Makalah Poligami dalam Perspektif Keluarga Islam

Makalah Poligami dalam Perspektif Keluarga Islam

makalah poligami
Bagaimana poligami dalam pandangan islam? Ketika mendengar poligami kita pasti sering menyangkut pautkannya dengan ajaran agama islam. Namun praktik ini hanyalah salah satu dari ajaran islam yang harus diambil hikmahnya. Poligami tidak haram dan tidak pula dianjurkan. Ada kaidah dan syarat yang berlaku bagi mereka yang ingin melakukannya. Dan dalam makalah yang sebentar lagi akan kamu dapatkan ini, disitu akan dijelaskan secara lebih detail mengenai poligami secara lengkap dalam ruang lingkup keluarga islam.

Makalah Poligami dalam Perspektif dan Pandangan Keluarga Islam Jurusan Bimbingan Konseling Islam | Kosngosan - Islam sebagai agama sempurna, selalu berusaha untuk menyelaraskan hubungan ruhaniah dengan Tuhan dan hubungan sosial antar mahluk.

Karena hampir seluruh aspek dalam kehidupan muslim tidak luput dalam aturan Islam, dari yang berhubungan dengan sosial, negara sampai dalam berkeluarga sekalipun.

Islam dan budaya agama yang dibawanya terbukti telah diterima dengan baik oleh masyarakat pribumi. Tatkala islam yang notabene tidak mengenal kasta, dibawa dan disebarkan oleh pendakwah fleksibel, maka dengan cepat membaur dengan kearifan lokal yang ada.

Baca juga : Contoh Makalah tentang Poligami

Dalam makalah ini, kita akan membahas mengenai defenisi atau pengertian poligami secara umum maupun berdasarkan pakar dan ahli islam, dalil atau dasar hukum poligami dalam islam itu sendiri, mengetahui pandangan pelaku poligami terhadap konsep keadilan dalam poligami, mengetahui pandangan pelaku poligami terhadap konsep keadilan terhadap istri-istri yang dikemas dalam pandangan yang berimbang.

Pengenalan singkat mengenai poligami

pengenalan poligami

Secara singkat, istilah poligami adalah suatu praktik pernikahan kepada lebih dari satu pasangan baik itu suami atau istri (sesuai dengan jenis kelamin yang orang menikah). Hal ini tentunya adalah lawan dari istilah dan praktik yang biasa diterima dalam masyarakat umu, yaitu praktik monogami yang hanya memiliki satu pasangan, yaitu suami atau istri.

Ada tiga bentuk poligami, yakni poligini (seorang pria memiliki beberapa istri sekaligus), poliandri (seorang wanita memiliki beberapa suami sekaligus), dan pernikahan kelompok (group marriage, yaitu kombinasi poligini dan poliandri). Ketiga bentuk poligami tersebut ditemukan dalam sejarah peradaban manusia, namum poligini merupakan bentuk yang paling umum terjadi. Dan hanya praktek poligini-lah yang diperbolehkan dalam ajaran Islam itu sendiri.

Islam secara hukum dasarnya memang memperbolehkan seorang pria atau suami memiliki istri lebih dari satu (poligami, maksimal 4 sesuai yang tertera dalam al-quran) dengan syarat sang suami harus dapat berbuat ‘adil’ terhadap seluruh istrinya. Selain itu, ada persyaratan lain yang harus dipenuhi oleh suami, sesuai dengan peraturan negara masing masing (menyangkut aspek hukum).

Makalah ini juga membahas mengenai latar belakang poligami, syarat poligami menurut uu no. 1 tahun 1974 yang mengatur tata cara dan pelaksanaan poligami yang legal dalam perundang undangan indonesia.

Semoga setelah mengetahui mengenai poligami secara lebih lengkap, kamu bisa menilai mana yang terbaik. Jangan cepat mengjudge dan memberikan penilaian negatif juga memudahkan untuk berpoligami. Karena ini semua ada aturannya dalam islam.

Petunjuk : Setelah kamu mengklik link dibawah ini, kamu akan diarahkan pada tab baru berisi halaman safelink. Tunggu lima detik, kemudian klik link yang muncul. Kamu akan langsung mendapatkan filenya. Terimakasih telah berkunjung di kosngosan.

Download Makalah Materi Poligami disini

Oke, demikian artikel mengenai Poligami dalam Perspektif Keluarga Islam. Untuk mendownload makalah Poligami dalam Perspektif Keluarga Islam, silahkan klik link download dibawah ini.Jika menemukan link rusak, harap hubungi mimin lewat kontak atau komentar dibawah ini :)