Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjaga Kesehatan Saat Sibuk Belajar di Sekolah dan Kampus

Tips untuk menjaga kesehatan bagi kalian mahasiswa ataupun pelajar merupakan saat yang krusial untuk mencapai kesuksesan. Pelajar dan mahasiswa umumnya akan lebih aktif dan mandiri serta memiliki kesempatan untuk menentukan gaya hidupnya sendiri termasuk pola makan dan aktifitas sehari hari.

Namun, pada masa saat inilah justru banyak pelajar dan mahasiswa yang terjerumus dalam pola hidup yang tidak sehat seperti pola makan yang tidak teratur, terlalu banyak kegiatan sehingga kurang istirahat, banyak bergadang, terlalu banyak mengonsumsi cemilan atau junk food yang kurang sehat,  bahkan ada yang memiliki kebiasaan merokok, minum minuman alkohol bahkan sampai terjerumus narkoba.

Nah, bagaimana cara menghindari kebiasaan yang bisa merenggut nikmat kesehatan tersebut? Mimin melansir dari okezone, ada beberapa langkah teknis yang bisa kita terapkan apabila ingin sehat dengan segudang aktifitas padat. Cek list dibawah ini :

Pilih makanan yang beragam dan seimbang


Pemilihan jenis makanan akan sangat menentukan status gizi dan kesehatan para pelajar. Sebaiknya pilih jenis makanan yang bervariasi jenisnya, termasuk makanan pokok (nasi, roti, mie, pasta, umbi-umbian), lauk (daging, ayam, telur, ikan dan berbagai jenis makanan laut lainnya), buah-buahan, sayur-sayuran dan juga produk-produk susu (susu, yoghurt, keju, eskrim).

Setiap jenis makanan memiliki kandungan gizi yang berbeda sehingga tidak mungkin memenuhi kebutuhan gizi seimbang hanya dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu saja. Jadi, jangan terpaku pada satu jenis makanan, tetapi mengkonsumsi beberapa daftar makanan sehat adalah yang terbaik.

Biasakan sarapan dan makan teratur


Sarapan sangat penting sebagai bekal energi, meningkatkan stamina serta konsentrasi belajar. Melewatkan sarapan menyebabkan adanya dorongan untuk makan berlebihan nantinya, juga dapat meningkatkan berbagai resiko penyakit seperti maag, obesitas, jantung, hipertensi, diabetes. Sarapan yang baik merupakan sarapan lengkap yang terdiri dari karbohidrat, lauk-pauk, sayuran atau buah-buahan dan minuman. Biasakan makan secara teratur 3 kali sehari kecuali pada saat berpuasa.

Minum air putih yang cukup


Kebutuhan akan air minum ini disesuaikan dengan kondisi dan aktifitas fisik masing-masing pelajar, namun umumnya minimal 8 gelas sehari atau 2 liter air. Kurang mengonsumsi cairan dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat menurunkan kondisi fisik, konsentrasi dan dapat berakibat fatal.
Kurangi konsumsi kafein
Sudah menjadi kebiasaan umum bagi para pelajar terutama mahasiswa untuk mengonsumsi kopi, the atau minuman berenergi ketika belajar hingga larut malam agar lebih bersemangat dan tidak mengantuk.

Namun konsumsi minuman-minuman yang mengandung kafein ini harus dibatasi karena kafein yang berlebihan dapat menyebabkan kecanduan, gangguan tidur (insomnia), dehidrasi, peningkatan tekanan darah dan detak jantung. Batas aman konsumsi kafein berbeda-beda pada setiap individu, namun umumnya setara dengan 4 cangkir kopi per hari.


Kurangikonsumsi lemak, gula dan garam



Konsumsi lemak, gula dan garam yang tinggi dapat meningkatkan risiko timbulnya penyakit seperti hipertensi, stroke, penyakit jantung, kanker pada kemudian hari. Ketiga hal ini juga banyak terkandung dalam cemilan atau snack.

Jika ingin mengonsumsi makanan junk food, sebaiknya pilih yang sarat gizi (nutrient-dense food) seperti lemper ayam, pastel telur dan sayuran, salad buah, bukan hanya tinggi kalori namun tidak banyak mengandung nilai gizi (empty calorie) seperti keripik kentang dan permen. Sedangkan untuk minuman, susu rendah lemak dan jus buah asli (tanpa tambahan gula) merupakan pilihan yang lebih sehat dibandingkan minuman ringan atau soft drink.

Demikian tips dan Cara Pelajar dan Mahasiswa Menjaga Kesehatan saat Sibuk Beraktifitas  yang dilansir dari okezone.com, semoga dapat bermanfaat bagi kalian, para pelajar dan mahasiswa yang memang memiliki segudang kegiatan di luar sana.

Selain tips-tips untuk memenuhi kebutuhan gizi diatas, hal-hal lainnya yang harus diperhatikan oleh para pelajar dan mahasiswa adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan, antara lain dengan selalu mencuci tangan sebelum makan dan memastikan kebersihan dan keamanan makanan yang hendak dikonsumsi.

Selain itu, pelajar juga sebaiknya menjaga kebugaran dengan menyempatkan berolahraga secara teratur, dan menghindari rokok, minuman keras serta obat-obatan terlarang lainnya.
Sumber : okezone.com
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya