21 Peluang Bisnis Usaha Sampingan Guru Sekolah

Apa saja prospek wirausaha yang cocok untuk profesi guru di sekolah? Kali ini kosngosan akan membahas mengenai Peluang Bisnis Sampingan (Side Job) Untuk Guru sekolah yang prospektif di tahun ini. Semoga kamu yang membaca bisa tercerahkan dan kemudian mengambil aksi dari setiap tips yang mimin berikan dibawah ini.

Bagi kamu yang seorang tenaga pendidik di lembaga pendidikan seperti sekolah negeri, swasta atau perguruan tinggi, mengharapkan gaji pokok tentunya masih menjadi sesuatu yang berat untuk dijadikan sumber pemasukan utama bagi keluarga.

Terlebih meningkatnya biaya hidup zaman sekang sudah menjadi hal wajib bagi kita untuk melirik bisnis sampingan yang benar benar bisa membantu ekonomi keluarga.

Ide Bisnis Guru


bisnis sampingan guru

Bisnis Internet Marketing (IMERS)


Internet marketing selain memiliki modal yang nyaris nihil, juga bisa dilakukan di dalam rumah ketika jam mengajar kosong atau benar benar bisa dilakukan dan ditekuni saat waktu luang. Selain waktu kerja yang fleksibel, bisnis online juga mudah dalam mempromosikannya, asal dilakukan dengan ulet dan konsisten.

Kamu, sebagai tenaga pengajar guru bisa memperkenalkan bisnis online kamu kepada saudara, dan teman teman satu lingkungan kerja, seperti sesama sesama guru di sekolah dan kampus. Dengan begitu, bisnis kamu akan menyebar dari guru hingga ke siswa dan murid murid dengan cepat.

Pertanyaannya, bisnis seperti apa yang paling cocok untuk tenaga pengajar guru ini? Apapun itu, sobat kósngosan bisa mencarinya di google. Inspirasi bisnis online yang paling trend dan prospektif di tahun 2018 ini. Intinya adalah sejauh mana kamu konsisten dalam membuka bisnis sampingan ini.

Baca juga : COBAIN 7 Lowongan Kerja FreeLance Ini, Dijamin Kaya


Usaha Fotocopy dan Print


Bisnis ini memang membutuhkan investasi yang cukup besar. Selain biaya sewa ruko, perlengkapan seperti mesin fotocopy, mesin print, karyawan dan lainnya cukup menguras kantong. Ada baiknya kamu membicarakan ini kepada pasangan kamu sebelum membuka bisnis seperti ini.

Lakukan riset, apakah pesaing cukup banyak. Tingkatkan kualitas pelayanan kamu, dan tekan harga semaksimal mungkin untuk menarik pengunjung. Bila memang persaingan fotocopy dan print ini cukup berat, kamu bisa beralih pada bisnis dan usaha selanjutnya.


Bisnis Kos Kosan


Bisnis ini cukup prospektif bagi sobat kosngosan yang memiliki modal tinggi. Sewa ruko didekat sekolah atau kampus dan buka jasa tempat tinggal di dekat kampus atau sekolah. Tetapi bagi kamu yang tidak memiliki modal yang cukup, kamu harus memilih jenis bisnis yang lain.

Kelebihan dari bisnis kos kosan dan properti lainnya adalah, kamu tidak perlu penanganan yang ribet, karena tinggal menerima biaya sewa setiap bulan atau tahunnya. Jadi perputaran uang tetap berjalan selama kos kosan masih ada penghuninya


Jualan Buku Pelajaran


Seorang tenaga pengajar seperti guru tahu buku apa yang bagus untuk dipakai oleh siswanya sendiri. Oleh karena itu usaha jualan buku ini sangat cocok untuk dikembangkan seorang guru.

Namun jangan mengambil untung yang besar. Kamu bisa mencari penerbit buku yang sudah berpengalaman, membeli dalam sistem borongan, dan menetapkan margin keuntungan yang relatif tidak mencekik, sehingga akan membantu para siswa juga untuk mendapakatkan buku berkualitas namun tetap terjangkau


Konveksi Seragam Sekolah


Semua sekolah seperit guru dan siswa pastinya menggunakan seragam apabila berangkat ke sekolah. Nah seragam ini biasanya akan diganti setiap tahun ajaran baru.

 Bagi kamu yang berprofesi sebagai seorang guru, bisa memulai berbisnis konveksi seragam. Dengan bisnis musiman ini, pasti akan banjir orderan saat tahun ajaran baru. Sudah pasti bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan besar


Bisnis Laundry Kiloan


Salah satu pekerjaan yang paling menyibukkan, menjadi guru di sekolah selalu tidak punya waktu untuk mencuci pakaian.

Ini bisa sobat kosngósan manfaatkan sebagai salah satu peluang bisnis dengan cukup menyewa atau mempekerjakan beberapa orang dan menawarkan kepada rekan kerjamu sesama guru untuk laundry pakaian mereka, seperti kemeja, kaos dan celana. Biasanya laundry ini menggunakan sistem kiloan untuk perhitungan jasanya.


Jasa Les Privat


Kamu adalah seorang tenaga pendidik yang menguasai beberapa mata pelajaran dan ahli pada bidang tertentu. Bisa membuka jasa bimbingan belajar di rumah atau ruko. Carilah sasaran seperti murid dan mahasiswa kamu sendiri terlebih dahulu, dan mulailah memasarkan jasa ini kepada wali murid dan ibu kost.


Bisnis Lewat Hobi


bisnis hobi

Segala usaha yang dirintis dari kesukaan memiliki kesenangan tersendiri. Biasanya, orang akan terus menekuni bisnis ini diwaktu luang.

Kamu suka mengoleksi baju, bisa membuka butik, suka memelihara burung kicau, bisa ternak burung kicau, suka kucing, ternak kucing;buka petshop, suka menulis bisa menulis buku, dan lainnya. Segala jenis hobi yang sobat kosngosan suka dan tekuni sejatinya memiliki peluang untuk dikembangkan menjadi bisnis.


Usaha Keperluan Sehari - Hari


Sering membayar token listrik, tagihan air PDAM, mengisi pulsa ke konter, Bayar tagihan internet, dan lainnya? Tentunya ini menjadi bisnis dan usaha yang prospektif karena dibutuhkan oleh semua orang. Mulailah memperkenalkan bisnis mu kepada sanak saudara dan sesama guru di sekolah.


Mengelola Koperasi Sekolah


Seorang guru juga bisa menjadi pengelola koperasi sekolah, mengembangkan omset di dalam koperasi tersebut dan membagi keuntungan diantara anggotanya. Pengembangan koperasi sangat bergantung dengan aktivitas anggotanya. Karena lembaga ini didirikan dan dikembangkan oleh anggotanya sendiri maka kualitas dan manajemen dari anggotanya sangat diperlukan.


Mengelola Website Sekolah


Sebagai guru yang bekerja di dalam ruangan dengan rutinitas, sobat kosngosan bisa berinteraksi dengan komputer dan membuat kamu menjadi seorang penulis blog sebagai salah satu profesi sampingan.

Apabila traffic blog mu sudah besar, maka bisa diiklankan menggunakan media periklanan seperti google adsense, atau menerima artikel tamu terkait pendidikan sekolah dan kerjasama yang mengungkan lainnya


Mengelola Channel YouTube


Hampir sama dengan blogger, youtuber juga bisa kamu coba buat yang berprofesi sebagai seorang guru. Kamu bisa membangun channel youtube terkait dunia pendidikan, vlog di sekolah dan sebagainya. Nantinya apabila brand dari channel YouTube milikmu sudah besar, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari media tersebut baik itu dari iklan atau endorsement


Catering Khusus Guru dan Siswa


Pernah mendengar istilah catering? Sistem produksi makanan kepada seseorang secara berkala dengan pembayaran per paketnya. Sobat kosngosan yang berprofesi sebagai guru, bisa menyasar orang yang bekerja sebagai tenaga pendidik di sekolah, atau murid murid yang sekolah jauh dari keluarga dan hidup ngekost.

Mereka biasanya tidak sempat untuk menyiapkan makananya sendiri. Dengan demikian, menu yang kamu tawarkan juga harus bervariasi dan menyesuaikan dengan selera mareka


Ojek Daring


Buat sobat kosngosan yang lebih menyukai bekerja di lapangan, bisa memilih untuk bekerja sampingan sebagai driver ojek online di Gojek atau Grab, bisa memilih mode transportasi motor atau mobil

Apa kelebihan dari pekerjaan ini? Waktunya yang fleksibel dan tidak mengikat, bisa dilakukan setelah pulang kerja sebagai guru di sekolah. Kamu juga bisa jadi ojek online ketika akhir pekan atau jam sekolah sudah selesai


Arisan Sekolah


Para guru juga biasanya mengadakan arisan untuk mempererat silaturahim antar guru di sekolah. Nah ketika kamu mengikuti sistem arisan ini, maka kamu bisa memanfaatkannya dengan membuka bisnis tertentu. Artinya jangan dihabiskan untuk kepentingan yang tidak perlu. Harusnya uang dari hasil arisan dimanfaatkan untuk membuka bisnis sampingan, seperti jualan kuliner atau jasa dan sebagainya.


Jasa Pengetikan


Apakah sobat kosngosan tinggal di daerah kampus, tempat perkantoran atau sekolah? Nah sebagai guru, kamu juga bisa membuka jasa pengetikan ini.

Jasa ini menjadi jasa yang paling diminati, apalagi bagi orang orang yang malas untuk mengetik tugas karena berbagai alasan. Kamu perlu untuk mempersiapkan sebuah unit komputer dan printer. Apabila sudah mulai ramai, kamu bisa menambah unit komputer dan mempekerjakan beberapa orang karyawan tentunya

Penasaran peluang bisnis untuk guru lainnya? kamu bisa mencoba beberapa peluang usaha dibawah ini :


  • Bisnis Jahit Menjahit
  • Jualan Mainan Anak
  • Jasa Tempat Penitipan Anak
  • Usaha Jasa Sewa Mobil
  • Jasa Doorsmer kendaraan Bermotor


Baca juga : CATAT 15 Beda Sekolah vs Kuliah, Wajib Kamu Ketahui


Kata Penutup


Selain bisnis diatas, diperlukan juga kesiapan Lembaga pendidikan di Indonesia untuk menghadapi Dunia Bisnis dan Pendidikan di Indonesia dalam menghadapi era Globalisasi dan Pasar Bebas yang semakin dinamis, terutama Kompetensi dan Kapasitas yang mengharuskan kita menguasai Praktikal lapangan disesuaikan dengan Kurikulum yang diajarkan.

Pada akhirnya segala jenis bisnis dan usaha diatas hanya bisa dilakukan ketika diwaktu senggang atau ketika tidak sedang mengajar. Akan ada keterbatasan untuk bisnis sampingan, hingga kamu pada akhirnya harus memilih antara mengajar atau berbisnis.

Karena tidak ada bisnis yang besar kalau kita tidak fokus. Ketika nanti bisnis sampingan kamu menjadi besar, kamu harus siap siap memilih antara bisnis sendiri atau tetap menjadi seorang Gur. Profesi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tergantung dari kamu yang memilih.

Semoga artikel kosngosan ini cukup memberikan inspirasi kepada Kamu untuk memulai bisnis, karena menjadi karyawan meskipun nyaman tapi tetap lebih nyaman memiliki usaha sendiri. Demikian artikel mengenai prospek usaha sampingan untuk guru. Jadilah enterpreneur sukses!
By