Makalah Taksonomi Bloom

Makalah Taksonomi Bloom

bloom taxonomy


Makalah Pendidikan mengenai Taksonomi Bloom akan dibahas dalam kosngosan kali ini. Kamu bisa mendownload materi ini setelah kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu taksonomi bloom dalam pendidikan. Check these out!

Pendidikan (education) ialah proses untuk menemukan dan mempelajari ilmu guna menjalankan kehidupan dan memenuhi tujuan hidupnya secara lebih efektif dan efisien. Peran pendidikan sendiri lebih daripada pengajaran, karena pengajaran sebagai suatu proses transfer ilmu belaka, sedang pendidikan merupakan transformasi nilai dan pembentukan kepribadian dengan segala aspek yang dicakupnya.

Taksonomi, dalam kaitanya terhadap pendidikan, dibuat untuk mengklasifikasikan tujuan pendidikan. Dalam hal ini, tujuan pendidikan dibagi menjadi beberapa domain, yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotor.

Dari setiap ranah tersebut dibagi kembali menjadi beberapa kategori dan subkategori yang berurutan secara hierarkis (bertingkat), mulai dari tingkah laku yang sederhana sampai tingkah laku yang paling kompleks. Tingkah laku dalam setiap tingkat diasumsikan menyertakan juga tingkah laku dari tingkat yang lebih rendah.

Dalam makalah ini akan membahas mengenai Bagaimana sejarah Taksonomi Bloom, Apa pengertian Taksonomi Bloom, Bagaimana aspek tujuan pendidikan menurut Taksonomi Bloom, Apa teori belajar yang melandasi Taksonomi Bloom dan Apakah perbedaan taksonomi pendidikan versi lama dengan versi baru.

Pengertian Taksonomi Bloom

Taksonomi Bloom merupakan jenis taksonomi kependidikan yang dicetuskan oleh Benjamin S. Bloom. Taksonomi ini diciptakan untuk mengklasifikasikan materi dan tujuan dari pendidikan itu sendiri. Seperti tujuan pendidikan antara peserta didik di SMA, SMK, antara SD dengan SMP.

Setidaknya terdapat tiga domain dalam taksonomo bloom :

Domain kognitif berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek intelektual seperti pengetahuan, pengertian dan keterampilan berpikir

Domain afektif menekankan pada aspek perasaan dan emosi seperti minat, sikap, apresiasi dan adaptasi

Domain psikomotorik berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik seperti menulis, mengetik, olahraga

Ketiga domain sama sama penting dalam membentuk pribadi anak murid. Ketiganya haruslah berimbang diberikan dalam suatu proses pembelajaran.

Demikian pembahasan mengenai Taksonomi Bloom dalam perannya terhadap pendidikan. Kamu bisa mengunduh materi dari Taksonomi Bloom dibawah ini. Sebelum itu, tunggu lima menit setelah halaman safelink menampilkan tombol downloadnya. Semoga membantu!

Download Makalah Pendidikan Taksonomi Bloom disini