Cerita Mahasiswa

Cerita Mahasiswa

Cerita mahasiswa

Cerita Mahasiswa kali ini akan mimin bahas di kosngosan.Selamat bagi kamu yang sudah menjadi mahasiswa baru. Bagaimana perasaan mu? apakah menjadi mahasiswa berbeda dengan menjadi pelajar dan murid ketika disekolah?

Tentunya sangat berbeda, bukan? Mimin yakin kamu akan punya segudang alasan untuk mengatakan bahwa menjadi mahasiswa berbeda seratus delapan puluh derajat dibandingkan ketika SMA ataupun SMP.

Menjadi mahasiswa ada embel embelnya. Mahasiswa selalu punya cerita. Gelar "maha" kini tersematkan dalam status barumu sebagai salah satu civitas akademika. Pun semakin bertambahnya umur, kamu menjadi lebih dewasa dengan mengedepankan pemikiran matang dan kritis terhadap keadaaan sekitar.

Nah, Kosngosan sebagai salah satu portal mahasiswa yang membahas kisah dan cerita mahasiswa, dapat membantumu dalam mengembangkan ilmu dan mempermudah pemahasan dalam mencari ilmu dalam lembaga pendidikan tinggi atau Dikti.

Pengertian Mahasiswa

Mahasiswa merupakan orang yang belajar di perguruan tinggi, baik di universitas, institut atau akademi. Orang orang ini terdaftar sebagai murid di perguruan tinggi dapat disebut sebagai mahasiswa.

Pada dasarnya makna mahasiswa tidaklah sesempit itu. Terdaftar sebagai mahasiswa di sebuah Perguruan Tinggi hanyalah syarat administratif menjadi mahasiswa, tetapi menjadi mahasiswa mengandung pengertian yang lebih luas dari sekedar masalah administratif itu sendiri.

Mahasiswa juga bisa jadi adalah mereka yang mengabdi bagi masyarakat. Memanfaatkan ilmu yang dia dapat untuk kepentingan masyarakat banyak. Walaupun sebenarnya gelar mahasiswa secara formal adalah bagi mereka yang kuliah dan terdaftar secara resmi di institusi pendidikan tinggi, tetapi bagi mimin mahasiswa yang sebenarnya haruslah bisa membawa perubahan positif bagi sekitarnya.

Menjadi mahasiswa adalah merupakan pilihan. Kamu yang mendaftar menjadi mahasiswa baru akan mengalami berbagai hal. Tentunya kamu Bisa saja menjadi pekerja setelah tamat sekolah atas. Namun, kamu memilih menjadi mahasiswa, karena kamu yakin dengan mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, kamu akan ditempa oleh berbagai pengalaman yang akan menjadikanmu lebih dewasa.

Disiplin ilmu mahasiswa adalah lebih tinggi dan kamu akan menjadi pribadi yang siap untuk diterjunkan ke tengah tengah masyarakat dan dunia kerja. Kamu juga tidak hanya mengharapkan biaya dari orangtua, tetapi rajin mencari beasiswa khusus mahasiswa berprestasi atau beasiswa daerah.

Ibarat sumber air yang bersih, kata kata mahasiswa lebih berilmu dibandingkan perkataan pelajar. Oleh karena itu, perkataan mahasiswa cenderung lebih kritis terhadap kebijakan penguasa. Terbukti, peran mahasiswa yang melakukan demo dan aksi massal dalam peristiwa jatuhnya rezim soeharto.

Peran Mahasiswa Kini

peran mahasiswa
Peran mahasiswa kini
Tidak ada yang memungkiri, mahasiswa adalah sosok yang memegang kunci dalam perubahan segala aspek kehidupan bernegara. Mahasiswa dinilai peran yang membawa kemajuan dalam industri, ekonomi dan segala aspek pembangunan bangsa.

Setidaknya ada beberapa peran mahasiswa yang perlu diketahui, seperti :

Mahasiswa sebagai Kontrol Sosial, artinya dapat menjadi pengawas bagi berjalannya pemerintahan. Baik dalam pembuatan kebijakan maupun peraturan yang dilakukan oleh pemerintah. Aspirasi ini bisa dilakukan oleh mahasiswa dengan salah satunya dengan cara demonstrasi yang tertib dan sesuai aturan.

Mahasiswa sebagai Iron Stock artinya disini adalah sebagai penerus bangsa untuk melakukan perubahan. Mahasiswa merupakan harapan bangsa dalam meneruskan perjuangan di masa depan. Sebagai golongan muda pasti pada waktunya akan menggantikan golongan tua, baik pada orginasasi maupun pada pemerintahan.

Mahasiswa sebagai agen Perubahan, artinya mahasiswa memiliki peranan yang sangat dibutuhkan dan penting dalam perubahan bangsa. Mahasiswa dapat merealisasikan teori yang di pelajarinya di kampus, terhadap masalah yang terjadi di masyarakat. Mahasiswa ini juga harus meneruskan dan menggantikan generasi sebelumnya untuk melakukan perubahan bangsa ke arah yang lebih baik tentunya.

Menjadi mahasiswa berarti bersiap menjadi orang yang positif. Jangan sampai menyiakan gelar "Maha" yang melekat di pundakmu. Membanggakan kedua orang tua, perguruan tinggi dan bangsa. Sehingga terciptalah pemuda pemuda generasi pembawa perubahan yang diharapkan oleh semua orang.

At last, mimin akan memberikan beberapa artikel atau postingan mengenai mahasiswa yang mimin telah terbitkan sebelumnya. Kamu tinggal pilih hendak membaca artikel mana yang kamu sukai. Intinya selagi kamu masih ingin menjadi mahasiswa yang berprestasi, silahkan baca artikel yang mimin berikan dibawah ini.

Demikian postingan mengenai Cerita Mahasiswa kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian, para anak kost sekaligus mahasiswa yang sedang galau karena skripsi-nya tidak di ACC oleh dosen pembimbing! :D