Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Materi Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian dan Pangan

download tphp, teknologi pertanian pangan hasil

Download Materi Pembelajaran Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian dan Pangan Format Slide Power Point PPT - Kosngosan - Jurusan pertanian, tidak lengkap rasanya belum belajar teknologi pengolahan pertanian. Ilmu teknologi pengolahan hasil pertanian ini merupakan ilmu terapan dari berbagai ilmu sains seperti kimia dan biologi.

Menurut Wikipedia, teknologi pertanian merupakan penerapan prinsip - prinsip matematika dan ilmu pengetahuan alam dalam rangka pendayagunaan secara ekonomis sumberdaya pertanian dan sumberdaya alam untuk kesejahteraan manusia.

Tujuan penggunaan teknologi dalam pengolahan hasil pertanian dan pangan, selain mengubah bahan menjadi produk akhir, juga untuk memperpanjang daya simpan bahan pertanian, dengan teknologi pengolahan diharapkan bahan hasil pertanian akan memperoleh nilai tambah dan daya simpan yang jauh lebih besar dan lama.

Nah, apa yang terjadi apabila bahan pertanian dan pangan tidak menggunakan teknologi untuk mengolahnya? maka yang terjadi adalah terjadinya kerusakan bahan pertanian dan pangan. Bahan dikatakan rusak apabila telah menunjukkan suatu kerusakan sifat dari: rasa, bau, tekstur dan kenampakan.

Faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan bahan pangan diantaranya :

1. Faktor dari dalam yaitu kadar air dan fisiologis bahan pertanian dan pangan tersebut.

2. Faktor dari luar seperti oksigen, hewan, mikroba, kelembaban, temperatur, dan metode penyimpanan.

Dalam terapannya, bidang teknologi pertanian akan mempelajari yang namanya biokimia, yaitu penggabungan antara ilmu kimia dan biologi. Cakupan wilayah kerjanya juga tidak berada dilahan, namun tempatnya lebih mengarah di laboratorium. Berkutat dengan beberapa pelakuan terhadap mikroba, senyawa kimia dan kajian dalam bidang gizi yang berhubungan dengan dunia pangan seperti Karbohidrat, Protein, Lemak dan sebagainya.

Teknologi pertanian juga bisa dikatakan tentang penggunaan peralatan mesin dalam pertanian,seperti menganai, peralatan traktor, penyemaian dengan mesin, penyemprotan antioksidan dengan pesawat, modifikasi cuaca dan lain sebagainya yang memanfaatkan teknologi terhadap kepentingan pertanian.

Apa saja yang akan dipelajari dalam file pembelajaran yang akan mimin berikan ini ? kamu akan mempelajari mengenai PENGENALAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN, KERUSAKAN HASIL PERTANIAN, ARTI PENTING MIKROBIA, PENGOLAHAN PANGAN DENGAN FERMENTASI, PENGOLAHAN BUAH DAN SAYUR, PENGOLAHAN KACANG-KACANGAN, PENGENALAN SUSU, PRODUK OLAHAN SUSU, TELUR, FOOD ADDICTIVE dan PENGOLAHAN SUHU RENDAH.

Download Materi Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian dan Pangan Disini

Penting : Kamu mesti masukin password RAR "www.kosngosan.com" tanpa tanda petik untuk membuka atau mengektrak file yang mimin berikan. Setelah mengunduh filenya, sekali lagi masukkan pasword www.kosngosan.com untuk mengektrak file ppt nya keluar. Sekian dari mimin, semoga artikel ini berguna bagi kalian yang sedang mempelajari teknologi hasil pengolahan pertanian dengan baik dan komprehensif. Happy downloading guys! :v
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya