Download Makalah Politik Lengkap

Download Makalah Politik Lengkap

Download Makalah Politik



Download Makalah Politik hanya di kosngosan. Sebelum mengunduh makalah politik kali ini, ada baiknya kita membahas mengenai politik secara singkat dan jelas. Apa pengertian politik dan bagaimana konteks politik sekarang ini? Menurut Miriam Budiardjo, beliau menyimpulkan bahwa politik selalu berkaitan dengan masalah Negara (state), Kekuasaan (power), Pengambilan keputusan (decision making), Kebijakan (policy, beleid) dan Pembagian (distribution) atau alokasi (allocation).

Untuk lebih lengkapnya, mari kita bahas secara lebih terperinci mengenai politik itu seperti apa :

Pengertian Politik

Kata Politik berasal dari bahasa Yunani yaitu dari polis yang berarti kota atau negara kota. Kemudian arti itu berkembang menjadi polites yang berarti warganegara, politeia yang berarti semua yang berhubungan dengan negara, politika yang berarti pemerintahan negara dan politikos yang berarti kewarganegaraan.

Politik erat kaitannya dengan Interaksi warga Negara terjadi di dalam suatu kelembagaan yang dirancang untuk memecahkan konflik sosial dan membentuk tujuan negara. Dengan demikian kata politik menunjukkan suatu aspek kehidupan, yaitu kehidupan politik yang lazim dimaknai sebagai kehidupan yang menyangkut segi-segi kekuasaan dengan unsur-unsur yang telah disebutkan diatas menurut Budiarjo.

Dalam konteks politik sekarang, cara paling praktis yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam berpolitik antaralain adalah dengan menjadi anggota partai politik atau dengan menggunakan hakpilihnya dalam pemilu, baik untuk memilih lembaga perwakilan rakyat (MPR DPR,dan DPRD) maupun presiden dan wakil presiden.

Pada umumnya dapat dikatakan bahwa politik (politics) adalah usaha untuk menentukan peraturan-peraturan yang dapat diterima baik oleh sebagian besar warga, untuk membawa masyarakat kearah kehidupan bersama yang harmonis. Namun belakang ini, usaha berpolitik disalah artikan. Politik digunakan sebagai alat untuk meraih kekuasaan dan memperkaya diri. Hal ini tentunya menjadi tugas kita bersama dalam menciptakan politik yang sehat dan bersih dari praktik KKN.

Peran Politik dalam Kehidupan Bangsa dan Negara


peran politik
Politics Function
Dalam setiap pembentukan organisasi, pastilah ada tujuan yang harus dicapai. Partai politik, sebagai lembaga yang menjalankan mekanisme perpolitikan di indonesia, memiliki peran dalam kehidupan bangsa dan negara.

Tujuan politik pada dasarnya adalah menciptakan atmosfer yang membuat seseorang, baik individu maupun masyarakat, mampu berupaya untuk membuat kehidupannya menjadi lebih baik. Untuk mendapatkan apa yang dikehendaki, misalnya untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan.

Adapun tujuan pembentukan suatu parpol, disamping yang utama adalah merebut, mempertahankan ataupun menguasai kekuasaan dalam pemerintahan suatu mempertahankan ataupun menguasai kekuasaan dalam pemerintahan suatu bangsa dan negara juga dapat diperlihatkan dari setiap kegiatan yang dilakukannya.

Selain fungsinya dalam kehiduapn bangsa dan negara, politik juga bermanfaat sebagai penghubung  (linkage) antara rakyat dengan pemerintahan.

Untuk menyeimbangkan politik dalam mewujudkan kedaulatan dan keadilan sosial juga,  maka politik harus didudukan sesuai dengan porsinya.

Kamu bisa mengunjungi postingan kosngosan terkait makalah politik dibawah ini :
Mengenai keadilan sosial di Indonesia, yang masih belum merata, Kedaulatan dan keadilan sosial akan terwujud jika penyebarannya merata, dan tidak terjadi pertimpangan, baik dalam hal ekonomi, maupun juga politik.

Hal ini menjadi tugas kita bersama dalam mewujudkan cita cita bangsa yang telah ditetapkan oleh founding father kita. Oke, demikian pembahasan mengenai makalah politik kali ini. Mimin akan memberikan beberapa artikel, makalah dan materi mengenai Politik