Tips Menjaga Kesehatan Bagi Anak Kost Perantauan

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Anak Kost Perantauan

Tips Sehat Anak Kost

Kali ini kosngosan akan membahas mengenai cara menjaga kesehatan bagi anak kost. Kali ini kita akan mengetahui alasan mengapa mahluk perantauan ini hidup dalam ancaman ketidaksehatan. Barangkali kalian juga ingin tahu sejauh mana sih anak kost serius dalam menjaga kesehatannya?

Karena sehat bernilai mahal. Dia tidak datang secara instan. Terjaga karena kita care dengan tubuh kita, ditambah dengan rajin konsumsi Makanan Sehat. Namun nikmat ini sering terlupakan. Dan ketika benar - benar diacuhkan, dia akan menuntut balik dan menyatakan perang dengan membawa penyakit kepada kita melalui gejala yang cenderung tersepelekan.

Berbicara mengenai anak kost, baik saya dan pembaca pasti sepakat menyatakan bahwa anak kost memiliki resiko kesehatan yang cukup tinggi. Hal ini dipicu dari berbagai pola hidup dan asupan gizi yang buruk setiap harinya. Ditambah lagi anak kost yang memiliki sifat apatis dalam menjaga kebersihan sekitar lingkungan kost mereka.

Minimnya kepedulian sekitar ala anak kost memang sebuah ironi. Mereka bukanlah kalangan tanpa ilmu. Kebanyakan adalah civitas akademik yang sudah tahu dampak kebersihan terhadap kesehatan. Dengan apa yang saya rasakan selama empat tahun sebagai anak kost,  membuat saya berpikir bahwa anak kost perlu membentuk suatu pola yang mengatur kehidupan mereka sehari - hari, supaya terhindar dari bahaya penyakit yang mengintai kapan saja.

Full Aktifitas

Sebagai seorang pegiat organisasi, filantropi dan aktifis, anak kost memang sibuk dengan dunia akademi dan kampus. Kebanyakan berkutat didalam ruangan dan hampir pasti tidak menghasilkan keringat, dikarenakan lebih fokus terhadap aktifitas non-fisik.

Minim Konsumsi Makanan Sehat

Kamu pasti setuju kalau mie instan selalu dikaitkan dengan makanan pokok anak kost. Dan ini adalah salah satu kebisaan yang tidak sehat. Minim konsumsi serat dan selalu mengedepankan asupan full karbohidrat praktis membuat anak kost lebih tinggi resikonya terserang diabetes dan penyakit usus yang diakibatkan karena menjadi budak mie instan.

"Say No to Junk Food"

Interaksi Gawai Berlebihan

Era milenia memang menjadikan hidup anak kost lebih mudah. Tapi ada dampak kesehatan yang mengancam dari kebiasaannya yang selalu berhubungan dengan gawai. Efek radiasi, nomophobia, insomnia, depresi dan obesitas adalah beberapa ancaman serius bagi penggila gawai.

Anomali Pola Pikir dan Pola Hidup

Saya sebut anomali, karena menyimpang terhadap hal hal mainstream. Banyak yang kurang senyum, jarang bersosialisasi dengan warga setempat, main game online semalam suntuk di kamar kost, tekanan deadline tugas dari dosen killer, dan segala sesuatu yang bisa mengakibatkan stress dan depresi yang tentunya merusak kesehatan mental anak kost.

Mulailah instropeksi. Lakukan hal positif yang bisa memperbaiki moodmu. Jangan terlalu mengurung diri di dalam kost, atau terlalu liar diluar sampai lupa istirahat di kost. Lepaskan pikiran dari tekanan luar. Sesekali kamu harus menenangkan pikiranmu. Tarik nafas dan lepaskan dengan perlahan di pagi hari. Nikmati paparan sinar matahari pagi yang akan memperlancar sirkulasi darahmu.

Semua mesti seimbang. Seperti itulah konsep kesehatan hakiki. Kamu anak kost yang punya rutinitas nge-gym dan bingung hendak mencari makanan yang pas buat membangun massa otot-mu?Kamu  juga mesti punya program menaikkan massa otot dengan memperhatikan kalori pada catering yang akan kamu pesan.

Demikian Tips Menjaga Kesehatan Bagi Anak Kost Perantauan. semoga bermanfaat bagi kamu yang punya program kesehatan.