Melirik Peluang Internet Marketing Bagi Mahasiswa dan Pelajar

Internet Marketing Student

Pembahasan kali ini tentang melirik prospek Internet Marketing untuk kalangan Mahasiswa dan Pelajar. Karena zaman now ini, pemasaran melalui jaringan internet atau sering kita sebut internet marketing sudah menjadi trend yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kaum urban.

Bisnis di usia muda memang memiliki berbagai keuntungan. Sebagai anak muda yang melek teknologi, ada berbagai keunggulan yang bisa mahasiswa dan pelajar dapatkan ketika terjun ke dunia usaha. Mereka lebih fresh, smart, good looking, struggle, dan punya kekuatan yang tidak mungkin dimiliki oleh kalangan tua.

Ada banyak sekali bisnis untuk mahasiswa dan pelajar yang bisa kita coba, mulai dari bisnis mahasiswa dan pelajar yang tanpa modal hingga bisnis yang membutuhkan modal mumpuni. Peluang usaha ini bisa di jadikan sebagai bisnis yang benar-benar di tekuni atau hanya sebagai bisnis sampingan saja.

Dan, internet marketing menjadi salah satu opsi yang menarik bagi kalian. Karena jenis bisnis ini sama sekali tidak memiliki modal materi. Cukup bermodalkan akses internet dan perangkat yang mimin yakin kalian semua sudah punya, laptop atau smartphone, sudah bisa menjalankan bisnis ini. Sekarang pertanyaannya adalah, apakah kalian mau memulainya dengan ketekunan? Bila iya, mari kita lanjutkan pembahasan ini lagi.

Menghasilkan Duit dari Internet

Pertama, kita harus menyadari bahwa internet adalah tempat seperti hutan rimba. Untuk pertama kali, internet belum bisa menghasilkan apa apa untuk kita. Seiring berjalannya waktu, internet semakin akrab dengan kita. Kita juga sudah mulai sadar bahwa internet ini ternyata bisa digunakan untuk mengeruk keuntungan secara finansial.

Ada banyak jenis bisnis internet yang digandrungi oleh banyak orang, seperti PPC (Pay Per Click), PPS (Pay Per Sale), PPL (Pay Per Lead) dan lainnya. Seperti halnya hutan, ada banyak metode mengeruk kekayaan alam di hutan untuk kemudian di konversikan menjadi uang.

Jualan Online

Bila kamu adalah tipe mahasiswa atau pelajar dengan hobi tertentu, ini menjadi angin segar untuk dikembangkan. Berjualan online secara langsung kepada klien adalah salah satu cara internet marketing bekerja. Semisal kamu punya hobi desain, kamu bisa menjual karyamu lewat online store. Dan itu bekerja hampir tanpa modal yang berarti.

Banyak media yang bisa kamu lirik. Seperti website, blog, cms, media sosial seperti youtube, instagram, facebook, twitter, dan wadah online lain yang memungkinkan kamu memperkenalkan produk ke banyak orang.

Perhatikan, akun instagram Selena Gomez misalnya, betapa mahalnya dia dibayar (Endorse) untuk sebuah postingan gambar di akun instagramnya dengan follower terbanyak di dunia! Inilah kekuatan internet marketing yang sebenarnya.

Pengembangan Start Up

Kalian pasti mengenal Traveloka, Go-Jek, Tokopedia dan berbagai startup terkenal lainnya yang dimulai dan dirintis oleh anak muda seperti kalian. Bagaimana mereka membawa perubahan dari sebuah perusahaan kecil dengan ide sederhana itu kini menjadi platform besar yang memperkerjakan ribuan karyawan dan dengan omset dan investor bejibun!

Disini kita bisa belajar bahwa setiap perusahaan itu pastilah dimulai dari yang namanya adanya masalah. Segala ketidak idealan yang terjadi di sekitarmu, bisa kamu gunakan untuk menjadikannya objek peluang bisnis start up. Apalagi kamu yang masih mudah, penuh inovasi dengan kegiatan aktif dimana-mana.

Diskusi Kelompok Online

Peluang internet marketing ini memang sangat terbuka lebar. Ada banyak anak muda yang sukses diluar sana dengan berbagai pengalaman berharganya. Kita sebagai pemain baru yang baru terjun ke dunia ini, haruslah banyak belajar kepada orang orang seperti mereka. Oleh karena itu kita membutuhkan adanya diskusi yang akan menambah pengetahuan kita terhadap internet marketing.

Perluaslah jaringan pertemanan. Karena inti dari internet marketing itu adalah jaringan bisnis yang luas. Dengan demikian, kamu benar benar bisa mempertahankan keberadaan bisnis dengan matang, tanpa takut kehilangan klien.

Manfaatkan teman - teman kampus atau sekolah untuk memperkuat bisnis. Kerjasama bisnis dari tim yang solid tentu lebih mampu menghasilkan inovasi dan kreatifitas.

Seimbangkan Antara Belajar dan Berbisnis

Ini perlu, supaya kamu tidak kehilangan arah. Ada banyak mahasiswa yang menelantarkan kuliahnya demi bisnis yang sudah dilakoninya semenjak semester awal. Dia lebih tergiur dengan omset bisnis tanpa memperdulikan kelangsungan pendidikan yang menjadi tujuan awalnya. Padahal, kalau mau itung-itung, ada banyak kerugian dari kamu yang menelantarkan pendidikan akibat berbisnis. Selain kehilangan gelar akademik, juga pasti akan berpengaruh kepada skill mu nanntinya.

Karena bagi orang yang memiliki long term principal, pendidikan adalah aset jangka panjang yang tidak bisa ditawar-tawar. Orang yang hanya memikirkan bisnis tanpa pendidikan, akan tenggelam dalam ketidak tahuan.

Kalau bahasa agamanya, internet marketing adalah sunnah, dan belajar adalah wajib. Tinggal kita sadari, sejauh mana kita telah menjalankan kewajiban. Setelah merasa bahwa kita sudah melakukan kewajiban, ada baiknya kita tambah dengan hal hal sunnah, untuk mencapai kesuksesan sedini mungkin.

Demikianlah pembahasan mengenai internet marketing atau pemasaran melalui internet bagi mahasiswa dan pelajar. Memang ada banyak cara untuk melakukan internet marketing, namun kita tidak perlu melakukan semuanya karena tidak semua metode pemasaran bisa diterapkan bagi mahasiswa dan pelajar seperti kita. Memilih beberapa bisnis saja yang paling prospetif untuk make money online adalah hal yang tepat. Terimakasih sudah berkunjung di kosngosan kali ini. sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

0 Response to "Melirik Peluang Internet Marketing Bagi Mahasiswa dan Pelajar"

Post a Comment