Pengertian Politik Pembangunan Pertanian + Makalah format Doc

Pertanian merupakan bidang penting untuk memenuhi pangan bagi suatu negara. Majunya bidang pertanian dalam suatu negara, tergantung dengan peran pemerintah dalam menerapkan berbagai kebijakan, serta memasukkan teknologi informasi kedalam sistem pertanian itu sendiri. Kali ini kosngosan akan membahas mengenai politik pembangunan pertanian.

politik pertanian

Sebelum kamu mendownload materi dan makalah mengenai politik pertanian ini, ada baiknya kita membahas sekilas mengenai politik pembangunan pertanian yang ada di Indonesia.

Pengertian Politik Pertanian


Defenisi politik pertanian menurut para ahli pada dasarnya merupakan segala bentuk kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk memperlancar dan mempercepat laju pembangunan pertanian. Walaupun terkadang sering diasumsikan dengan politik yang berkaitan dengan cara-cara kelompok masyarakat mencapai tujuan (politiknya).

Baca juga : Contoh makalah pembangunan wilayah pedesaan ekonomi regional

Ruang lingkup politik pembangunan pertanian termasuk petani, komoditi hasil pertanian, dan wilayah pembangunan dimana kegiatan pertanian berlangsung, pembinaan terhadap petani diarahkan sehingga menghasilkan peningkatan pendapatan petani.

Pengembangan komoditi hasil pertanian diarahkan benar-benar berfungsi sebagai sektor yang menghasilkan bahan pangan, bahan ekspor, dan bahan baku bagi industri.

Pentingnya penerapan politik pertanian yang dirumuskan oleh pemerintah bertujuan untuk merangkul setiap pelaku dalam industri pertanian guna meningkatkan koordinasi dan kerjasama antar lembaga pertanian.

Hal ini untuk mewujudkan tujuan dari politik pertanian itu sendiri, yaitu memajukan pertanian, mengusahakan agar pertanian menjadi lebih produktif, produksi dan efisiensi produksi naik dan akibatnya tingkat penghidupan dan kesejahteraan petani meningkat.

Kebijakan pertanian dirumuskan oleh pemerintah, dalam hal ini Kementrian Pertanian dan instansi terkait terhadap produksi primer dengan tujuan untuk meningkatkan produksi pertanian nasional.

Untuk mencapainya dapat dilakukan dengan jalan intensifikasi dan ekstensifikasi. Intensifikasi dilakukan dengan berbagai cara yang dapat meningkatkan produktivitas lahan. Sedangkan ekstensifikasi dilakukan dengan cara yang dapat menambah luas lahan pertanian yang dapat ditanami.

Pada akhirnya, pertanian nasional akan tumbuh jika teori politik pertanian bisa diterapkan dengan baik. Diantaranya peningkatan sarana dan prasarana yang mendukung tumbuhnya industri pertanian, tersediaya kelembagaan dan peningkatan SDM secara memadai.

Sarana dan prasarana dari tersedianya bahan baku industri pertanian, yakni bahan-bahan pertanian yang memadai dan harga yang layak, jaminan harga yang wajar dan menguntungkan serta berjalannya mekanisme pasar secara transparan serta tidak ada distorsi yang disebabkan oleh adanya kebijakan yang memihak.

Selain itu juga adanya prasarana jalan, pasar dan lembaga-lembaga pendukung lainnya seperti lembaga penyuluhan pertanian, lembaga keuangan yang menyediakan modal bagi usaha sektor industri pertanian. Hal ini semua diperlukan agar industri pertanian dapat tumbuh dengan baik.

Download Makalah dan Materi Politik Pembangunan Pertanian DISINI

Petunjuk :

Setelah kamu mengklik link dibawah ini, kamu akan diarahkan pada tab baru berisi halaman safelink. Tunggu lima detik, kemudian klik link yang muncul. Kamu akan langsung mendapatkan filenya. Terimakasih telah berkunjung di kosngosan.

Buka passwordnya dengan memasukkan "www.kosngosan.com" tanpa tanda kutip. Setelah itu kalian bisa membuka dan mengedit file makalah dan materi pembelajarannya. Selamat mendownload!!

Baca juga : Download Makalah dan Materi Manajemen Perkebunan

Demikian postingan mengenai Download Makalah dan Materi Politik Pembangunan Pertanian ini. Semoga bermanfaat untuk kalian, jangan lupa untuk membagikan tulisan ini di media sosial kalian, terimakasih sudah berkunjung di blog kosngosan.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel