Pengertian Sekolah Menengah Atas, Perbedaan SMA, SMK dan MA

Pengertian Sekolah Menengah Atas, Perbedaan SMA, SMK dan MA

Baca juga :

Dalam tingkatan sekolah di Indonesia, SMA adalah tingkatan akhir dari pembelajaran dasar dan menjadi pintu gerbang untuk masuk pada jenjang yang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi atau kampus. Seperti apa defisini SMA dan apa yang membedakannya dengan Sekolah Menengah Kejuruan dan Madrasah Aliyah? Mari simak pembahasannya dibawah ini.
pengertian sma

Sekolah Menengah Atas atau yang bahasa inggrisnya disebut Senior High School dan sering disingkat High School merupakan proses dan tingkatan belajar dimana kamu sudah menyandang status sebagai seorang pelajar. Artinya kamu dituntut untuk lebih aktif, kritis dan mandiri ketimbang sebutan murid yang lebih sering ditujukan kepada anak SD atau SMP.

Apasih Pengertian Sekolah Menengah Atas? Mungkin kamu pernah mencari tahu pengertiannya. Mimin kasih tahu sedikit mengenai pengertian Sekolah Menengah Atas menurut parah ahli. Kalau pendapat wikipedia, SMA adalah jenjang pendidikan formal di Indonesia setelah lulus Sekolah Menengah Pertama (atau sederajat).

Menurut ahli Om Sarwono (2007) definisi siswa Sekolah Menengah Atas yakni setiap orang yang secara resmi terdaftar untuk mengikuti pelajaran di dunia pendidikan pada tingkatan menengah atas. Kamu yang duduk dikelas X, XI dan XII adalah kategori untuk siswa sekolah menengah atas ini.

Baca juga : Contoh Soal HOTS UNBK SD, SMP, SMA 2019 dan Ciri Pembelajarannya

Sekolah menengah atas ditempuh dalam waktu 3 tahun. Dan bila dihitung paralel dari sekolah dasar, maka SMA dimulai dari kelas 10 sampai kelas 12. Contoh jurusan atau macam macam jurusan SMA di indonesia ada tiga, yaitu jurusan IPA, IPS dan Agama.

Perbedaan SMA, SMK dan MA


Pada dasarnya memang ketiga lembaga pendidikan ini memiliki banyak perbedaan, bila ditinjau dari tujuannya mencetak lulusan siswa siswinya, SMA memiliki tujuan untuk mempersiapkan anak didiknya kepada jenjang perguruan tinggi.

SMK mempersiapkan anak didiknya untuk produktif dan terampil sehingga bisa langsung bekerja, sementara MA mempersiapkan anak didiknya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi berbasis agama dibawah otoritas kementrian agama seperti UIN atau IAIN.

Secara terperinci, kamu bisa lihat tabel perbedaan antara SMA, SMK dan MA dibawah ini :

Aspek SMA SMK MA
Tujuan pembelajaran Mempersiapkan lulusannya untuk pendidikan tinggi atau sekolah tinggi Mempersiapkan lulusannya untuk keterampilan kerja dan siap bekerja Mempersiapkan lulusannya untuk pendidikan tinggi agamma atau sekolah tinggi agama
Aspek pembelajaran Dibagi atas 3 bidang yaitu Ilmu Sosial, Ilmu Alam dan Ilmu Bahasa Dibagi menjadi Kelautan dan Kemaritiman, Pertanian dan Ketahanan Pangan, Ekonomi Kreatif dan Pariwisata dan Seni Dibagi menjadi bidang Al-Quran Hadits, Tafsir, Akhlaq, Fiqih, dan Sejarah Kebudayaan Islam
Prospek masa depan Mempersiapkan diri untuk bersaing di perguruan tinggi, mendapatkan nilai bagus dan lulus kuliah dengan IPK tinggi Mempersiapkan diri melatih keterampilan, memulai usaha atau bekerja mempraktekkan ilmu yang dipelajarinya. Mempraktekkan ilmu agama terhadap berbagai latar belakang suku, budaya, ras, dan menjunjung empati-toleransi sosial

Apasih kelebihan dan kekurangan SMA dibandingkan SMK dan MA? Pada dasarnya SMA memiliki kurikulum umum dan memang dipersiapkan untuk menempuh proses pembelajaran lanjutan berupa perguruan tinggi, untuk memfokuskan disiplin ilmunya.

Sedangkan pengertian SMK lebih ditujukan bagi mereka yang ingin terjun kedalam dunia kerja langsung setelah lulus. Atau MA yang berbasis agama islam.

Kalau kamu juga pernah mendengar sebutan SMU untuk kategori sekolah mengenah atas, berarti kita sama. SMU atau Sekolah Menengah Umum adalah sebutan lain dari SMA. Istilah SMU digunakan terakhir kali saat mimin masih kecil pada sebelum tahun 2000 an. Sekarang penggunaan SMA lebih sering digunakan.

Masih bingung cara membedakan antara SLTA dengan SMA? Perbedaan SLTA dan SMA mungkin terletak pada penyebutannya saja. Pada dasarnya SLTA dan SMA adalah sama, tetapi karena adanya perubahan penyebutan, maka SMA digunakan secara resmi hingga sekarang.

Kalau kamu masih penasaran mengenai sejarah penyebutan tingkatan sekolah di Indonesia, kamu bisa kunjungi blog disini. Disitu juga kamu bakalan tahu pengertian SMK, arti SLTA sederajat dan berbagai info lainnya

Saran bagi kalian yang masih SMA


Masa Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK/MA) merupakan masa yang penuh kenangan. Karena memang diwaktu ini lah kamu mulai menemukan jati dirimu, lebih mengerti tentang pahit manis kehidupan, asmara dan finansial. Nah ketika kita mengenang masa-masa tersebut, pasti akan senyum-senyum geli mengingat tingkah laku di masa itu.

Baca juga : 9 Cara Mendapat Nilai Bagus Tanpa Perlu Belajar dan Menghapal

Kamu yang sedang berada pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK/MA), pergunakan waktu mu untuk belajar dengan baik. Karena masa ini justru menjadi titik kritis untuk kesuksesanmu. Setelah lulus nanti, kamu juga mesti tahu betul kemana kamu akan melanjutkan studimu.

Oke, sekian artikel mengenai Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK/MA) ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang duduk dibangku SMA/SMK/MA. Semangat terus untuk belajar dan menimba ilmu.
Buka Komentar