Download Pembangunan Wilayah Pedesaan (Ekonomi Regional)

Download Pembangunan Wilayah Pedesaan (Ekonomi Regional)

studi pedesaan dan ekonomi regional
Download Pembangunan wilayah pedesaan
Download Bahan Makalah Pembangunan Wilayah Pedesaan atau Ekonomi Regional -Kosngosan Ilmu pembangunan wilayah pedesaan atau disebut juga Ekonomi regional adalah salah satu cabang dari ilmu ekonomi yang secara spesifik membahas mengenai pengaturan wilayah ekonomi dari suatu negara dengan mempertimbangkan kondisi dan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki oleh negera tersebut. 

Pembangunan pedesaan ini memili sifat multi dimensional dan multi aspek, artinya perlu dilakukan analisis atau pembahasan yang lebih terarah dan dalam konteks serba keterkaitan dengan bidang atau sektor dan aspek di luar pedesaan (fisik dan non fisik, ekonomi dan non ekonomi, sosial-budaya, spasial, internal dan eksternal.

Defisini Pembangunan Wilayah Pedesaan atau Ekonomi Regional

Bahan Makalah Pembangunan Wilayah Pedesaan dan Ekonomi Regional ini tidak membahas mengenai kegiatan individu per individu, tetapi hanya sebatas menganalisis wilayah secara keseluruhan dengan mempertimbangkan potensi yang dimiliki oleh wilayah tersebut sehingga dapat dikembangkan demi mempercepat pertumbuhan ekonominya.

Fenomena kesenjangan pembangunan antar wilayah di suatu negara, meliputi wilayah-wilayah yang sudah maju dan wilayah-wilayah yang sedang berkembang memicu kesenjangan sosial antar wilayah. Hal inilah yang memicu pentingnya mempelajari pembangunan wilayah pedesaan.

Untuk mencapai keberhasilan dari pembangunan wilayah pedesaan, Indonesia dihadapkan pada banyak tantangan yang sangat berbeda sifatnya dibandingkan pada masa silam. Tantangan pertama berkaitan dengan kondisi eksternal seperti perkembangan internasional yang berhubungan dengan liberalisasi arus investasi dan perdagangan global. 

Tantangan kedua bersifat internal, yaitu yang berkaitan dengan perubahan kondisi makro maupun mikro dalam negeri. Meliputi masalah migrasi spasial dan sektoral, transformasi struktur ekonomi, ketahanan pangan, masalah ketersediaan lahan pertanian dan masalah investasi hingga  masalah pengetahuan teknologi. 

Mengapa Pembangunan Wilayah pe-Desaan (PWD) sangat penting diterapkan di indonesia? Karena ilmu ini digunakan untuk menentukan diwilayah mana suatu kegiatan ekonomi sebaiknya dipilih dan mengapa wilayah tersebut menjadi pilihan berdasarkan pertimbangan pertimbangan yang dihasilkan oleh ilmu ekonomi regional.

Konsep ekonomi regional dikembangkan dari kebutuhan suatu daerah untuk meningkatkan fungsi dan perannya dalam menata kehidupan ekonomi, sosial, budaya, pendidikan hingga mencpai tingkat kesejahteraan masyarakat. 

Pengaruh globalisasi, pasar bebas dan regionalisasi juga turut menyebabkan terjadinya perubahan dan dinamika spasial, sosial, dan ekonomi antar negara, antar wilayah baik kecamatan hingga pedesaan.

Pentingnya Studi Pembangunan Pedesaan dan Ekonomi Regional

studi pedesaan dan ekonomi regional
studi pedesaan dan ekonomi regional
Studi ini sangat bermanfaat untuk menguraikan tentang gambaran wajah (profil) dan keadaan daerah yang dilakukan studi, meliputi sumberdaya alam dan lingkungan, kependudukan dan pola permukiman, sistem administrasi pemerintahan, proses, dan prosedur perencanaan pembangunan.

metode yang diambil untuk pengumpulan data dilakukan melalui diskusi kelompok terarah (Focus Group Discussion), melakukan analisis-analisis (a) analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman), (b) analisis permasalahan, (c) analisis potensi, dan (d) analisis kebutuhan kelompok dalam masyarakat, tujuan, strategi kebijakan dan program pembangunan yang dibutuhkan masyarakat dengan menggunakan kriteria terukur. 

Selain dari pada itu perlu dilakukan pula penentuan Desa Pusat Pertumbuhan (DPP) sebagai upaya meningkatkan kelancaran penyebaran pembangunan dalam konteks pendekatan spasial (tata ruang). 

Pendekatan spasial merupakan pendekatan interaksi lokasional, yang menjelaskan dimana meletakkan prasarana dan sarana pada daerah yang membutuhkan interaksi sumberdaya-sumberdaya 

pembangunan yang terjadi pada suatu tata ruang.

Sudah saatnya wilayah pedesaan dikembangkan menjadi sentra-sentra tertentu. Kita tidak bisa lagi memandang wilayah pedesaaan hanya sebagai daerah yang mendukung kehidupan perkotaan. Sebaliknya pembangunan wilayah kota dan pedesaan haruslah berimbang dan menyatu agar tercipta pembangunan ekonomi yang diharapkan.

Oke, setelah banyak memaparkan mengenai deskripsi atau penjelasan Pembangunan Wilayah Pedesaan (Ekonomi Regional), maka mimin akan memberikan kalian sebuah modul atau ebook berbentuk pdf mengenai ekonomi pembangunan regional oleh Dra. Emilia ME dan Dra. Imelia MSi yang keduanya merupakan pengajar di Universitas Jambi. Silahkan dicomot sepuasnya dan jangan lupa untuk berkomentar....

Setelah kamu mengklik link dibawah ini, kamu akan diarahkan pada tab baru berisi halaman safelink. Tunggu lima detik, kemudian klik link yang muncul. Kamu akan langsung mendapatkan filenya. Terimakasih telah berkunjung di kosngosan.