Makalah Strategi Pengembangan Manajemen Sistem Informasi Publik

Makalah Strategi Pengembangan Manajemen Sistem Informasi Publik

Strategi Pengembangan Manajemen Sistem Informasi Publik

Dapatkan file doc berupa Makalah tentang Strategi Pengembangan Manajemen Sistem Informasi Publik hanya di kosngosan. Kali ini kita akan membahas mengenai materinya terlebih dahulu. Apa itu strategi pengembangan dalam manejemen sistem informasi publik?

Terdapat empat tahapan kegiatan dari sistem informasi secara umum yang dimulai dari :
  • Input, yakni melibatkan pengumpulan data mentah dari dalam organisasi atau dari lingkungan eksternal untuk pengolahan dalam suatu sistem informasi
  • Process, adalah melibatkan pengkonversian input mentah ke bentuk yang lebih bermakna.
  • Output, yaitu mentransfer proses informasi kepada orang yang akan menggunakannya atau kepada aktivitas yang akan digunakan.
  • Feedback adalah utput yang di kembalikan ke anggota organisasi yang sesuai untuk kemudian membantu mengevaluasi atau mengkoreksi tahap Input.
Banyak sekali kegiatan kita yang berhubungan dengan sistem infor­masi. Seperti di kantor, di pasar swalayan, di stasiun dan di rumah saat kita berselancar di dunia maya. Sistem informasi ini telah banyak membantu kehidupan.


Sistem informasi secara umum dibagi menjadi tiga pilar utama, yaitu Information  System  Strategy  (ISS),  Information  Technology  Strategy (ITS), dan Information Management Strategy (IMS) yang saling berkaitan. Kali ini kita akan membahas mengenai Sistem Informasi Manajemen.

1. Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Bagi kalian yang jurusan sistem informasi, pendidikan manajemen dan informasi, pasti tidak asing lagi dengan materi IMS ini. Materi ini banyak dicari di internet untuk dijadikan bahan ajar dan makalah dalam kuliah maupun sekolah.

Jika kita melihat pengertian sistem informasi secara umum, sistem informasi adalah sekumpulan informasi pada sebuah basis data, yang menggunakan model dan media teknologi informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan bisnis pada sebuah organisasi atau perusahaan.
"Sistem Informasi Manajemen adalah studi mengenai setiap aktifitas yang dilakukan sekelompok unsur dalam sebuah organisasi yang saling terkait dalam usaha memecahkan suatu masalah dengan memanfaatkan sumberdaya manajemen sehingga sampai pada sebuah pemberian informasi yang mendukung pengambilan keputusan." 
Ada banyak pengertian dan defenisi mengenai Studi Sistem Informasi Manajemen, namun pengertian diatas merupakan pengertian umum saja.

IMS  (Information Management Strategy)  ini sangat erat kaitannya dengan   strategi   penentuan orang   atau   unit yang akan menangani sistem informasi dalam organisasi atau perusahaan. IMS akan mendeskripsikan dan merumuskan tentang strategi supaya target pembentukan sistem informasi yang handal dengan menggunakan teknologi informasi yang ada dapat diterapkan dengan lebih baik dalam jangka pendek (short term), jangka menengah (medium term), dan jangka panjang (long term).

Dalam makalah ini kita akan membahas Untuk memahami dan menganalisis konsep strategi pengembangan manajemen sistem informasi publik, Untuk  memahami  dan  menganalisis  pendekatan  pengembangan manajemen sistem informasi publik, Untuk  memahami  dan  menganalisis  metodologi  pengembangan sistem dan perangkat, Untuk memahami dan menganalisis langkah - langkah pengembangan manajemen sistem informasi publik.

2. Pengembangan sistem (system development) 


system development
system development
Pengembangan sistem (system development)  merupakan aktivitas menyusun suatu sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang sudah ada.

Adapun langkah langkah pengembangan sistem antara lain : Tahap Perencanaan, Tahap Analisis, Tahap Perancangan/Desain, Tahap Pembangunan Fisik/Konstruksi, Tahap Implementasi dan Tahap Pasca Implementasi. Kesemua tahapan tersebut akan dibahas dalam makalah yang akan kamu download sebentar lagi.

Pemilihan metode pengembangan sistem informasi perlu dilakukan dengan tepat supaya tercipta sistem yang dikembangkan sesuai  dengan  spesifikasi  yang  telah ditetapkan  oleh perusahaan atau organisasi,  tepat  waktu  dan sesuai dengan anggaran.

Pada akhirnya, diperlukan adanya upaya pengembangan sistem dan metode pelayanan informasi publik yang lebih efisien dan efektif. Upaya ini seyogyanya dilakukan oleh instansi atau lembaga penyedia informasi publik dengan bersinergi bersama dengan tujuan demi meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap instansi atau lembaga penyedia informasi publik tersebut.

Hendaknya pengembangan sistem dan metode pelayanan informasi publik ini bisa  lebih  efektif  dan  efisien  dengan  informasi  yang  dapat dipercaya. Dengan adanya pengembangan sistem informasi publik dalam memberikan  pelayanan  publik  yang  efektif  dan  efisien  akan mempermudah masyarakat dalam pelayanan publik.

Demikian pembahasan kita seputar strategi pengembangan manajemen sistem informasi publik. Semoga bisa bermanfaat. Setelah kamu click link unduh dibawah ini, kamu akan dialihkan pada halaman safelink. Tunggu lima detik untuk menampilkan URL downloadnya. Kemudian kamu sudah bisa mendapatkan file doc yang kamu cari.

Download Contoh Makalah Strategi Pengembangan Manajemen Sistem Informasi Publik

Buka Komentar