Tips Perencanaan Keuangan Bagi Anak Kost

Tips Perencanaan Keuangan Bagi Anak Kost

Perencanaan Keuangan Bagi Anak Kost

Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan membahas mengenai perencanaan keuangan untuk anak kost. Financial plan yang baik adalah dimulai sejak menjadi anak kost. Karena anak kos merupakan individu yang lebih leluasa mengatur keuangan. Anak kost bahkan terkadang masih bingung memilih antara menginvestasikan duitnya atau justru malah menghambur-hamburkannya. Apalagi kalau masih jadi mahasiswa yang biaya hidupnya ditanggung orang tua, biasanya manajemen keuangan tidak begitu diterapkan dengan benar.

Ketika masih single dan ngekos sebenarnya kamu bisa lebih leluasa dalam merencanakan keuangan. Sebab, pengeluaran rutin rumah tangga tidak begitu besar. Bisa jadi, pengeluaran paling besar hanya untuk membayar uang kost. Anak kost belum terbebani dengan tagihan listrik dan cicilan-cicilan lainnya. Oleh karena itu, bagi para jones yang masih ngekos, disarankan agar mengalokasikan komposisi investasi menabung lebih besar.

Kamu ingin investasi tapi khawatir uang tidak cukup? Akhirnya malah mundur, tidak jadi investasi. Meksi uang pas-pasan, bukan berarti tidak bisa berinvestasi. Anak kost juga bisa menata alokasi keuangan dengan lebih baik. Sisihkan saja sedikit uang yang kamu punya untuk investasi. Saat ini untuk investasi reksa dana bisa dimulai dari seratus ribuan saja.

Pengertian Perencanaan Keuangan

Masa jones merupakan masa ketika kamu memiliki kemampuan untuk menyisihkan uang lebih banyak. Karena kalau sudah menikah dan sudah ada cicilan rumah dan mobil akan jadi tidak seleluasa seperti ketika masih jomblo dulu.

Idealnya, dari uang bulanan seharusnya bisa disisihkan 20-30 persen untuk menabung. Sebab, keperluan pribadi idealnya dialokasikan 30 persen. Sebanyak 40 persen uang bulanan digunakan untuk kebutuhan harian seperti transportasi dan makan.

Vokalis Nidji Giring, memberikan saran investasi buat kamu yang masih ngekos. “Untuk yang masih ngekos, coba cari tahu soal saham, disitu banyak yang bisa dibaca. Cari saham yang potensial, belilah saham untuk jangka panjang. Beli saja satu lot dulu,” katanya.

Pria berambut kribo ini pun menyarankan agar kamu tetap fokus di saham dan membelinya di saat yang tepat pula. Giring menyarankan kerja sambilan juga bisa dilakukan agar bisa mendapat uang untuk nabung saham. “Beli di saat harga saham sedang turun, karena untuk menganalisa saham secara teknikal itu butuh waktu,” ungkapnya.

Sementara, istri Giring, Cynthia Riza menyarankan agar kamu bisa menyisihkan uang jajan sedari awal dan rajin membaca berita. “Sedari awal sisihkan uang untuk investasi, jangan sisakan di belakang, tapi sisakan di depan.

Baru sisa uangnya dibelikan buat diri sendiri. Jangan disisakan belakangan untuk investasi karena pasti uangnya sudah habis duluan. Selain itu rajin-rajinlah melihat berita dan grafik,” kata dia.

Intinya, manajemen keuangan haruslah dimulai dari diri sendiri. Berikan kesempatan untuk menyimpan kelebihan uang yang kita miliki dalam bentuk investasi. Ada banyak bentuk investasi bagi anak kos yang patut di coba, semisalnya investasi emas, reksa dana dan justru menggunakannya sebagai modal dalam berbisinis.

Disadur dan diedit kembali dari republika.co.id. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari inspirasi dalam mengatur keuangan. Karena tanpa manajemen yang tepat, sebanyak apapun uang yang kita miliki tentunya akan habis tanpa berbekas. Oleh karena itu dibutuhkan pengaturan dalam setiap aktifitas keuangan kita. Terakhir, jangan lupa untuk memberikan komentar dibawah ini .