Cara Bekerja Tanpa Mengganggu Waktu Kuliah dan Sekolah

Cara Bekerja Tanpa Mengganggu Waktu Kuliah dan Sekolah

tips kerja sampingan
Bekerja Sambil Kuliah atau Sekolah menjadi pilihan bagi mereka yang memang memiliki jiwa wirausahawan sejak muda. Enterpreneurship kini sudah berkembang sangat pesat khususnya di Indonesia, dengan banyak munculnya pengusaha kreatif yang masih tergolong muda dan berbakat.
Tema “yang muda yang bergerak” diangkat karena generasi muda harus sudah berpikir dan bergerak dalam memajukan perekonomian Indonesia. Sebagai penerus bangsa, generasi muda khususnya mahasiswa dan pelajar harus peka dan peduli terhadap perekonomian nasional.

Melihat pengangguran yang begitu banyak karena kekurangan lapangan pekerjaan. Generasi muda harus mempunyai keberanian dan mampu mengambil risiko untuk membuka peluang usaha mandiri dengan tidak takut gagal dan ragu untuk memulainya. Generasi muda seharusnya menjadi penerus sekaligus penyelamat bagi perekonomian bangsa dan negara, untuk itu wirausaha bisa menjadi jalan yang mudah untuk dipilih oleh generasi muda.

Berwirausaha cukup dikatakan mudah untuk memulai dan menjalaninya dan berwirausaha akan berpengaruh besar terhadap masyarakat luas. Berwirausaha berarti membuka lapangan pekerjaan dan memberikan kesempatan bagi mereka yang pengangguran agar mempunyai pekerjaan, juga bisa membantu perekonomian negara.

Kita sebagai mahasiswa harus bisa terasa keberadaannya di lingkungan yang notabene warga asli. Setidaknya dengan berwirausaha berarti kita membuka peluang pekerjaan bagi mereka yang pengangguran dan bisa membantu mengurangi angka pengangguran di lingkungan sekitar.

Langkah-langkah untuk memulai berwirausaha itu harus diawali dengan niat yang kuat. Ketika sudah mempunyai niat yang kuat maka selanjutnya harus mengenali potensi diri, dengan cara mencari tahu apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan diri.

Baca juga : Tips Google Adsense Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Ketika sudah tahu apa kekurangan dan kelebihan diri, maka langkah selanjutnya adalah harus mengasah apa yang menjadi potensi diri. Yang terakhir harus bisa fokus dan bisa mempelajari keuangan secara detail. Apa saja yang menjadi penyebab ketika usaha menurun, dan harus bijak dalam mengatur keuangan?

tips kerja sampingan

Entrepreneur yang sukses mempunyai tanda-tanda atau kemampuan sebagai berikut:
berani beraksi dalam satu hal atau bisa mengambil keputusan yang tepat dan menyukai tantangan, yang selanjutnya adalah fokus, banyak akal, tidak ragu, optimistis, dapat beradaptasi, cepat belajar, dan mau mendengar. Inilah tanda atau sikap yang harus dilakukan oleh seorang entrepreneur jika akan menggapai kesuksesan.

Baca juga tips hemat ini : Tips Hemat Menabung Untuk Membeli Rumah

Nah beranjak dari peluang bisnis yang berdasar pada problematika diatas, kamu juga bisa memulai tips kerja sampingan dibawah ini :

1. Cari masalah disekitarmu untuk dikembangkan menjadi bisnis

Mencari masalah menjadi salah satu hal yang terpenting dalam menentukan bisnis sampingan mu. Carilah masalah yang bisa diatasi dan berpeluang untuk dijadikan bisnis, seperti disaat sekolah mu membutuhkan media promosi untuk membuka murid baru, kamu bisa mengajukan jasa promosi lewat internet dan media sosial mu melalui sistem endorsment, misalnya.

2. Mulailah dengan modal kecil dan keberanian untuk merintis

Memulai bisnis adalah langkah terpenting. Percuma saja kamu belajar bisnis secara teori, namun kamu tidak memulai bisnis sampinganmu. Dengan modal kecil, kamu sudah bisa menjual beberapa barang kecil kebutuhan teman-teman sekolahmu seperti buku pelajaran bekas, perlengkapan menulis atau makanan ringan. Begitu juga dengan mahasiswa, bisa mendirikan beberapa stand yang menjual barang atau makanan unik, pemasaran bisa melalui konvensional dan online.

3. Seimbangkan antara belajar dan berbisnis

Jangan lupa, kamu adalah seorang pelajar atau mahasiswa yang memiliki tujuan utama untuk belajar. Bisnis adalah aktifitas sampinganmu. Jangan terbalik. Oleh karena itu berbisnis merupakan langkah untuk menambah pengalaman dan pemasukanmu selain hanya mengandalkan uang dari kedua orang tua.

4. Jangan lupa menabung dan berbagi kepada sesama

Setelah bisnis sampinganmu terbilang sukses, dan kamu sudah bisa menghasilkan passive income, kamu juga harus berbagi untuk sesama. Karena ada hak orang lain pada penghasilanmu juga. Kamu bisa menyisihkan juga penghasilanmu untuk menabung dan mempersiapkan masa depanmu nantinya.

Pada akhirnya berbisnis sambil kuliah dan sekolah adalah opsi yang menguntungkan buat kamu yang ingin segera berlepas dari sokongan orang tua. Tidak ada salahnya untuk mencoba hidup mandiri demi mempersiapkan masa depan yang terbilang cukup keras nantinya. Janga lupa untuk berkomentar dibawah ini ya.

Sumber : student.cnnindonesia.com dengan perubahan seperlunya.

Buka Komentar