Mahasiswa Anti Pancasila Dikeluarkan Dari Kampus

Mahasiswa Anti Pancasila Dikeluarkan Dari Kampus

Kalau membaca judul diatas, mungkin sebagian dari kamu akan bertanya, kenapa bisa bisa ada Mahasiswa atau pelajar yang Anti Pancasila sampai Dikeluarkan Dari Kampus atau sekolah? Itu adalah salah satu akibat dari diri sendiri yang tidak bisa menerima kemajemukan dalam lingkungan kampus maupun antar budaya yang ada di Indonesia.

Mahasiswa Anti Pancasila Dikeluarkan Dari Kampus

Sebagai langkah strategis dalam rangka penguatan ideologi Pancasila di Perguruan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pengajaran Tinggi telah n bekerjasama dengan Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) meluncurkan Program Penguatan Pengajaran Pancasila bertema “Pancasila Dalam Tindakan”. Peluncuran program ini dijalankan di IPB International Convention Center.

Banyak dari mahasiswa yang mewakili perguruan tinggi dari Indonesia berkumpul untuk mengikuti rangkaian acara. Kesibukan hari pertama berlangsung dengan rencana orientasi mahasiswa dan orientasi dosen mengenai penjelasan penyelenggaraan program. Mahasiswa dan dosen akan merasakan pertunjukan film dan berbicara dengan sineas film “Pantja Sila: Cita-cita dan Realita”.

Pada hari kedua yakni acara utama, mahasiswa dan dosen akan berjumpa dengan Presiden Republik Indonesia, di Istana Bogor. Para peserta akan berkeliling istana dan senam bersama dengan Presiden. Presiden sekalian akan mengesahkan Peluncuran Program Penguatan Pengajaran Pancasila.

Berakhir acara di Istana Bogor, para peserta kembali mengikuti aktivitas di IPB Convention Center untuk mendalami dan pengamalan Pancasila. Pada akhir acara, akan dilaksanakan penyematan pin terhadap para “Pelopor Pancasila”.

Indonesia merupakan negara paling majemuk di dunia. Kemajemukan memberikan kekayaan yang luar biasa, tetapi di sisi lain masyarakat yang majemuk susah sekali menemukan sebuah titik pertemuan. Indonesia dengan seluruh kemajemukannya disatukan oleh Pancasila sebagai pemersatu, yang tanpa Pancasila bangsa Indonesia juga akan kehilangan tujuan.

Nah, seberapa penting sih pancasila bagi mahasiswa? Adanya dilema bangsa yang menyebabkan perlunya penguatan Pancasila antara lain dari bahaya ideologi radikalisme, narkoba, terorisme, rendahnya kesanggupan berdaya upaya kritis yang positif serta rendahnya kekuatan saing bangsa Indonesia. Ditambah lagi, mahasiswa sekarang seperti mengalami penurunan pemahaman ideologi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Oleh karena itu, adanya program ini dinilai sangat bermanfaat untuk memantapkan kembali Pancasila sebagai ideologi bangsa. Yang semestinya diamalkan oleh anak muda dan kaum akademisi yang bernama Mahasiswa ini. Semoga Dalam Tindakan ini, mahasiswa bisa mengimplementasikan dalam kehidupan dan pergaulan sehari-hari dan bisa dijadikan untuk kemakmuran rakyat Indonesia. Jadilah mahasiswa dan pelajar yang berpancasila!

Buka Komentar