Tips Perencanaan Keuangan Bagi Anak Kost

Tips Perencanaan Keuangan Bagi Anak Kost

tips perencanaan keuangan anak kost
Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan membahas mengenai perencanaan keuangan untuk anak kost. Financial plan yang baik adalah dimulai sejak menjadi anak kost. Karena anak kos merupakan individu yang lebih leluasa mengatur keuangan. Anak kost bahkan terkadang masih bingung memilih antara menginvestasikan duitnya atau justru malah menghambur-hamburkannya. Apalagi kalau masih jadi mahasiswa yang biaya hidupnya ditanggung orang tua, biasanya manajemen keuangan tidak begitu diterapkan dengan benar.

Ketika masih single dan ngekos sebenarnya kamu bisa lebih leluasa dalam merencanakan keuangan. Sebab, pengeluaran rutin rumah tangga tidak begitu besar. Bisa jadi, pengeluaran paling besar hanya untuk membayar uang kost. Anak kost belum terbebani dengan tagihan listrik dan cicilan-cicilan lainnya. Oleh karena itu, bagi para jones yang masih ngekos, disarankan agar mengalokasikan komposisi investasi menabung lebih besar.

Kamu ingin investasi tapi khawatir uang tidak cukup? Akhirnya malah mundur, tidak jadi investasi. Meksi uang pas-pasan, bukan berarti tidak bisa berinvestasi. Anak kost juga bisa menata alokasi keuangan dengan lebih baik. Sisihkan saja sedikit uang yang kamu punya untuk investasi. Saat ini untuk investasi reksa dana bisa dimulai dari seratus ribuan saja.

Pengertian Perencanaan Keuangan

Masa jones merupakan masa ketika kamu memiliki kemampuan untuk menyisihkan uang lebih banyak. Karena kalau sudah menikah dan sudah ada cicilan rumah dan mobil akan jadi tidak seleluasa seperti ketika masih jomblo dulu. Idealnya, dari uang bulanan seharusnya bisa disisihkan 20-30 persen untuk menabung. Sebab, keperluan pribadi idealnya dialokasikan 30 persen. Sebanyak 40 persen uang bulanan digunakan untuk kebutuhan harian seperti transportasi dan makan.

Seperti apa definisi perencanaan keuangan itu? Menurut laman wikipedia, perencanaan keuangan yang didasaran atas pengertian Financial Planning Standard Board (FPSB) merupakan proses kegiatan mencapai tujuan keuangan seseorang atau organisasi melalui manajemen keuangan secara terintegrasi dan terencana. Topik juga bahasan di dalam perencanaan keuangan bisa dikatakan cukup banyak. Topik dalam perencanaan keuangan mayoritas diurutkan berdasarkan prioritasnya dimulai dari yang terpenting hingga yang kurang penting.

Tips Perencanaan Keuangan Bagi Anak Kost


Adapun langkah yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan kost mu adalah sebagai berikut :

1. Catat setiap pengeluaran rutin tiap bulan


Pengeluaran merupakan sesuatu yang harus dibayarkan sesegera mungkin. Karena pengeluaran berhubungan dengan kebutuhan sehari-hari mu sebagai anak kos. Pengeluaran ini bisa dibedakan menjadi pengeluaran harian, mingguan, dan bulanan. Kamu yang harus mempersiapkan dan membagi pengeluaran berdasarkan jenis-jenisnya.

2. Sisihkan sebagian bulanannya kepada instrumen investasi


Mimin menyarankan agar kamu bisa menyisihkan uang jajan sedari awal dan rajin membaca berita. Sedari awal sisihkan uang untuk investasi, jangan sisakan di belakang, tapi sisakan di depan. Baru sisa uangnya dibelikan buat diri sendiri. Jangan disisakan belakangan untuk investasi karena pasti uangnya sudah habis duluan. Selain itu rajin-rajinlah melihat berita terkini mengenai perkembangan ekonomi.

3. Perbaikilah kebiasaan buruk sejak dini


Kebiasaan buruk yang dimaksud disini adalah kebiasaan terhadap menghabiskan uang secara berlebihan atau biasa kita sebut sebagai menghambur-hamburkan uang. Sebagai akibatnya, ada banyak pengeluaran tak terencana yang terjadi, gaya hidup yang berlebihan, dan baru tersadar saat sudah terlambat. Oleh karena itu segera hilangkan kebiasaan tidak sehat ini dan beralihlah kepada pola hidup yang lebih bersahaja dan sederhana.

4. Tidak ada Salahnya Mencoba Bisnis Kecil-kecilan


Berbisnis ketika sekolah maupun kuliah merupakan terapi yang sangat berguna untuk kamu menghadapi dunia kerja besok hari setelah tamat atau wisuda. Oleh karena itu, berbisnis dengan mengandalkan hal hal kecil seperti dropship, reseller, online shop, blogger, youtuber dan lainnya bisa kamu coba demi menambah passive income-mu. Karena kemandirian ekonomi sudah harus ditanamkan sejak dini mengingat sulitnya mencari kerja zaman sekarang.

5. Mulailah Melunasi Hutang ke Teman-teman Kos mu


Hutang dengan nominal cukup banyak dapat merusak pertemananmu, atau secara lambat laun pasti akan memperjelek statusmu di kost an. Bila kamu memang bertekad untuk melunasi hutang mu sesegera mungkin, maka kamu harus mulai mencicil utang mu tersebut. Termasuk hutang sewa kost yang sudah menunggak beberapa bulan. Sadarlah bahwa hutang akan memberatkanmu nantinya, jadi jangan keseringan berhutang kecuali dalam keadaan kepepet atau memang lagi butuh sekali.

6. Bersedekah akan Memperkaya Dirimu


Semua uang bulanan yang kita peroleh adalah rezeki dari Tuhan. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban untuk bersukur dengan memberikan sumbangan kepada mereka yang membutuhkan. Mulailah dengan kewajiban keagaman seperti zakat, sedekah dan lain-lain. Selain itu, jangan pelit untuk memberi dan membantu sesama teman yang sedang membutuhkan bantuan finansial.

Intinya, manajemen keuangan haruslah dimulai dari diri sendiri. Berikan kesempatan untuk menyimpan kelebihan uang yang kita miliki dalam bentuk investasi. Ada banyak bentuk investasi bagi anak kos yang patut di coba, semisalnya investasi emas, reksa dana dan justru menggunakannya sebagai modal dalam berbisinis.

Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari inspirasi dalam mengatur keuangan. Karena tanpa manajemen yang tepat, sebanyak apapun uang yang kita miliki tentunya akan habis tanpa berbekas. Oleh karena itu dibutuhkan pengaturan dalam setiap aktifitas keuangan kita. Terakhir, jangan lupa untuk memberikan komentar dibawah ini .

Buka Komentar