Download Makalah Energi Terbarukan Pemanfaatan Cangkang Sawit

Download Makalah Energi Terbarukan Pemanfaatan Cangkang Sawit

makalah pengolahan limbah, kelapa sawit
Download makalah pemanfaatan cangkang sawit
Download Makalah Energi Terbarukan Pemanfaatan Cangkang Sawit hanya di  KosngosanSebelum kamu mengunduh contoh makalah tentang Energi Alternatif dan Terbarukan ini, mimin kasih sedikit pembahasan mengenai Energi dan peranan energi terbarukan bagi kelangsungan hidup manusia.

Mengapa makalah energi terbarukan dan alternatif ini dibutuhkan saat ini? Karena kebutuhan energi semakin meningkat dari tahun ke tahun, hal tersebut dikarenakan bermunculannya alat-alat yang pengoperasiannya membutuhkan energi, sedangkan energi yang digunakan saat ini menggunakan energi yang dihasilkan dari sumber-smber energi konvensional yaitu sumber energi tak terbarukan.

Pengertian Energi Terbaharukan (Renewable Energy)

Energi Terbarukan (Renewable Energy) adalah energi yang pada umumnya merupakan sumberdaya non fosil yang dapat diperbaharui dan apabila dikelola dengan baik dan massif maka sumberdayanya tidak akan habis. Jenis energi terbarukan meliputi Panas bumi, Mikrohidro, Tenaga Surya, Tenaga Gelombang, Tenaga Angin, dan Biomasa.


Pengertian tersebut membawa kesimpulan bahwa energi terbarukan sudah pasti juga merupakan energi berkelanjutan, karena senantiasa tersedia di alam dalam waktu yang relatif sangat panjang sehingga tidak perlu khawatir atau antisipasi akan kehabisan sumbernya.

Cangkang Sawit, Biomassa Prospektif Untuk Energi Masa Depan

Biomassa telah menjadi sumber energi penting sejak orang pertama mulai membakar kayu untuk memasak makanan dan menghangatkan diri melawan dinginnya musim dingin. Kayu masih merupakan sumber yang paling umum dari energi biomassa.

Tetapi sumber-sumber lain dari energi biomassa meliputi tanaman pangan, rumput dan tanaman lain, limbah pertanian dan kehutanan dan residu, komponen organik dari limbah kota dan industri, bahkan gas metana dari tempat pembuangan sampah dipanen masyarakat. 


limbah cangkang sawit energi

Biomassa ini dapat digunakan untuk menghasilkan listrik dan sebagai bahan bakar untuk transportasi, atau untuk memproduksi produk yang tidak akan membutuhkan penggunaan bahan bakar fosil.

Salah satu jenis biomassa yang digadang gadang adalah limbah cangkang kelapa sawit. Kelapa sawit merupakan perkebunan terbesar pertama di Indonesia. Oleh karena itu, limbah cangkang ini sangat berlimpah dan murah bila dibandingkan biomassa lainnya.

Apa saja jenis limbah yang bisa dimanfaatkan dari industri kelapa sawit atau palm oil? Sebut saja tankos (tandan kosong) dan cangkang biji sawit. Nah, kita fokus pada pemanfaatan cangkang biji sawit yang akan diolah menjadi briket sebagai pengganti batu bara yang dapat digunakan sebagai energi terbarukan.

Cangkang (Shell) sawit merupakan limbah dihasilkan dari pemrosesan kernel inti sawit dengan bentuk seperti tempurung kelapa, mempunyai kalor 3500 kal/kg-4100 kkal/kg.

Dalam makalah energi terbarukan mengenai pengolahan cangkang sawit ini, akan membahas mengenai Klasifikasi dan morfologi kelapa sawit (elaeis guinee), jenis jenis Limbah kelapa sawit, Karakter limbah kelapa sawit, Pengolahan limbah kelapa sawit, Pengolahan limbah cangkang kelapa sawit jadi briket arang hingga Proses pengolahan briket cangkang kelapa sawit sampai pada pembahasannya.

Oke, langsung saja kamu bisa mengunduh makalah tentang Download Makalah Energi Terbarukan Pemanfaatan Cangkang Sawit disiniPENTING : Sebelum kalian membuka file dokumen berbentuk .doc nya, terlebih dahulu kalian akan mendapati file RAR yang diberikan password. 

Buka passwordnya dengan memasukkan "www.kosngosan.com" tanpa tanda kutip. Setelah itu kalian bisa membuka dan mengedit file makalahnya, Happy downloading gaes!


Buka Komentar