Tips Sukses Belajar dari Sistem Pendidikan Korea Selatan

Tips Sukses Belajar dari Sistem Pendidikan Korea Selatan

Tips Sukses Belajar dari Sistem Pendidikan Korea Selatan

Tips Sukses Belajar dari Sistem Pendidikan Korea SelatanPendidikan di Korsel sendiri terkenal dengan persaingan nilai yang sangat ketat diantara siswa-siswinya. Negera gingseng yang terkenal akan K-POP yakni girlband dan boyband nya ini memiliki segudang kisah yang unik. 

Terbukti dengan banyaknya cerita maupun tulisan yang mengungkapkan bahwa banyak siswa siswi Korea Selatan yang bunuh diri karena stress, akibat tekanan belajar yang terlalu tinggi.

Sebenarnya tidak se-ekstrem itu di dalam kenyataannya. Negara Korea Selatan sendiri sudah sangat maju di dalam bidang pendidikan dan juga teknologi. Oleh karena itu persaingan untuk mendapatkan pekerjaan menjadi semakin meningkat.

Setiap siswa pasti memiliki bakat yang ingin ia kembangkan maupun pengalaman yang ingin ia dapatkan. Jadi disamping persaingan nilai yang ketat murid korea selatan juga mengikuti kegiatan serupa seperti kegiatan ekstrakulikuler. Tidak sedikit dari murid korea selatan juga mengikuti kegiatan sukarelawan agar dapat memberikan nilai tambah (coba kalo diterapkan di indonesia ya)

Tidak main-main persaingan murid korea selatan di dalam nilai. Hanya berbeda ‘nol koma satu’ saja sudah bisa menurunkan ranking. Sehingga bagi murid korea selatan nilai adalah hidup dan mati. Lalu apakah yang murid korea selatan lakukan hanya belajar saja? Tentu saja tidak.

Untuk tips-tips belajar yang murid korea selatan jelaskan ternyata cukup sederhana saja. Setiap orang memiliki waktu yang sama 24 jam sehari. Setiap manusia diberi waktu yang sama yaitu 24 jam dalam sehari. Lalu bagaimanakah cara murid korea selatan untuk membagi waktu tersebut?

Pelajar korea selatan biasanya akan mengambil 7 jam untuk tidur. Bukan tidur dengan keadaan gelisah akan tugas dan PR namun tidur yang benar-benar nyenyak dimana tubuh kita dapat beristirahat semaksimal mungkin. Kemudian murid korea selatan akan mengambil sekitar 13 hingga 14 jam untuk belajar.

Selama 13 jam yang murid korea selatan ambil murid korea selatan benar-benar belajar. Seperti misalnya di kelas murid korea selatan tidak boleh mengantuk dan harus benar-benar memperhatikan pelajaran yang diberikan oleh guru. Karena menurut murid korea selatan, murid korea selatan sudah mengambil waktu untuk tidur.

Jadi murid korea selatan tidak boleh mengantuk di kelas. Sedangkan 3 sampai 4 jam yang tersisa murid korea selatan ambil untuk bermain ataupun bersistirahat. Jadi ketika waktu belajar maka harus belajar dengan sungguh-sungguh dan ketika waktu main maka murid korea selatan benar-benar melakukan refreshing.
Kami hanya merasa bahwa kami harus belajar

Mungkin masih banyak diantara kita yang belum memiliki tujuan hidup dan cita-cita. Ada orang yang telah memiliki rencana masa depannya dan ada pula murid korea selatan yang masih memiliki bayangan kosong tentang masa depan murid korea selatan.

Siswa-siswa di Korea pun juga ada yang masih merasakan hal serupa. Namun, ketika menyadari bahwa murid korea selatan belum memiliki cita-cita murid korea selatan tidak menyerah untuk belajar melainkan tetap belajar dengan sangat giat.

Bagi pelajar korea selatan belajar adalah sebuah kebutuhan seperti ketika kita bernafas. Maka dari itu kita tetap harus belajar semaksimal mungkin sembari mencari tahu apa yang benar-benar kita sukai dan apa yang benar-benar kita impikan. murid korea selatan yakin bahwa suatu saat nanti usaha belajar murid korea selatan ini akan sangat dibutuhkan di masa depan.

Usaha tidak akan pernah berkhianat

Mungkin kalian pernah atau bahkan sering mendengar kata-kata diatas. Menurut kebanyakan siswa siswi Korea selatan, semua hal yang terjadi di dalam hidupnya adalah berkat usahanya sendiri. 

Oleh karena itu murid korea selatan sangat giat berusaha untuk mencapai kesuksesan karena murid korea selatan percaya kepada dirinya bahwa semua usaha yang telah di lakukannya tidak mungkin akan mengkhianatinya.

Jika kita sudah berusaha tetapi masih tetap tidak berhasil, murid korea selatan berfikir bahwa usaha yang murid korea selatan lakukan masih kurang. Namun bagi kita orang Indonesia yang beragama kita hanya perlu mengambil sisi positifnya dengan terus berusaha because hardwork never betrays.

Stress adalah salah satu bagian atau paket dari kegiatan belajar. Stress karena terlalu lama belajar adalah hal wajar yang sering dialami oleh siswa terutama siswa yang akan menghadapi tes maupun ujian.

Stress adalah hal yang wajar karena memang otak kita lama-lama akan merasa tertekan ketika kita tidak bisa memahami pelajaran maupun stress karena tekanan. Siswa-siswa Korea menganggap bahwa itu adalah hal biasa. Ketika otak murid korea selatan sudah mencapai batasnya maka murid korea selatan akan mencari cara bagaimana untuk melawan stress tersebut maupun menghilangkan stress tersebut.

Ada yang menghilangkan stress dengan menyanyi di karaoke, ada yang menuangkannya dalam olahraga dan ada pula yang menghilangkan stress dengan cara mengingat-ingat cita-citanya.

Jadi bagi murid korea selatan stress sudah menjadi paket dalam kegiatan belajar oleh karena itu sepintar-pintarnya kita untuk menghilangkan rasa stress tersebut.

Nikmatilah masa mudamu di bangku sekolah

Dulu aku mengira bahwa menjadi dewasa itu sangat menyenangkan. Waktu sekarang dimana kamu berada adalah waktu yang akan sangat kamu rindukan di masa depan nanti. Apakah kamu akan melewatinya begitu saja? Tidak ada mesin waktu di dunia nyata ini seperti yang ada di film dan drama.

Di masa depan, kalian tidak akan bisa merasakan bagaimana rasanya tidur di kelas ketika pelajaran terasa membosankan, kalian tidak akan bisa merasakan rasa bahagia ketika kelas kosong, kalian tidak akan pernah bisa merasakan suasana senang sedih di kelas kalian lagi.

Disaat kalian berjuang untuk mencapai cita-cita kalian nikmatilah masa-masa itu, karena penyesalan akan datang belakangan. Ketika kalian berada di kelas, cobalah kalian lihat teman kalian satu persatu. Betapa berharganya masa muda kalian.

Gapailah cita-citamu tetapi tetap santai

Inti dari kalimat tersebut adalah agar kalian tetap berusaha untuk menggapai cita-cita tetapi tetap santai. Santai dalam artian tidak melakukan segala cara agar cita-citamu dapat tercapai dan tidak merasa terburu-buru untuk menggapai mimpimu. Santai dengan terus berada di dalam jalur pencapaian cita-cita tetapi juga memperhatikan kehidupan di sekitarmu.

Jadi itulah beberapa tips belajar yang dilakukan oleh siswa-siswa di Korea Selatan. Belajar itu kewajiban bukan beban. Nikmatilah karena usaha kalian saat ini akan kalian petik di masa depan nanti. Oleh : Pramesti Rifna Saputri