Peluang Bisnis Usaha Sampingan Untuk Guru dan Dosen

Peluang Bisnis Usaha Sampingan Untuk Guru dan Dosen

usaha sampingan dosen guru

Nah, kali ini kosngosan akan membahas mengenai Peluang Bisnis Sampingan (Side Job) Untuk Guru dan Dosen di tahun 2018 ini. Semoga anda yang membaca bisa tercerahkan dan kemudian mengambil aksi dari setiap tips yang mimin berikan dibawah ini.

Bagi anda yang seorang tenaga pendidik di lembaga pendidikan seperti sekolah negeri, swasta atau perguruan tinggi, mengharapkan gaji pokok tentunya masih menjadi sesuatu yang berat untuk dijadikan sumber pemasukan utama bagi keluarga. Terlebih meningkatknya biaya hidup zaman sekang sudah menjadi hal wajib bagi kita untuk melirik bisnis sampingan yang benar benar bisa membantu ekonomi keluarga.

Bisnis Internet Marketing (IMERS)

Internet marketing selain memiliki modal yang nyaris nihil, juga bisa dilakukan di dalam rumah ketika jam mengajar kosong atau benar benar bisa dilakukan dan ditekuni saat waktu luang. Selain waktu kerja yang fleksibel, bisnis online juga mudah dalam mempromosikannya, asal dilakukan dengan ulet dan konsisten.

Baca juga Peluang Bisnis Internet Marketing Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Anda, sebagai dosen atau guru bisa memperkenalkan bisnis online anda kepada saudara, dan teman teman satu lingkungan kerja, seperti sesama dosen dan sesama guru di sekolah dan kampus. Dengan begitu, bisnis anda akan menyebar dari dosen hingga ke mahasiswa dan murid murid dengan cepat.

Pertanyaannya, bisnis seperti apa yang paling cocok untuk dosen dan guru ini? Apapun itu. Anda bisa mencarinya di google. Inspirasi bisnis online yang paling trend dan prospektif di tahun 2018 ini. Intinya adalah sejauh mana anda konsisten dalam membuka bisnis sampingan ini.

Usaha Fotocopy dan Print di Sekitar Kampus dan Sekolah

Bisnis ini memang membutuhkan investasi yang cukup besar. Selain biaya sewa ruko, perlengkapan seperti mesin fotocopy, mesin print, karyawan dan lainnya cukup menguras kantong. Ada baiknya anda membicarakan ini kepada pasangan anda sebelum membuka bisnis seperti ini.

Lakukan riset, apakah pesaing cukup banyak. Tingkatkan kualitas pelayanan anda, dan tekan harga semaksimal mungkin untuk menarik pengunjung. Bila memang persaingan fotocopy dan print ini cukup berat, anda bisa beralih pada bisnis dan usaha selanjutnya.

Bisnis Kos Kosan dan Laundry

Bisnis ini cukup prospektif bagi anda yang memiliki modal tinggi. Sewa ruko didekat sekolah atau kampus dan buka jasa laundry di dekat kos kosan. Tetapi bagi anda yang tidak memiliki modal yang cukup, lanjut lagi pada bisnis berikut ini.

Usaha Les Privat

Anda adalah seorang tenaga pendidik yang menguasai beberapa mata pelajaran dan ahli pada bidang tertentu. Bisa membuka jasa bimbingan belajar di rumah atau ruko. Carilah sasaran seperti murid dan mahasiswa anda sendiri terlebih dahulu, dan mulailah memasarkan jasa ini kepada wali murid dan ibu kost.

Bisnis Lewat Hobi

bisnis hobi

Segala usaha yang dirintis dari kesukaan memiliki kesenangan tersendiri. Biasanya, orang akan terus menekuni bisnis ini diwaktu luang. Anda suka mengoleksi baju, bisa membuka butik, suka memelihara burung kicau, bisa ternak burung kicau, suka kucing, ternak kucing;buka petshop, suka menulis bisa menulis buku, dan lainnya. Segala jenis hobi yang anda suka dan tekuni sejatinya memiliki peluang untuk dikembangkan menjadi bisnis.

Usaha Keperluan Sehari - Hari

Sering membayar token listrik, tagihan air PDAM, mengisi pulsa ke konter, Bayar tagihan internet, dan lainnya? Tentunya ini menjadi bisnis dan usaha yang prospektif karena dibutuhkan oleh semua orang. Mulailah memperkenalkan bisnis anda kepada sanak saudara dan sesama guru dan dosen di sekolah dan kampus.

Baca Juga : Tips Usaha Anak SMA

Selain bisnis diatas, diperlukan juga kesiapan Lembaga pendidikan di Indonesia untuk menghadapi Dunia Bisnis dan Pendidikan di Indonesia dalam menghadapi era Globalisasi dan Pasar Bebas yang semakin dinamis, terutama Kompetensi dan Kapasitas yang mengharuskan kita menguasai Praktikal lapangan disesuaikan dengan Kurikulum yang diajarkan.

Pada akhirnya segala jenis bisnis dan usaha diatas hanya bisa dilakukan ketika diwaktu senggang atau ketika tidak sedang mengajar. Akan ada keterbatasan untuk bisnis sampingan, hingga anda pada akhirnya harus memilih antara mengajar atau berbisnis.

Karena tidak ada bisnis yang besar kalau kita tidak fokus. Ketika nanti bisnis sampingan anda menjadi besar, anda harus siap siap memilih antara bisnis sendiri atau tetap menjadi seorang Guru dan Dosen. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tergantung dari anda yang memilih.

Semoga artikel ini cukup memberikan inspirasi kepada Anda untuk memulai bisnis, karena menjadi karyawan meskipun nyaman tapi tetap lebih nyaman memiliki usaha sendiri. Demikian artikel mengenai prospek usaha sampingan untuk guru dan dosen. Jadilah enterpreneur sukses!

Buka Komentar