Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah tentang Ribosom, Aparatus Golgi dan Lisosom

Download Makalah Biokimia mengenai Ribosom, Aparatus Golgi dan Lisosom hanya di kosngosan. Sebelum mengunduh ketiga materi ini, ada baiknya kita membahas ketiganya dalam postingan kali ini.

Dalam makalah ini akan membahas mengenai Struktur dan model Ribosom, Pembentukan Ribosom, Macam – macam Ribosom, Fungsi Ribosom, Pengertian dan Struktur Aparatus Golgi, Morfologi Badan Golgi, Pembentukan Aparatus Golgi, Mekanisme dan Fungsi yang berlangsung dalam Aparatus Golgi, Kekutuban Badan Golgi, Enzim-Enzim penyusun Aparatus Golgi, Fungsi Aparatus Golgi, Struktur Lisosom, Mekanisme Kerja Lisosom (Eksternal)dan terakhir mengenai Fungsi Lisosom.


Materi BioKimia


Oke, kita bahas mengenai ribosom terlebih dahulu.

download makalah biokimia

Ribosom terbentuk globular dengan dimeter sekitar 250 sampai 350 nm. Ribosom terdiri dari 2 sub unit yaitu sub unit besar dan kecil. Masing-masing disusun oleh rRNA dan protein ribosom.

Stuktur ribosom merefleksikan fungsinya untuk mengumpulkan mRNA dengan tRNA pembawa asam amino. Suatu ribosom memiliki satu tempat pengikatan mRNA (subunit kecil) dan tiga tempat pengikatan tRNA dikenal dengan tempat E (exit), P (peptidil), dan A (aminosil) yang terdapat pada sub unit besar.

Struktur bagian ini memiliki bentuk bulan dan terdiri dari dua partikel besar dan kecil yang melekat sepanjang retikulum endoplasma. Bagian ini merupakan organel sel yang paling kecil dalam sebuah sel. Kecepatan sedimentasi dalam ribosom dibedakan menjadi ribosom sub unit besar dan ribosom sub unit kecil.

Fungsi dari bagian adalah sebagai tempat berlangsungnya proses sintesis protein dan organel tidak memiliki membran. Sedangkan Penyusun utama dari ribosom ini adalah asamm ribonukleat dan berada di sitoplasma.


Selanjutnya kita bahas mengenai Aparatus golgi

Badan Golgi (disebut juga aparatus Golgi, kompleks Golgi atau diktiosom) adalah organel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel, dan struktur ini dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa.

Badan Golgi atau Aparatus Golgi dijumpai pada hampir semua sel tumbuhan dan hewan. Pada sel tumbuhan, Badan Golgi  disebut diktiosom. Badan Golgi tersebar dalam sitoplasma dan merupakan salah satu komponen terbesar dalam sel. Antara badan Golgi  satu dengan yang lain berhubungan dan membentuk struktur  kompleks seperti jala. Badan Golgi sangat penting pada sel  sekresi.


Terakhir mengenai Lisosom

Lisosom merupakan salah satu organel sel yang terdapat di dalam sitosol. Lisosom merupakan kantung terikat membran dari enzim hidrolitik yang digunakan oleh sel untuk mencerna makromolekul. Membran ini melindungi sisa sel dari enzim pencernaan yang keras yang terkandung dalam lisosom, yang tidak akan menyebabkan kerusakan yang signifikan.

Ada 2 macam lisosom, yakni lisosom primer serta lisosom sekunder. Fungsi dari lisosom primer yang dapat memproduksi enzim belum aktif adalah sebagai vakuola makanan. Sedangkan lisosom sekunder banyak terlibat pada kegiatan mencerna yang memiliki fungsi sebagai autofagosom.

Selain fungsi tersebut, lisosom berperan untuk mencerna materi dengan cara fagositosis, menghancurkan sel yang telah mengalami kerusakan, menghancurkan sel dengan cara melepas enzim pencerna.


Download contoh makalah

Download Makalah Kimia Biologi Ribosom Aparatus Golgi dan Lisosom


Kata Penutup


Demikian artikel mengenai Ribosom Aparatus Golgi dan Lisosom ini, semoga bermanfaat. Segera download file doc berisi materi dan makalahnya di bawah ini, tunggu sampai halaman safelink menampilkan tombol downloadnya. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman teman mu yang ada di media sosial ya, supaya mereka juga mendapatkan referensi biokimia yang berkualitas!
Oleh rezaharahap