologi yang sangat pesat pada saat ini menurut organisasi untuk selalu mengikuti perubahan tekologi ini agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

c. Social environment. Menjadi yang paling penting dalam kehidupan organisasi keran menyangkut prilaku sosial dan nilai-nilai budaya (social and values). Transparasi/keterbukaan merupakan suatu tuntutan baru, terutama terhadap pemerintahan, sementara kritik masyarakat harus diperhatikan, dan adanya tuntutan akan penigkatan “quality of life” yang semakin gencar.

d. Ecological environtment, merupakan hal yang sangat sulit dianalisis. Identifikasi tentang kecendrungan dan peluang sangat sulit dilakukan, karena sangat tergantung pada kemapanan (maturity) lingkungan, belum ada suatu pembakuan yang telah disepakati bersama. Termauk dalam ecological environtment ini antara lain masalah polusi dan pencemaran lingkungan alam (fisik).

e. Political environtment, merupakan kebijakan-kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan bidang kegiatan organisasi, misalnya kebijakam perpajakan moneter, perizinan yang mempunyai dampak jangka panjang pada efektivitas organisasi. Hal ini akan terasa pada organisasi yang bidang kegitannya telah diatur oleh pemerintah (termasuk administrasi dan organisasi publik sebagai aparat pemerintah), karena organisasi ini akan tergantung pada kehidupan politik pemerintah.

f. Security environtment, terutama bagi indonesia masa kini merupakan aspek yang perlu dipertimbangkan dengan teliti. Masalah keamanan sangat berpengaruh terhadap kehidupan dan kelangsungan suatu organisasi, terutama yang mempunyai kegiatan yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat. Demikian juga pada bidang geografi dimana organisasi berada, serta pesaing yang memiliki kegitanan dan usaha yang sama dengan organisasi sendiri

BAB III. PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Lingkungan internal adalah lingkungan yang berada di dalam organisasi terdebut dan secara langsung memiliki implikasi yang langsung dan khusus pada perubahan.

Lingkungan eksternal adalah lingkungan yang berada di luar organisasi saling mempertukarkan sumber dayanya dengan organisasi tersebut tergantung satu sama lain.

Dalam pengembangan strategi dalam manajemen dibutuhkan kerjasama dari beberapa pihak yang mungkin berpengaruh dalam manajemen organisasi yang harus mendapat perhatian dari manajer puncak.

Dalam rangka pencapaian tujuan sebuah organisasi manajemen, pengamatan lingkungan sekitar merupakan salah satu faktor dalam pengembangan pencapaian organisasi baik internal maupun eksternal organisasi untuk sebagai landasan dalam pengambilan tindakan selanjutnya dalam organisasi.

3.2 Saran

Sebelum pembuatan keputusan organisasi terlebih dahulu seharusnya melakukan identifikasi terhadap lingkungan sekitar baik internal maupun eksternal yang dekat pengeruhnya dengan organisasi, pengamatan ini dapat menjadi pedoman organisasi dalam kelanjutan pencapaian organisasi kedepan.

Kerjasama dengan berbagai pihak harus dikembangkan untuk mempermudah pencapaian organisasi, seperti halnya manusia makhluk sosial yang membuthkan bantuan orang lain begitu juga organisasi yang membutuhkan uluran bantuan dari pihak lain pula.

Baca juga makalah manajemen strategi lainnya :

Strategi Implikasi Keputusan Evaluasi
Pengambilan Keputusan Organisasi
Sistem Informasi Strategik
Struktur Kultur Sumber Daya Organisasi
Evaluasi Manajemen Strategi
Alternatif Perumusan Kebijakan Organisasi
Formulasi Strategik
Perumusan Pelaksanaan Evaluasi Strategi
Perumusan Visi Misi Tujuan Strategi Organisasi
Model Deskriptif Manajemen Strategi
Konsep Dasar Manajemen Strategik
Implementasi  Strategik
Buka Komentar