Contoh Peluang Investasi Mahasiswa dan Pelajar

Contoh Peluang Investasi Mahasiswa dan Pelajar

Baca juga :

peluang investasi mahasiswa pelajar

Kosngosan akan membahas tentang Macam Peluang Investasi yang Menguntungkan bagi Mahasiswa dan Pelajar. Karena selain berbisnis, kamu juga membutuhkan tabungan untuk masa depan, dan salah satu seni menyimpan duit bagi kalian adalah dengan cara investasi.

Dalam artian KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Investasi merupakan kegiatan berupa penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek dengan tujuan memperoleh keuntungan (profit).

Dalam mempelajari tata cara investasi tersebut, Ilmu sosial, ilmu manajemen dan ilmu ekonomi merupakan disiplin ilmu yang paling simetris dalam mempelajari kegiatan investasi.

Nah, bagi kalian yang masih berstatus sebagai mahasiswa atau pelajar, mungkin kegiatan investasi sangat jarang dilakukan. Ini dikarenakan belum adanya pendapatan tetap dari seorang pengangguran seperti kalian.

Tetapi investasi sebenarnya bukan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang kaya dan orang yang memiliki penghasilan tetap saja. Kamu yang masih mengharapkan jajan dari orang tua-pun sebenarnya bisa mengelola dan mengembangkan aset mu untuk kesejahteraan diakhir bulan. Penasaran apa saja yang bisa dilakukan untuk berinvestasi ala mahasiswa dan pelajar?

Baca juga : Melirik Peluang Internet Marketing Bagi Mahasiswa dan Pelajar

Kamu perlu mempertimbangkan beberapa instrumen investasi dibawah ini yang sudah mimin rangkum khusus untuk kalian yang masih berstatus mahasiswa dan pelajar. Yuk simak pembahasannya dibawah ini :

Menabung (Saving)

Menabung pada dasarnya adalah konsep dalam investasi itu sendiri. Menabung disini memiliki artian luas. Menabung berarti menyimpan, meletakkan barang berharga, aset, materi yang kita punya kepada sesuatu yang aman, baik itu aman secara fisik maupun secara jasmani.

Tapi mimin ingin mempersempit makna menabung -nya. Karena sudah pasti, bila ada orang yang menyebut kata, menabung, maka yang terlintas dalam pikiran kita adalah "Menyimpan Duit". Betul bukan?

Ada banyak manfaat dalam menabung, selain mempersiapkan dana tak terduga. Menabung membuat kamu belajar hidup hemat. Perilaku borosmu pun secara perlahan akan menghilang. Kamu akan bisa mengatur keuangan secara lebih bijak dan berkelanjutan.

Selain itu, menabung juga meminimalisir dirimu untuk berhutang. Karena ketika menabung, kamu akan punya cadangan duit yang cukup untuk digunakan dalam keadaaan terdesak. Jadi kamu tidak akan diomelin kawan ketika telat membayar hutang. Sekarang kamu bisa mencoba menginvenstasikan uang mu ke jenis investasi lainnya.


Investasi Emas (Gold)


gold investment student

Emas adalah logam mulia. Sering disebut sebagai perangkat investasi teraman didunia. Dengan sifatnya yang zero inflation, artinya nilai pada emas nyaris tidak mengalami penurunan sepanjang waktu (fluktuatif jangka pendek tapi konstan secara jangka panjang).

Emas memang sudah digunakan people zaman old dalam bertransaksi dan menentukan nilai suatu barang. Sebelum hadirnya duit, emas sudah menjadi sesuatu yang berharga untuk disimpan dan dijadikan alat investasi.

Ada banyak keuntungan buat kamu mahasiswa ketika menyimpan si kuning berkilau ini, diantaranya adalah Investasi emas batangan dinilai stabil di tengah fluktuasi pasar keuangan. Dalam jangka panjang, investasi emas tentu akan lebih menguntungkan.

Memiliki likuiditas yang tinggi. Membeli emas berbeda dengan membeli properti, karena emas memiliki nilai liquiditas yang tinggi. Jadi sewaktu – waktu jika kamu membutuhkan uang maka kamu bisa menjualnya dengan mudah. Karena banyak orang yang bersedia membeli emas atau kamu bisa langsung menjualnya ke tempat dimana kamu beli. Juga ada banyak tempat aman untuk menjual emas, seperti pegadaian, bank dan koperasi.

Bila dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, emas memang benar benar menyimpan nilai aset anda tanpa berkurang dan bertambah sedikitpun. Emas adalah satu satunya alat penyimpan aset yang tidak terpengaruh dengan faktor faktor eksternal. Tertarik membeli emas? Kita lanjutkan lagi kepada alat investasi lainnya.

Investasi Reksadana (Mutual Funds)


stock mutual fund investment student

Reksa dana merupakan salah satu alternatif investasi bagi mahasiswa dan pelajar yang memiliki modal tapi tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka. Oleh karena itu, pihak yang menghimpun reksa dana akan memperkerjakan analisis atau yang biasa kita sebut manajer investasi untuk mengelola dan menganalisis perkembangan saham yang kita telah investasikan.

Sederhananya, reksa dana diartikan sebagai wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Reksadana lebih kecil resikonya ketimbang kamu memilih saham. Karena dalam berinvestasi di reksa dana, uang mu akan dikelola langsung oleh para profesional.

Sekarang ini sudah banyak startup besar indonesia yang membuka produk reksadana, seperti BukaLapak. Kamu bisa googling untuk mencari penyedia produk reksadana yang paling menguntungkan dan terpercaya serta cocok dengan status kamu sebagai mahasiswa dan pelajar.

Kamu yang mahasiswa dan pelajar, bila memiliki cukup modal, tidak punya waktu untuk menganalisis trend pasar, tetapi ingin bermain saham, lebih baik menginvestasikan uangmu kepada reksa dana. Karena selain mengamankan uangmu, reksa dana juga menguntungkan dengan bagi hasil antara kamu dengan pihak penyedia reksadana.

Investasi Deposito (Deposit)


investasi deposito

Deposito adalah cara menabung yang menguntungkan. Produk deposito dari bank akan mengenakan sejumlah potongan atau penalti pada tabungan kamu bila kamu memaksa untuk mengambilnya sebelum jatuh tempo. Waktu pengambilannya variatif bisa kamu pilih antara 1, 3, 6, 12, atau juga 24 bulan, tergantung produk deposito seperti apa yang akan kamu ambil.

Deposito sebenarnya hanyalah kegiatan menyimpan duit di dalam bank. Seperti yang kita ketahui, setiap selesai jangka waktunya, kamu akan mendapatkan bunga tabungan. Namun bunga ini mungkin tidak lebih besar dari nilai inflasi yang dihasilkan selama masa penyimpanan berlangsung. Oleh karena itu, mimin tidak merekomendasikan investasi jenis ini kepada kalian para mahasiswa dan pelajar jika kalian adalah tipe yang tidak stabil dalam hal keuangan.

Karena deposito lebih ditujukan kepada mereka yang benar benar ingin menyimpan duitnya dalam jangka panjang dan memiliki kondisi keuangan yang stabil.

Salah satu keuntungan yang paling dirasakan manfaatnya adalah risiko kehilangan uang yang sangat kecil. Karena uang mu secara langsung akan disimpan oleh bank di dalam brankas milik mereka (walaupun sebenarnya uang itu diputar untuk kegiatan perekonomian). Oleh sebab itulah deposito merupakan satu bentuk investasi yang sering digunakan banyak orang yang tidak menginginkan usaha lebih dalam menyimpan aset.

Investasi Pendidikan (Education)


investasi pendidikan

Investasi tidak melulu mengenai aset materil dan menyimpan uang. Investasi pendidikan juga penting untuk karier dan pekerjaan kedepannya. Kamu yang sedang menjalani masa studi baik itu kuliah di perguruan tinggi universitas atau sekolah adalah orang - orang yang sedang berinvestasi dalam pendidikan.

Karena pendidikan dapat mengubah taraf hidup seseorang. Pendidikan mengubah seseorang dalam cara berpikir. Kemudian dengan pendidikan pula seseorang bisa sukses di masa depan. Oleh karena itu, berinvestasi dalam hal pendidikan adalah suatu keniscayaan yang harus diberikan kepada setiap manusia.

Pentingnya peran sektor edukasi dalam mempersiapkan calon-calon sumber daya manusia di masa depan. Maka dengan melakukan investasi pendidikan, akan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di Indonesia.

Demikian artikel mengenai Contoh Peluang Investasi Mahasiswa dan Pelajar kali ini. Pada dasarnya setiap jenis investasi mempunyai keuntungan dan kerugian tersendiri. Semua kembali kepada diri masing-masing, jenis investasi mana yang paling cocok untuk kondisi mu sekarang ini.  Semoga dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang bingung hendak mengalihkan duit nya kemana.

Buka Komentar