Makalah E-Government dan Implementasinya di Indonesia

Makalah E-Government dan Implementasinya di Indonesia

Baca juga :


Bagi kamu yang sedang mencari referensi dan bahan materi buat kuliah dan sekolah, bisa men-download Makalah E-Government dan Implementasinya di Indonesia hanya di kosngosan. Tapi kita bahas dulu sekilas mengenai Electronics Government, E-Gov, pemerintah digital, online pemerintah atau pemerintah transformasi ini.

E-government merupakan bentuk pengaplikasian teknologi (elektronics) yaitu penggunaan teknologi informasi dan telekomunikasi untuk kegiatan administrasi pemerintahan yang lebih efisien dan efektif, serta memberikan pelayanan yang transparan dan memuaskan kepada masyarakat.

Beberapa fungsi E-government antara lain : Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat., Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum serta Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh.

Selain itu E-government juga sangat berguna untuk mencapai dan memperbaiki kualitas layanan dari pemerintah kepada para stakeholder, meningkatkan transparansi kontrol serta akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan serta mengurangi secara signifikan total biaya administrasi.

Ada tiga model dalam E-Government kali ini, diantaranya adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) dan Government-to-Government (G2G). Ketiganya akan dibahas dalam makalah ini.

Dalam makalah ini akan membahas tentang Bagaimana Memahami Pengertian tentang E-Goverment, Agar mengetahui tipe E-Government, untuk mengetahui bidang E-Government, Agar mengetahui jenis-jenis pelayanan pada E-Government dan bagaimana mengetahui bagaimana implementasi E-Government di Indonesia.

Belakangan ini, sejumlah pemerintah daerah berlomba-lomba menerapkan konsep smart city seiring dengan gencarnya pembangunan infrastruktur komunikasi di Indonesia. Hal ini diharapkan menjadi angin segar untuk memulai penerapan E-Government yang merata di seluruh daerah di indonesia.

Proses perubahan dari model konvensional menjadi e-government ini tentunya membutuhkan proses dan tantangan tersendiri apalagi untuk memulainya. Dibutuhkan ketersediaan SDM dan SDA yang memadai. Untuk itu, pembentukan sumber daya sangat diperlukan demi terciptanya sistem lingkungan E-Government yang mumpuni.

Konsep E-government dan smart city jelas berbeda. Perbedaan E-government dengan Smart city adalah, E-Government lebih kepada upaya penerapan TIK demi meningkatkan kualitas layanan publik serta meningkatkan kualitas proses internal institusi pemerintahan. Ruang lingkup E-government itu sendiri adalah institusi pemerintah.

Berbeda dengan smart city dengan ruang lingkup perkotaan. Dalam smart city, institusi pemerintah hanyalah salah satu komponen kota dan masih ada institusi diluar pemerintahan yang merupakan bagian dari suatu kota, misalnya LSM, kelompok sosial dan organisasi non-profit.

Setelah kamu mengunduh makalah berformat doc ini, kamu akan dialihkan kepada halaman safelink. Tunggu lima detik untuk membuka link downloadnya, kemudian kamu akan mendapatkan file bernama E-Government dan Implementasinya di Indonesia.

Download Makalah E-Government dan Implementasinya di Indonesia disini

Demikian kita sudah selesai membahas mengenai E-Government dan Pengimplementasiannya di Indonesia. Mimin berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang budiman. Dalam penyusunan tugas ini penulis sadar jauh dari kesempurnaan oleh sebab itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan demi perbaikan tugas-tugas selanjutnyaSemoga dapat bermanfaat bagi kalian. Jangan lupa untuk kembali berkunjung di kosngosan bila hendak mencari makalah.

Buka Komentar