7+ Tips Memilih Sekolah Dasar Idaman untuk Anak

7+ Tips Memilih Sekolah Dasar Idaman untuk Anak

Baca juga :

Semester Baru, Semangat Baru. Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan beberapa tips dan cara memilih, mencari dan mendapatkan sekolah terbaik bagi buah hati. Orangtua yang hendak melanjutkan jenjang pendidikan anaknya menuju sekolah dasar, maka simak tipsnya berikut ini ya.

Tentu telah menjadi cita-cita orangtua untuk memasukkan anaknya di sekolah terbaik dan memiliki reputasi mumpuni. Kini status sekolah seperti negeri atau swasta sama artinya tak ada lagi istilah sekolah standar nasional, standar internasional dan lain sebagainya. Lalu bagaimana kalian bisa mempertimbangkan sekolah itu baik atau kurang baik?
tips sekolah dasar

Nah itu butuh ketelitian dan kejelian kita dalam mencari berita yang benar dan jitu untuk seputar track record sekolah dan alumninya. Untuk itu sebelum orangtua targetkan untuk mendaftarkan anaknya di sekolah. Berikut beberapa kiat mencari sekolah yang terbaik untuk orangtua :

#1. Lihat Statistik PPDB Sebelumnya


Dengan memperhatikan statistik PPDB tahun lalu kalian akan memperoleh informasi yang relevan seputar Poin tertinggi dan terendah yang diterima di sekolah yang kalian targetkan pada tahun lalu sebagai ilustrasi pada tahun ini. Kalian juga bisa menyortir berdasarkan skor dari seluruh sekolah yang ada di daerah kalian.

Kalian bisa mencari tahu lewat informasi yang beredar dikalangan umum bagaimana prestasi dari sekolah yang kita targetkan. Apabila nilai rata-rata sekolahnya di bawah rata-rata, maka bisa dipastikan kualitasnya pun dipertanyakan. Karena bila hampir semua murid nilainya rendah, mungkin ada yang salah dengan metode pengajaran di sana.

#2. Lihat Kualitas Lulusannya


Orangtua bisa melihat seperti apa kualitas lulusan dari sekolah tersebut, apakah banyak yang diterima di SMP favorit atau bukan. Ini bisa menjadi indikator keberhasilah suatu sekolah dasar. Namun bukan berarti sekolah yang tidak banyak mengirimkan lulusan nya ke SMP favorit, adalah sekolah yang jelek. Hanya saja orangtua harus jeli melihat seberapa jauh sekolah tersebut memperhatikan masa depan lulusannya.

#3. Apakah Tenaga Pengajarnya Kompeten?


Perhatikan apakah sekolah tersebut memiliki guru yang memang memiliki ilmu dan kompetensi dibidang yang diajarkannya. Jangan sampai seorang guru bidang studi mengajar beberapa mata pelajaran. Walaupun kini sudah ada wali kelas yang merangkup semuanya, untuk guru mata pelajaran tertentu harus benar benar kompeten, agar anak anda bisa maksimal menyerap pelajaran.

#4. Pilih Swasta atau Negeri?


Hal ini menjadi perdebatan seru, ketika orangtua lebih menyukai anaknya disekolahkan ke SD Swasta, karena menilai lebih berkualitas. Namun jangan salah, di kota besar, sekolah negeri juga sudah sangat maju dan berkualitas.

Hanya saja bagi orangtua yang memiliki kemampuan finansial lebih baik, memang lebih menyukai sekolah swasta, karena kinerja gurunya bisa dikontrol dan tentunya menurut gambaran orang lebih berkompeten.

#5. Cek Laman Website Sekolah yang Kalian Targetkan


Dengan memperhatikan situs sekolah akan memberikan ilustrasi seputar keadaan sekolah, sarana dan prasarana serta prestasi sekolah hal yang demikian. Sekolah yang baik tentu akan mendokumentasikan profil dan prestasi institusinya kepada khalayak umum melalui website atau media sosial miliknya.

#6. Cari Sekolah di Sekitar Daerah Tempat Tinggal


Ini sangat penting, terlebih bila kamu adalah seorang perempuan. Karena biasanya orangtua tidak memperbolehkan kalian untuk sekolah jauh jauh. Artinya akan ada perlakuan sekolah yang mengkhusukan bagi mereka yang tinggal (alamatnya) satu area dengan domisili sekolah itu berada. Dengan demikian kesempatan kalian diterima lebih besar pada tahap ini.

#7. Cari Info Langsung ke Sekolah


Apabila diperlukan kalian bisa segera mendatangi sekolah yang kalian tuju untuk mencari berita tambahan yang tak terdapat di situs sekolah atau sekadar mencari cara supaya tak telat nantinya kalau kalian sekolah disana.

Pada akhirnya kita mesti bersyukur bisa mengenyam pendidikan di bangku sekolah. Jangan gara gara kita hanya diterima pada sekolah yang terpencil, kita lantas tidak bersemangat untuk mencari ilmu. Sesuaikan juga kemampuan finansial orangtua dalam membiayai sekolahmu.

Bila orangtua ingin anak mereka lebih berkualitas pendidikannya, memang tidak ada salahnya. Dengan begitu anak akan mendapatkan pengalaman pendidikan di sekolah sekaligus kegiatan ekstrakulikuler yang akan meningkatkan keterampilannya dalam menghadapi dunia kerja akan datang.

Baca juga : 5 Pelajaran Penting yang Tidak Diajarkan di Sekolah

Ada lebih banyak anak anak seperti yang tidak diberi kesempatan untuk bersekolah. Jadi ajarkan kepada anak untuk memanfaatkan waktu sekolahnya untuk mencapai cita cita yang dia idamkan. Buatlah bangga orangtua dengan prestasi  di sekolah.

Demikian postingan mengenai Tips Memilih Sekolah Terbaik bagi kalian yang sebentar lagi akan melaju ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. Semoga berguna untuk kalian yah. Jangan lupa share post ini ke linimasa media sosialmu.
Buka Komentar