Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Makalah Pendidikan Taksonomi Bloom PDF

Taksonomi bloom merupakan salah satu konsep dalam pembelajaran pendidikan dengan membagi atau memberikan kelas kelas terhadap pendidikan itu sendiri seperti segi kognitif, afektif, dan psikomotor yang masing masing punya peran dalam pendidikan. Ketiga aspek tersebut kembali dibagi lagi menjadi beberapa kategori dan subkategori yang berurutan secara hierarkis (bertingkat), mulai dari tingkah laku yang sederhana sampai tingkah laku yang paling kompleks.
bloom taxonomy

Makalah pendidikan mengenai Taksonomi Bloom akan dibahas dalam kosngosan kali ini. Kamu bisa mendownload materi ini setelah kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu taksonomi bloom dalam pendidikan. Check these out!

Namun sebelumnya kita bahas terlebih dahulu secara terpisah mengenai pendidikan atau education. Pendidikan adalah serangkaian proses dalam menemukan dan mempelajari ilmu guna menjalankan kehidupan dan memenuhi tujuan hidupnya secara lebih efektif dan efisien.

Peran pendidikan sendiri lebih daripada pengajaran, karena pengajaran hanya berperan sebagai suatu proses transfer ilmu, sedang pendidikan merupakan transformasi nilai dan pembentukan kepribadian dengan segala aspek yang dicakupnya.

Sementara taksonomi dalam kaitanya terhadap pendidikan, dibuat untuk mengklasifikasikan tujuan pendidikan. Dalam hal ini, tujuan pendidikan dibagi menjadi beberapa domain, yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotor.

Taksonomi dapat dikatakan sebagai klasifikasi berhierarki dari sesuatu atau prinsip yang mendasari klasifikasi. Semua hal yang bergerak, benda diam, tempat, dan kejadian sampai pada kemampuan berpikir dapat diklasifikasikan menurut beberapa skema taksonomi.

Dari setiap aspek tersebut dibagi kembali menjadi beberapa kategori dan subkategori yang berurutan secara hierarkis (bertingkat), mulai dari tingkah laku yang awalnya cukup mudah dipelajari hingga pada tingkah laku yang paling sulit untuk dipahami. Tingkah laku dalam setiap tingkat diasumsikan menyertakan juga tingkah laku dari tingkat yang lebih rendah.

Dalam makalah ini akan membahas mengenai Bagaimana sejarah Taksonomi Bloom, Apa pengertian Taksonomi Bloom, Bagaimana aspek tujuan pendidikan menurut Taksonomi Bloom, Apa teori belajar yang melandasi Taksonomi Bloom dan Apakah perbedaan taksonomi pendidikan versi lama dengan versi baru.

Pengertian Taksonomi Bloom


Taksonomi Bloom merupakan jenis taksonomi kependidikan yang dicetuskan oleh Benjamin S. Bloom. Taksonomi ini diciptakan untuk mengklasifikasikan materi dan tujuan dari pendidikan itu sendiri. Seperti tujuan pendidikan antara peserta didik di SMA, SMK, antara SD dengan SMP.

Setidaknya terdapat tiga domain dalam taksonomo bloom :

Domain kognitif

Domain ini berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek intelektual seperti pengetahuan, pengertian dan keterampilan berpikir

Pada dasarnya aspek kognitif merupakan kemampuan intelektual anak didik dalam berpikir, mengetahui dan memecahkan masalah. Menurut Bloom, segala upaya yang menyangkut aktivitas otak sudah termasuk dalam aspek kognitif ini.

Domain afektif

Aspek ini menekankan pada aspek perasaan dan emosi seperti minat, sikap, apresiasi dan adaptasi. Aspek afektif merupakan aspek yang berkaitan dengan sikap dan nilai.

 Aspek afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai. Para ahli berpendapat sikap anak didik dapat diramalkan perubahannya bila anak didik telah memiliki kemampuan yang tinggi dalam memecahkan masalah

Domain psikomotorik

Aspek yang erisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik seperti menulis, mengetik, olahraga. Aspek psikomotor merupakan kemampuan yang dihasilkan oleh fungsi syaraf dan otot anak didik yaitu berupa keterampilan untuk melakukan sesuatu.

Aspek psikomotor berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya; menulis, memukul, melompat dan aktifitas fisik lainnya. Sehingga anak yang pintar dengan aspek ini kemungkinan besar lebih menyukai dunia luar, supel dan bersifat ekstrovert.

Ketiga aspek atau domain tersebut memang sama sama penting dalam membentuk pribadi anak didik. Ketiganya haruslah berimbang diberikan dalam suatu proses pembelajaran.

Download makalah taksonomi bloom secara gratis pdf


Setelah menjabarkan beberapa materi mengenai taksonomi pendidikan bloom, maka selanjutnya mimin akan berikan kepada kalian materi berupa ebook berformat pdf yang bisa kalian download dengan mengklik tautan dibawah ini.

Download Makalah Pendidikan Taksonomi Bloom disini

Demikian pembahasan mengenai Taksonomi Bloom dalam perannya terhadap pendidikan. Kamu bisa mengunduh materi dari Taksonomi Bloom dibawah ini. Sebelum itu, tunggu lima menit setelah halaman safelink menampilkan tombol downloadnya. Semoga membantu!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya