Anak Kost Perlu Tahu, Tips Minjam Duit Berhutang Sama Pacar

Anak Kost Perlu Tahu, Tips Minjam Duit Berhutang Sama Pacar

ips Minjam Duit Berhutang Sama Pacar

Anak Kost Perlu Tahu, Tips Minjam Duit dan Berhutang Sama Pacar - Masa pacaran bagi anak kost merupakan masa yang indah, dan tentu menjadi harapan setiap anak kost untuk dapat menyenangkan pasangannya serta memberikan yang terbaik.

Dalam perjalanannya, topik keuangan menjadi salah pembahasan yang cukup sensitif sehingga tidak jarang topik ini cukup dihindari oleh pasangan. Apalagi pas di akhir bulan. Kamu yang mengalami defisit biaya hidup, mau tidak mau mesti mencari pinjaman untuk memberi makan perutmu.

Pinjam uang kepada pacar? Gengsi? Alasannya bermacam-macam, mulai dari menghindari kesan materialistis hingga tidak ingin menyinggung perasaan pasangan. Meski demikian, saat pasangan mengalami kesulitan keuangan tentu timbul keinginan untuk membantu.

Apalagi bila kondisi keuangan Anda memang lebih baik dan mempunyai uang lebih yang tidak begitu mendesak untuk digunakan. Namun tentu timbul keraguan. Jadi, apakah tepat memberikan pinjaman pada pasangan? Bagaimana caranya agar pasangan tidak tersinggung?

Memang dibutuhkan tips dan cara khusus agar maksud baik Anda dalam meminjamkan uang kepada pasangan tidak membawa masalah dalam hubungan percintaan Anda. Simak tips selengkapnya berikut ini:

Bantu sesuai kemampuan

Anda mungkin mempunyai keinginan besar untuk membantu pasangan menyelesaikan masalah, namun ingat untuk tetap membantu sesuai dengan kemampuan dan kapasitas Anda.

Misalnya bila dana yang dibutuhkan sangat besar dan melebihi yang Anda miliki, maka jangan memaksakan diri karena bisa saja pada ujungnya Anda yang mengalami kesulitan dan bahkan perlu meminjam pada pihak lain. Hal ini akan memperumit masalah.

Bantuan juga tidak harus selalu berupa uang, Anda bisa saja mengenalkan pasangan pada pihak yang dapat memberikan pinjaman sesuai dengan kebutuhannya.

Tentu saja bantuan semacam ini juga perlu mengukur kondisi Anda sehingga Anda tidak terjebak dalam situasi yang sulit.

Diskusikan cara pengembalian uang, termasuk jangka waktunya

Begitu Anda dan pasangan sepakat mengenai peminjaman uang, segera diskusikan dan tentukan pula mengenai cara pengembalian uang. Cara tersebut meliputi angsuran atau tunai, dan juga tenggat waktu pengembalian uang.

Meskipun Anda dan pasangan merupakan kekasih, namun persoalan uang sangat sensitif dan bila tidak dibicarakan dengan jelas rentan memicu masalah di belakang. Untuk itu sebaiknya bicarakan dengan jelas bahkan bila perlu membuat perjanjian hitam di atas putih apalagi bila nilai yang dipinjam cukup besar.

Akan lebih baik bila peminjaman dalam jumlah besar juga disertai dengan jaminan. Hal ini untuk mencegah agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan atau dimanfaatkan.

Berbagai hal di atas harus Anda diskusikan dengan pasangan, dan bila Ia merasa tidak nyaman untuk mendiskusikan hal ini maka juga dapat menjadi pertimbangan Anda apakah meminjamkan uang atau tidak.

Pahami situasi dan kondisi pasangan

Sebelum menawarkan pinjaman uang pada pasangan, coba pahami dahulu situasi pasangan dengan menggali informasi. Tentu dengan catatan bila pasangan memang bersedia untuk menceritakan kondisinya.

Upayakan untuk menunjukan niatan tulus dalam membantu dan keinginan untuk memahami, sehingga pasangan tidak malu atau gengsi untuk menceritakan kondisinya. Pelajari apakah memang kondisinya benar-benar mendesak dan tidak ada lagi tempat untuk meminjam uang.

Meminjam uang pada pasangan adalah topik yang sensitif, sehingga pastikan terlebih dahulu kondisinya dan diskusikan dengan hati-hati. Jangan sampai kalian putus gara gara hal sepele yang tidak dikondisikan sebelumnya.

Please, jangan ketagihan dan dijadikan hobi

Satu hal yang harus diingat, meminjamkan uang jangan dijadikan kebiasaan. Lakukanlah bila memang benar-benar mendesak dan pasangan tidak dapat meminjam lagi pada pihak lain.

Untuk itu, pelajari betul apakah dana tersebut memang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan yang benar-benar mendesak atau kebutuhan tersebut masih dapat ditunda dan menunggu dana terkumpul.

Bila sudah menjadi kebiasaan, maka hubungan Anda pun menjadi tidak sehat karena bukan lagi merupakan hubungan yang tulus tapi karena dilandasi adanya kebutuhan.

Bila pasangan Anda memang mempunyai komitmen yang baik, tentu Ia akan memahami hal ini dan malah berusaha sebisa mungkin untuk tidak perlu meminjam dari Anda. Sumber : ekonomi.kompas.com

Demikian artikel mengenai Anak Kost Perlu Tahu, Tips Minjam Duit Berhutang Sama Pacar, semoga dapat bermanfaat bagi kalian. Bagi yang jomblo tidak perlu baper membaca artikel ini, karena mimin sendiri adalah seorang jomblo :D