Contoh Makalah Tentang Poligami

Contoh Makalah Tentang Poligami

makalah poligami
Poligami dalam islam adalah suatu hal yang diperbolehkan dan tidak terlarang. Bahkan aturannya sendiri jelas tertuang di dalam Al-quran dan al-hadist sebagai sumber hukum utama dalam agama ini. Namun untuk melakukan praktek poligami ini, ada beberapa persyarata yang harus dipenuhi oleh seorang lelaki (suami), salah satu nya adalah kemampuan dalam hal finansial dan berlaku adil. Juga harus mendapatkan persetujuan dari istri sebelumnya. Kali ini kita akan membahas lengkap mengenai poligami ini dalam islam.

Kamu dapat men-download file doc Contoh Makalah Tentang Poligami dalam Perspektif dan Pandangan Keluarga Islam Jurusan Bimbingan Konseling Islam hanya di kosngosan. Sebelumnya, kita membahas mengenai poligami terlebih dahulu. Kali ini kosngosan akan membagikan makalah dengan materi poligami. Sesuatu yang menjadi isu hangat dan klise dalam islam itu sendiri.

Baca juga : Makalah Poligami dalam Perspektif Keluarga Islam

Islam dan budaya agama yang dibawanya terbukti telah diterima dengan baik oleh masyarakat pribumi. Tatkala islam yang notabene tidak mengenal kasta, dibawa dan disebarkan oleh pendakwah fleksibel, maka dengan cepat membaur dengan kearifan lokal yang ada

1. Materi Pembahasan Poligami dalam Islam

Dalam makalah ini, kita akan membahas mengenai defenisi atau pengertian poligami secara umum maupun berdasarkan pakar dan ahli islam, dalil atau dasar hukum poligami dalam islam itu sendiri, mengetahui pandangan pelaku poligami terhadap konsep keadilan dalam poligami, mengetahui pandangan pelaku poligami terhadap konsep keadilan terhadap istri-istri yang dikemas dalam pandangan yang berimbang.

Makalah ini juga membahas mengenai latar belakang poligami, syarat poligami menurut uu no. 1 tahun 1974 yang mengatur tata cara dan pelaksanaan poligami yang legal dalam perundang undangan indonesia.

2. Landasan Hukum Poligami dalam Islam


contoh poligami

Dalam islam, Poligami adalah sesuatu yang diperbolehkan. Bahkan ada dalilnya langsung dari Al-quran, yaitu :

"Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga, atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.”(QS An-Nisa : Ayat 3)"

Istilah poligami, secara etimologis berasal dari bahasa Yunani, yaitu polus yang berarti banyak dan gamos yang berarti perkawinan. Bila pengertian kata ini digabungkan, maka poligami akan berarti suatu perkawinan yang banyak atau lebih dari seorang.

Sedangkan pengertian poligami menurut Kamus Bahasa Indonesia, adalah ikatan perkawinan yang salah satu pihak memiliki/mengawini beberapa lawan jenisnya di waktu yang bersamaan. Dalam bahasa arab poligami disebut ta’addud az-zaujat.

Setelah kamu meng-klik link dibawah ini, kamu akan diarahkan pada tab baru berisi halaman safelink. Tunggu lima detik, kemudian klik link yang muncul. Kamu akan langsung mendapatkan filenya. Terimakasih telah berkunjung di kosngosan.

Download Contoh Makalah Materi Poligami Format DOC disini

Oke, demikian artikel mengenai Makalah Poligami dalam Perspektif Keluarga Islam. Untuk mendownload makalah Poligami dalam Perspektif Keluarga Islam, silahkan klik link download dibawah ini. Terakhir jangan lupa untuk memberikan komentar, kritik atau saran untuk pengembangan blog ini.