Pembelajaran Inkuiri, Problem Based Learning dan Project Based Learning

Pembelajaran Inkuiri

Makalah pendidikan dan pembelajaran ini akan membahas materi tentang Problem Based Learning, Pembelajaran Inkuiri dan Project Based Learning. Kamu bisa men-download materinya pada pembahasan kosngosan kali ini. Sebelum mengunduh, mari kita mempelajari dahulu ketiga materi ini.

Seperti yang kita ketahui, pendidikan merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus dimiliki oleh setiap masyarakat, untuk menciptakan sumber daya manusia yang kompeten. Dari proses pembelajaran yang berkualitas, pendidikan akan didapatkan dengan maksimal.

Pengertian Pembelajaran


Pembelajaran sendiri dapat didefenisikan sebagai suatu rangkaian aktifitas untuk mengupayakan terjadinya proses belajar yang telah disusun.

Pembelajaran ini mempunyai variabel yaitu ; kondisi \  pembelajaran (conditions), strategi pembelajaran(methods), dan hasil pembelajaran(outcomes). Ketiganya menjadi faktor penting dalam setiap rancangan pembelajaran.

Bagaimana suatu tehnik pembelajaran dikatakan efektif dan efisien adalah ketika hasil guna yang diperoleh setelah pelaksanaan proses pembelajaran telah memenuhi syarat syarat ke efektifan dan ke efisienan pembelajaran.

Nah, salah satu dari metode pembelajaran yang terkenal adalah metode pembelajaran based learning, metode pembelaran inkuiri dan project based learning. Disini kita akan membahas satu persatu mengenai metode pembelajaran ini.

Tehnik Problem Based Learning adalah metode pembelajaran yang memberikan tantangan bagi siswa dan pelajar untuk mencari solusi dari permasalahan dunia nyata (terbuka) secara individu maupun kelompok.

Metode ini akan membuat siswa mengembangkan keterampilan menjadi pembelajaran mandiri. Segala permasalahan kemudian dipilah untuk menggali keingintahuan alami dari siswa dengan cara menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa, serta menekankan pada penggunaan keterampilan berpikir analistis dan kritis.

Baca juga : Makalah Program Pendidikan dan Program Semester

Problem based learning ini merupakan seperangkat model pengajaran yang menggunakan masalah sebagai fokus untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, materi dan pengaturan diri

Pembelajaran Inkuiri berasal dari kata to inquire yang berarti ikut serta, atau terlibat, dalam mengajukan pertanyaan-pertanyaan, mencari informasi, dan melakukan penyelidikan.

Pembelajaran inkuiri bertujuan untuk memberikan cara bagi siswa untuk membangun kecakapan-kecakapan intelektual (kecakapan berpikir) terkait dengan proses-proses berpikir reflektif.

Jika berpikir menjadi tujuan utama dari pendidikan, maka harus ditemukan cara-cara untuk membantu individu untuk membangun kemampuan itu. Model inkuiri merupakan salah satu model pembelajaran yang menitikberatkan kepada aktifitas siswa dalam proses belajar

Project based learning merupakan model pembelajaran yang mengorganisasi kelas dalam sebuah proyek. model pembelajaran ini terpusat pada siswa untuk membangun dan mengaplikasikan konsep dari proyek yang dihasilkandengan mengeksplorasi dan memecahkan masalah di dunia nyata secara mandiri.

Download Makalah Pendidikan Problem Based Learning Pembelajaran Inkuiri dan Project Based Learning DISINI

Oke setelah membahas defenisi dan deskripsi singkat mengenai ketiga materi diatas, semoga bermanfaat dan bisa menjadi sumber referensi bagi tugas sekolah maupun kuliah kalian. Jangan lupa share dan bagikan postingan ini di media sosial kalian juga ya.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel