Defenisi Debat dan Materi Debat Wawasan Nusantara

Defenisi Debat dan Materi Debat Wawasan Nusantara

Baca juga :

Pengertian Manfaat Debat (Debate) Serta Materi Debate Wawasan Nusantara - Diantara banyak kegiatan lomba yang sering diikutsertakan, adalah Debat publik tentang berbagai hal. Kamu yang sedang duduk di bangku kuliah atau sekolah pasti sering mengikuti atau mengadakan lomba debat baik itu debat antar sekolah, kampus, nasional dan internasional tentang berbagai hal.

Debat dan Materi Debat Wawasan Nusantara

Nah kali ini, kosngosan akan berbagai informasi mengenai Materi Debat dan perubahannya. Apa itu debat? Debate dalam english, Menurut Wikipedia disebut sawala adalah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan.

Secara formal, debat banyak dilakukan dalam institusi legislatif seperti parlemen, terutama di negara-negara yang menggunakan sistem oposisi. Dalam hal ini, debat dilakukan menuruti aturan-aturan yang jelas dan hasil dari debat dapat dihasilkan melalui voting atau keputusan juri

Sementara itu defenisi wawasan nusantara atau wawasan kebangsaan. Kata wawasan berasal dari kata wawas (bahasa Jawa) yang berarti pandangan atau perspektif. Dan Nusantara terdiri dari kata nusa dan antara. Kata nusa artinya pulau atau kesatuan kepulauan, dan antara menunjukkan letak antara dua unsur. Jadi dapat diartiakan wawasan nusantara adalah cara pandang kita sebagai bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungan yang beragam dalam mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dan wilayah.

Apa manfaat debat sesungguhnya? Debat bertujuan untuk Melatih Berpikir Kritis, Melatih Komunikasi, Menambah Wawasan, Melatih Berfikir Kreatif, Mendorong Melakukan Penelitian serta Melatih Kepekaan.

Ada banyak sekali materi debat terutama yang bersangkutan dengan wawasan nusantara dan kebangsaan. Bila kamu jeli, ada banyak list website dan blog yang terdaftar di google untuk memaparkan materi mengenai materi debat kebangsaan ini.

Salah satunya adalah materi tentang wawasan nusantara oleh Bapak Suprapto Estede yang bisa kamu search di Search Engine Google Search. Materi tentang wawasan kebangsaan dan nusantara lengkap dibahas oleh beliau.

Kamu juga bisa membeli buku (book) yang berjudul Wawasan Nusantara penerbit Rineka Cipta. Buku ini bersumber pada karya tulis Pidato pengukuhan Penulis yang berjudul: "Pengembangan Rezim Hukum Wilayah Perairan Nasional Adalah untuk Mengimplementasikan Beberapa Ketentuan UUD 1945 dan Berdaya Guna Meningkatkan Potensi Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Nasional. Buku ini Bermanfaat sebagai referencee bagi mahasiswa yang mengambil kuliah Kewiraan, Hukum Tata Negara, dan Ilmu Pengetahuan Sosial lainnya.

Demikian article mengenai Defenisi Debat dan Materi Debat Wawasan Nusantara, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.
Buka Komentar